quikstopme

Pengalaman Bermain Ragnarok Tactics

Setelah RO:H5, judul Ragnarok akan kembali dengan nama Ragnarok Tactics. Game ini dirilis di Thailand pada 8 November 2019. Saat ini, kami hanya dapat memainkan game yang dikembangkan oleh Gravity Game Tech mulai 1 Januari 2020.

Dengan memadukan gameplay idle dengan strategi, Ragnarok Tactics menjadi salah satu game pembuka favorit tahun ini. Nah, apakah game Ragnarok Tactics ini berhasil membawa dunia Ragnarok dan menjadikannya sebuah game strategi yang seru? Ataukah Ragnarok digunakan sebagai background plot yang sederhana? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini!

Sistem Pertarungan Taktik yang Menantang

Sistem pertarungan dalam Ragnarok Tactics sangat menantang. Pasalnya, pemain perlu mengubah posisi karakter/binatang, mencari tahu arah pertempuran, dan menggunakan skill karakter/binatang selama pertempuran. Tanpa perencanaan dan persiapan yang matang, pemain akan kesulitan untuk melewati setiap level pertempuran.

Ragnarok Tactics berhasil menghadirkan gaya bertarung yang menyenangkan. Namun, ada sedikit yang bisa dilihat tentang kurangnya sistem pertarungan. Kekurangannya adalah skill karakter/monster yang bisa digunakan saat battle. Saat ini, setiap karakter/hewan hanya memiliki satu skill. Ya, hanya satu keterampilan. Jumlah keterampilan yang terbatas menghasilkan gaya bertarung yang lebih kohesif.

Mekanisme Progresi yang Sederhana

quikstopme

Dalam Ragnarok Tactics, pemain akan memiliki karakter/monster yang akan digunakan sebagai karakter di medan pertempuran. Karakter/monster ini dapat dikumpulkan dan dibuat untuk meningkatkan kekuatan mereka. Semakin kuat karakter/monster, maka akan semakin mudah bagi pemain untuk menyelesaikan setiap level permainan.

Karakter/monster memiliki tingkat peningkatan dan bintang. Untuk melakukan upgrade, pemain membutuhkan Zeny dan Monster spirit. Di sisi lain, pemain membutuhkan Talent seed untuk meng-upgrade karakter/monster unggulan mereka. Bibit Zeny, Monster, dan Talent bisa didapatkan dengan mudah melalui berbagai cara, seperti research award, menara Geffen, atau pelatihan kucing.

Selain level dan bintang, perhatian juga akan diberikan pada peralatan yang digunakan karakter/monster. Setiap alat memiliki tingkat kekuatan. Meningkatkan kekuatan peralatan sangat sederhana, pemain perlu menggabungkan tiga peralatan dengan level yang sama. Semakin tinggi kekuatan peralatan, semakin kuat pula karakter/binatang tersebut.

Beragam Fitur Permainan yang Menarik

Strategi adalah daya tarik utama dari Ragnarok Tactics. Dengan jumlah yang cukup, pemain akan memiliki pengalaman bermain yang berbeda. Walaupun memiliki strategi yang berbeda, pemain tetap menggunakan karakter/monsternya. Oleh karena itu, karakter/monster tetap berharga di dalam game. Di bagian challenge, pemain akan menemukan empat strategi unik yang bisa dimainkan, yaitu Geffen Tower, Cat Training, Dojo Challenge, dan Divine Beast. Keempat strategi ini menawarkan reward yang berbeda dan berguna untuk memperkuat kekuatan karakter/monster pemain. Padahal, ini sangat penting untuk perkembangan game ke depan.

Dari keempatnya, Dojo Challenge adalah yang paling menyenangkan. Tantangan Dojo menawarkan gameplay yang unik. Mekaniknya mirip dengan game Clash Royale. Pemain akan menelurkan karakter/monster dalam pertempuran untuk menghancurkan pemain lawan. Untuk membuat karakter/hewan, pemain membutuhkan energi yang diperoleh secara otomatis setiap detik. Pemain juga bisa bertarung melawan pemain (PvP). PvP dapat dimainkan dari pusat permainan. Di Arena, pemain harus mengalahkan pemain lawan untuk meningkatkan level Arena mereka. Setiap kali Anda mengalahkan pemain lawan, pemain juga akan menerima berbagai hadiah untuk membantu meningkatkan karakter/monster. Selain itu Arena juga menyediakan Arena Shop untuk menggunakan Koin Arena untuk membeli berbagai item penting.

Baca Juga:  Pengalaman Bermain Game Diablo Immortal

Tampilan Khas Semesta Ragnarok

Sebagai setting game, Ragnarok disajikan dengan baik. Jika kamu mengetahui judulnya dengan baik, kamu akan dapat mengenali area pertempuran, karakter/monster, atau sumber daya di Ragnarok Tactics. Segala sesuatu tentang Ragnarok tampaknya sangat cocok dengan game ini. Setiap pertempuran akan melewati zona pertempuran terkenal, seperti Prontera, Morroc atau Payon. Masing-masing kota ini menawarkan musuh yang semakin kuat seiring berjalannya permainan. Semakin banyak kota yang Anda jelajahi, semakin kuat musuh yang harus Anda kalahkan.

Kamu juga akan menemukan karakter/monster dari alam semesta Ragnarok yang disusun berdasarkan kekuatannya, mulai dari B, A, S, dan SS. Semakin tinggi levelnya, semakin sulit karakter/monster yang didapatkan. Monster MVP (Edga, Osiris atau Dark Lord) memiliki level kekuatan SS. Sedangkan monster (Kobold Hammer, Bon Gun, atau Mummy) memiliki kekuatan level B.

Gacha dan Unsur Pay-to-Win

Sebagai game mengumpulkan monster, Ragnarok Tactics menggunakan sistem gacha untuk mendapatkan karakter/monster. Sistem gacha ini bergantung pada keberuntungan masing-masing pemain karena menggunakan sistem angka acak (RNG). Jika beruntung, pemain akan mendapatkan versi karakter/monster SS. Jika tidak, pemain hanya akan mendapatkan karakter/monster tipe-S karena komitmen sistem gacha di dalam game. Untuk memainkan gacha, pemain harus memiliki Golden Poring (uang premium) atau call ticket. Setiap tiket panggilan, pemain bisa pergi ke Lab Penetasan. Pemain bisa mendapatkan tiket undangan dengan menyelesaikan berbagai acara dalam game. Golden Poring (GP) adalah mata uang gratis yang dapat dibeli dengan rupee. GP dapat diperoleh dengan menyelesaikan tugas harian (total 60 GP per hari) dan menyelesaikan mode permainan (300 GP per tahap). Untuk membuat gacha, pemain membutuhkan 2.500 GP untuk 10 sesi gacha.

Ya, bayar untuk menang. Namun tenang saja, GP gratis membuat game ini seimbang dan menyenangkan. Tentu saja, ini bisa dicapai jika Anda bekerja keras dan menggiling GP gratis. Seperti namanya, Ragnarok Tactics menawarkan gaya permainan yang membutuhkan pemahaman dan kecerdasan untuk memainkannya. Menggabungkan genre RPG dan horor, Ragnarok Tactics menjadi game yang menjanjikan saat ini. Lengkap dengan semua kecanggihan Ragnarok, pemain akan mendapatkan pengalaman bermain game yang seru.

Kamu sudah merasakan keseruan Ragnarok Tactics dan nantikan ulasan game keren lainnya hanya di Quikstopme!