quikstopme

Game Baru Batora Lost Haven

Studio Stormind Games yang berbasis di Italia muncul pada tahun 2016 bersamaan dengan pengumuman Remothered: Tormented Fathers , sebuah game horor bertahan hidup yang layak yang akhirnya masuk ke Switch. Setelah sekuelnya yang lebih kritis turun dua tahun kemudian, studio memutuskan untuk beralih ke genre lain dengan proyek baru, menampilkan IP asli yang lebih banyak dikendalikan oleh perusahaan. Proyek ini adalah Batora: Lost Haven , RPG aksi isometrik yang berlatarkan dunia asing. Batora diluncurkan akhir tahun lalu di platform lain dan mendapat ulasan lumayan; sekarang datang ke Switch, dan kami mengerti alasannya. Batora bukan game yang buruk , tapi juga bukan game yang bagus.

Batora dimulai di bumi pasca-apokaliptik dan menempatkan Anda dalam peran Avril, seorang remaja gagah yang menjelajahi reruntuhan London bersama sahabatnya, Mila. Tiba-tiba, Avril dibawa pergi ke planet asing Gryja oleh dua ikon dewa matahari dan bulan, yang memberinya kekuatan dan menamainya sebagai juara mereka. Avril kemudian ditugaskan untuk mengalahkan kekuatan yang menghancurkan Bumi (dan berbagai planet lainnya), menyerap banyak energi unsur dari beberapa inti planet, dan memulihkan keseimbangan alam semesta. Atau semacam itu.

Alur Cerita

Kisah Batora lumayan, tetapi kami tidak menganggapnya terlalu berkesan atau menarik. Itu adalah lambang narasi isekai yang hambar dan tidak banyak usaha untuk melakukan sesuatu yang menarik dengan premisnya. Hal ini diperparah dengan Avril sendiri menjadi karakter yang agak tidak disukai, karena tulisan yang buruk dan akting suara yang lemah. Sikapnya mengingatkan kami pada Frey dari Forspoken , selalu lancang dan tidak sopan dengan cara yang terasa seperti dia berusaha terlalu keras untuk terdengar ‘keren’, sementara penampilan suara kayunya langsung menghilangkan momen emosional dari bobot yang ingin mereka sampaikan.

Satu-satunya sumber penebusan di sini adalah poin cerita kunci sesekali di mana Anda dihadapkan pada pilihan antara opsi ‘baik’ atau ‘buruk’. Beberapa di antaranya lebih jelas, tetapi banyak keputusan memaksa Anda untuk memilih yang lebih rendah dari dua kejahatan, dengan hasil keputusan Anda memiliki konsekuensi permanen untuk cerita tersebut. Dalam satu contoh, kami terkejut ketika kami dikirim dalam misi untuk membebaskan karakter yang disandera. Masalah muncul ketika kami menyadari bahwa pilihan kami dapat memaksa kami untuk membuat desa kecil yang berisi makhluk sederhana kelaparan. Kami membiarkan makhluk itu hidup, tetapi itu berarti sandera mati dan karakter lain membenci kami karena membiarkan hal itu terjadi. Saat-saat seperti ini benar-benar hebat, dan kami berharap 90% narasi lainnya layak untuk dilalui dengan susah payah.

quikstopme

Putaran gameplay di Batora berbentuk hack ‘n’ slash isometrik dengan beberapa elemen eksplorasi ringan dan pemecahan teka-teki, mirip seperti Darksiders Genesis . Lingkungan agak linier dalam tata letaknya tetapi terkadang ada jalur samping yang dapat Anda ambil untuk menemukan cache mata uang dan material yang dapat Anda tukarkan untuk peningkatan. Saat Anda maju melalui cerita, Anda perlahan-lahan akan membuka kemampuan baru untuk memperluas opsi pertempuran Anda dan mendapatkan daftar pemutakhiran yang terus bertambah yang memungkinkan Anda mengubah bangunan Anda. Ini adalah sistem yang cukup solid tetapi juga terasa sangat biasa karena tidak membawa sesuatu yang baru ke meja. Memandu benda berbobot ke sakelar untuk membuka pintu adalah konsep yang berlebihan di Zeldapermainan sepuluh tahun yang lalu, dan teka-teki semacam itu di sini terasa lebih karena rasa kewajiban daripada membawa sesuatu yang berarti ke dalam pengalaman.

