quikstopme

Pengalaman Bermain Days Gone

Sejak pertama kali diumumkan pada tahun 2015 lalu, Days Gone menjadi salah satu game yang paling dinantikan. Setting kiamat zombie di dunia terbuka yang terasa imersif membuat game ini menjanjikan. Sayangnya, SIE Bend Studio sebagai developer sepertinya memberikan harapan palsu. Pasalnya, game ini masih ditunda hingga resmi dirilis bulan ini. Mengambil kisah pecahnya bencana zombie, Days Gone akan memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk bertahan hidup di dunia yang mempesona. Dilengkapi dengan item aksi dan RPG serta sistem pengembangan karakter, game eksklusif PS 4 ini akan menawarkan berbagai peluang bermain game. Jadi, apakah penantian selama empat tahun akan membuahkan hasil? Atau dengan kata lain, menunggu sia-sia? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan eksklusif sehari sebelumnya di bawah ini!

Premis Cerita yang Menarik

Salah satu kekuatan terbesar dari hari sebelumnya adalah cerita dan kisah yang mengharukan. Di satu sisi, gamer mungkin menganggap cerita seperti ini terkesan klise. Namun, game ini bisa menimbulkan emosi yang nyata. Semuanya dimulai dengan karakter Deacon St. Yohanes sebagai aktor. Karakter yang akan Anda mainkan selama permainan ini memiliki kepribadian yang menarik dan pengembangan karakter yang sangat baik.

Di awal permainan, Deacon diperlihatkan tidak mempercayai siapa pun. Ini masuk akal mengingat dunia baru penuh dengan orang jahat yang tidak bisa dipercaya dengan mudah. Kegelisahan sang diaken atas ketakutannya akan kehilangan orang yang dicintainya perlahan berubah menjadi kemarahan. Gamer akan melihat kebebasan nyata yang dimiliki Deacon di dalam game.

Semua peristiwa yang akan dialami para pemain berputar di sekitar konflik sosial. Di dunia baru, Diakon harus mengatasi rasa kebebasan yang tampaknya menahannya. Dari sepeda motor kesayangannya yang dibawa pergi oleh orang lain, hingga temannya Boozer yang terluka akibat kultus perusak, the Rippers. Banyak aspek dan ide yang membuat ceritanya segar dan menciptakan definisi yang lebih baik daripada klasifikasi Days Gone sebagai “permainan zombie”.

Sajian Dunia Terbuka dan Petualangan yang Segar

quikstopme

Biasanya, game zombie memiliki klise yang berlatarkan kota yang hancur. Namun, hari yang lalu berubah secara tak terduga, yaitu pegunungan di Samudra Pasifik masih dipenuhi pepohonan. Berkat semua eksekusi grafisnya, game ini pasti akan memanjakan mata Anda.

Semuanya dijelaskan secara detail, mulai dari pepohonan rindang dengan dedaunan dan dahan yang terlihat jelas hingga lembah yang dalam dan bangunan yang terbengkalai. Dia berhasil membuat tempat gunung itu menentramkan dan menakutkan. Segalanya tampak sempurna dan menit-menit siang dan malam yang sempurna menciptakan suasana yang berbeda dari para Drifters dan Freakers pada umumnya di game ini. Ciri umum lain dari sistem dunia terbuka adalah penggunaan sepeda motor. Kamu akan diberikan sebuah sepeda motor yang akan membuka semua dunia terbuka dari game ini melalui mainan yang kamu kendarai. Fitur ini juga dibuat lebih logis di dunia terbuka Days Gone dan gameplay-nya lebih imersif.

Game ini memaksa Anda untuk mengisi jika Anda ingin mengendarai mobil yang sempurna. Hal ini justru mencegah Anda mengendarai sepeda motor sembarangan untuk jarak jauh. Ini juga memaksa Anda untuk berinteraksi dengan tempat baru saat mencari bahan bakar. Akurasi ini sangat baik mengingat game ini akan menuntut pemainnya untuk berinteraksi di banyak tempat.

Di akhir permainan, pemain akan membuka banyak area baru dan menjumpai area keren. Pegunungan, danau, atau sungai yang tertutup salju di luar pegunungan ini membentuk batas. Kehadiran taman dan banyak tempat berteduh bisa memberikan gambaran untuk memiliki tempat istirahat sejenak.

Aspek Survival yang Menantang

Dalam hal bertahan hidup, Days Gone tidak memperkenalkan banyak sistem baru. Sistem skill dalam game ini misalnya berkisar pada penggunaan item yang bisa pemain kreasikan menjadi alat baru seperti first aid kit atau bom molotov. Sayangnya, proses teknis hanya berfokus pada peralatan. Anda tidak dapat membuat senjata baru yang seharusnya menjadi hal utama. Kumpulan besi tua atau material hanya akan digunakan untuk memperbaiki sepeda motor yang rusak atau senjata jarak dekat.