Namun, tidak semuanya kasar. Pertarungan adalah bagian terbaik dari Batora, menampilkan jumlah variasi yang tepat untuk membuat pertemuan musuh dasar tetap menarik. Avril memiliki dua bentuk yang dapat dia ambil—Bentuk matahari berfokus pada serangan jarak dekat dan bentuk Bulan didasarkan pada penggunaan serangan jarak jauh—dan Anda diharapkan untuk secara teratur beralih di antara keduanya saat Anda melawan musuh. Setiap musuh diberi kode warna untuk mencocokkan salah satu bentuk Avril, dan menyerang mereka saat dalam bentuk yang cocok berarti dia memberikan lebih banyak kerusakan pada mereka dan mengurangi kerusakan dirinya sendiri. Saat Anda meratapi monster dalam satu bentuk, Anda kemudian akan membangun meteran kombo yang dapat dipicu untuk bentuk lain , memberikan peningkatan sementara dalam kerusakan dan penyembuhan kecil.

Baca Juga:  Game MMORPG ‘Granado Espada M’ Segera Rilis Di Indonesia

Meskipun animasinya terkadang terasa agak kaku, kami mengapresiasi betapa dinamisnya pertarungan yang terasa. Menyeimbangkan cooldown skill pada setiap bentuk sambil beralih di antara mereka setiap beberapa detik terasa hebat setelah Anda memahami ritme dasar pertempuran. Musuh juga memberikan tekanan yang cukup untuk membuatnya merasa perlu menggunakan seluruh perlengkapan Avril alih-alih hanya menggiling satu atau dua serangan berulang-ulang. Perkelahian bos secara khusus menonjolkan kekuatan ini, menampilkan sarung tangan yang mudah namun menarik di berbagai fase yang akan membuat Anda tetap tenang.

Avril menjadi lebih kuat melalui sistem leveling langsung, tetapi segalanya menjadi sedikit lebih menarik saat Anda memasukkan Rune ke dalam campuran. Avril dapat melengkapi beberapa dari ini dan masing-masing biasanya meningkatkan beberapa statistik di salah satu formulir Anda sambil menimbulkan sedikit debuff pada statistik di formulir lainnya. Oleh karena itu, Anda harus selektif dengan statistik yang ingin Anda prioritaskan untuk setiap formulir, dan akan menyenangkan untuk bereksperimen dengan pemuatan yang berbeda. Menambahkan lebih banyak kerumitan adalah kenyataan bahwa sebagian besar Rune memiliki biaya yang terkait langsung dengan pilihan moralitas Anda. Saat Anda membuat keputusan cerita, Anda akan mendapatkan poin keterampilan yang berkaitan dengan sisi yang Anda pilih, dan hanya ada begitu banyak poin yang tersedia. Setiap keputusan cerita, kemudian, dapat memengaruhi jenis peralatan yang dapat Anda gunakan, yang memperkenalkan lapisan ekstra yang menyenangkan pada pilihan yang Anda buat.

Untuk penyajiannya, Batora menggunakan art style yang chunky dan agak kartun yang tidak jauh berbeda dengan gaya Blizzard sendiri. Ini bukan arahan seni yang luar biasa , tapi kami menghargai tujuan tim di sini dan berpikir bahwa itu melengkapi gameplay dengan baik. Satu-satunya masalah adalah bermain dalam mode portabel dapat menyebabkan visual menjadi terlalu kabur karena resolusi rendah, yang dapat membuat sulit untuk membaca apa yang terjadi dalam pertarungan ketika ada banyak hal yang terjadi. Kami tidak melihat adanya penurunan bingkai, tetapi kami tetap merekomendasikan memainkan yang ini dalam mode dok.

Sementara itu, soundtrack adalah poin tertinggi yang terkenal untuk Batora, menampilkan lagu-lagu yang disusun oleh Ron Fish, yang berkontribusi secara luas pada game Batman: Arkham dan God of War , dan jenis nada epik dan heroik dari soundtrack tersebut hadir di sini. Musik menanamkan aksi dengan tujuan yang luar biasa dan menambah bobot lebih banyak pada cutscene yang telah dirender sebelumnya. Musiknya tidak layak membeli permainan itu sendiri, tetapi Anda yang mengambil risiko mungkin akan senang dengan apa yang ditawarkan di sini.

Kesimpulan

Batora: Lost Haven adalah contoh sempurna dari pengalaman yang sangat biasa-biasa saja. Beberapa hal yang ia lakukan dengan baik—seperti pertarungannya yang energik dan sistem pilihan yang menarik—tidak ada yang belum pernah Anda lihat sebelumnya di tempat lain, sementara hal-hal yang ia lewatkan—seperti penceritaan dan desain teka-tekinya—benar-benar menghilangkan angin. dari layarnya. Batora memiliki sifat penebusannya, tetapi rasanya ini adalah salah satu yang tidak pernah berhasil menyatukan semuanya dengan cara yang terasa berharga. Ini adalah jenis permainan yang tidak kami sarankan untuk Anda beli atau lewati; jika menurut Anda ini sesuai keinginan Anda, maka mungkin itu layak dilakukan jika Anda bisa menjualnya, tetapi Anda tidak akan kehilangan banyak jika Anda memilih untuk lulus.