Baca Juga:  Pengalaman Bermain Clash of Knights

Selain keterampilan, aspek bertahan hidup lainnya seperti aktivitas olahraga yang berbeda menjadi suguhan yang bagus dalam game ini. Untuk menambah ketenaran taman, perlu menghilangkan sarang Freaker yang juga merupakan cara untuk mencegah investasi di lingkungan. Jika Anda melakukan ini dengan benar, penyebaran Freaker dapat dihentikan hingga hanya tersisa sedikit di hutan. Zombie atau “Freakers” yang menjadi teman Anda dalam game ini dibuat dengan cermat. Meskipun terlihat mirip satu sama lain, mereka memiliki proses evolusi yang berbeda seperti makhluk hidup. Pada siang hari, mereka akan tinggal di sarang mereka yang terbuat dari dahan pohon. Ada juga indikasi bahwa mereka dapat memiliki anak. Di dalam game, banyak perubahan dan tipe Freaker baru akan ditambahkan ke tantangan game ini.

Berbagai jenis Freakers membuat pemain tidak mungkin menghadapi mereka. Misalnya, Newt adalah sejenis “bocah zombie”. Saat Newt sendirian, dia cenderung menghindarimu dan mengambil tempat tinggi. Meski terlihat tidak berbahaya, Newt akan sulit diserang secara langsung jika Anda berhati-hati mendekati wilayahnya.

Perbandingan seperti itu membuat game Days Gone sangat menarik dari segi gameplay. Senjata dan amunisi yang terbatas mengharuskan Anda untuk berhati-hati dengan manajemen situasi. Untuk itu disarankan stealth, yaitu sejenis silent game, untuk membunuh penghuni camp atau Freaker yang tinggal di bangunan tertentu.

Fitur-fitur Unggulan yang Kurang Menyentuh

Mengkompensasi lebih sedikit tembakan, Days Gone menawarkan sistem pertarungan jarak dekat yang terasa cukup baik. Nuansa ala hack and slash akan kamu rasakan saat menggunakan senjata melee. Dengan kontrol yang otomatis terkunci, senjata jarak dekat apa pun yang Anda ambil, seperti tongkat baseball atau papan kayu, akan memiliki efek serangan. Meski tidak besar, mereka bisa membantu pemain menyelamatkan tembakan atau mencegah pemain memukul bola. Menggulir dengan senjata jarak dekat menambah perasaan bermain jarak dekat. Di sisi lain, sistem menembak game ini tidak menawarkan logika. Lihat saja panah otomatis yang perlahan menembakkan anak panahnya. Selain itu, pukulan kecil yang mengenai karakter freaker tidak terlalu berpengaruh. Bekuan darah atau bekuan darah tidak memerlukan penjelasan yang tepat.

Banyak kelemahan lain dari game ini terfokus pada sistem rahasia yang tampaknya buruk. Freaker dan karakter manusia menjadi musuh dengan efek yang sama. Seolah-olah karakter yang berbeda direncanakan. Pemain harus menekan tombol berjongkok di area terdekat. Baik freakers maupun Rippers tidak akan menyadari kehadiran pemain tersebut. Informasi suara yang ditampilkan di UI sepertinya tidak berguna karena tidak berpengaruh. Semua gerakan memiliki keluaran suara yang sama dan hanya bergantung pada kecepatan pemain. Terakhir, kontrol motor di game ini sangat mengecewakan. Meski memiliki handling yang baik, realisme karakter dan pengendaraannya mengecewakan. Mulai dari tidak mudah jatuh, tidak terasa saat menabrak karakter musik, hingga berkembang dimana tidak terasa, fitur ini merupakan salah satu kegagalan Days Gone.

Sang desainer sangat piawai menggunakan nuansa dalam cerita Kataker Deacon yang tergabung dalam geng motor tersebut, sehingga ia akan memiliki hubungan emosional dengan kendaraan roda dua tersebut. Sayangnya, mereka tampaknya tidak berusaha untuk memperbaiki realitas tersebut, yang membuat game tersebut terkesan terburu-buru untuk menyelesaikan plot yang seharusnya berjalan lancar.

Sebagai salah satu game terunik, Days Gone meninggalkan kesan mendalam pada bangunan dunia dan cerita yang mereka bangun. Sayangnya, rencana yang berbeda ditampilkan sebagai rencana yang ambisius dan pengembang tidak dapat mewujudkannya dengan baik. Meski begitu, beberapa makhluk hidup masih bisa memberikan minat yang baik untuk game tersebut. Diharapkan Sony Interactive Entertainment dan Bend Studio bisa merilis seri lengkap jika pengerjaannya dilanjutkan nanti.

Apa pendapat Anda tentang hal itu sendiri? Apakah beberapa bagian hari ini berjalan seperti yang diharapkan? Ikuti ulasan olahraga lainnya hanya di Quikstopme