quikstopme

Ulasan Game R-Type Command

Saya sedikit kecewa (walaupun tidak sepenuhnya terkejut) dengan jeda rilis PSP yang bagus akhir-akhir ini. Setelah Chains of Olympus dan Crisis Core keluar (bersama dengan naksir khusus Tim PlayStation, Patapon), sistem portabel Sony belum melihat terlalu banyak judul berkualitas – jika ada – dan pemilik PSP mungkin sangat ingin membeli sesuatu. Nah, minggu ini menghadirkan R-Type Command , game strategi futuristik dari Irem, ke rak toko. Meskipun R-Type Command memiliki masalah yang adil dan hanya akan menarik bagi audiens tertentu, saya yakin untuk mengatakan bahwa ini adalah tambahan yang disambut baik untuk keseluruhan perpustakaan PSP – jika Anda dapat melihat kekurangannya. Terutama selama waktu yang lambat untuk sistem, ini adalah judul yang menggoda untuk diambil.

Seri R-Type secara tradisional mewujudkan gameplay penembak yang menantang namun sangat memuaskan. Sebagian besar waralaba meminta Anda mengontrol satu pejuang R (dengan ikon “Force” terpasang) dalam pengaturan gulir samping dengan alien dan laser memenuhi layar dalam sekumpulan ledakan dan Berlanjut yang sangat dibutuhkan. R-Type Command, bagaimanapun, benar-benar mengubah arah waralaba dan membawanya ke dunia strategi berbasis giliran yang bergerak lambat. Anda memainkan permainan melalui mata Komandan Korps Luar Angkasa Bumi dan Anda akan mengendalikan armada kapal saat Anda mencoba menghentikan serangan Bydo yang mendekat agar tidak mencapai rumah Anda. Anda telah diperintahkan untuk menyerang jantung Bydo dan misi ini akan menghabiskan sebagian besar waktu bermain Anda.

Meskipun R-Type Command memiliki beberapa galeri gambar dan film, bersama dengan beberapa arsip informasi, sebagian besar waktu Anda dengan permainan akan dihabiskan untuk bekerja melalui kampanye pemain tunggal atau menghadapi teman dalam multipemain ad hoc (yang saya akan diskusikan nanti). Kampanye pemain tunggal memberi Anda sekitar tiga puluh misi untuk dilakukan – dengan kejutan besar di akhir – dan masing-masing membutuhkan banyak waktu. Sebagian besar misi memiliki satu tujuan untuk menang: menghancurkan kapal lawan atau mencapai titik tertentu di peta. Setiap operasi dapat diakses dari menu utama Anda dan diputar ulang sesuai kebutuhan.

Sistem pertarungan R-Type Command bisa sedikit berlebihan pada awalnya dan saya merasa aneh karena tidak ada tutorial yang tersedia, tetapi Anda akan mengambil alur permainan setelah beberapa tahap. Sebagian besar pertempuran terjadi pada kisi 2D berbasis hex di mana pasukan Anda mulai di sisi kiri peta dan armada lawan dimulai di sebelah kanan. Selama giliran Anda, atau “fase”, Anda dapat memindahkan setiap kapal/unit Anda satu kali, sesuai dengan jangkauan pergerakannya, dan mereka juga dapat melakukan satu tindakan seperti menyerang, mengumpulkan sumber daya, memperbaiki unit lain, dll.

Bagi saya, R-Type Command terasa seperti permainan papan. Anda menggerakkan bidak Anda perlahan dan mantap menuju tujuan dan setiap tindakan harus dihitung dan tepat. Masalah sebenarnya yang dihadapi calon pembeli adalah apakah Anda menikmati gameplay yang bergerak lambat atau tidak. R-Type Command adalah game yang lambat dan sangat memakan waktu. Anda harus memindahkan setiap unit satu per satu dan semuanya — termasuk gerakan, serangan, dan kemampuan khusus — diatur oleh kutukan dewan. Saya kebetulan menikmati gaya permainan ini tetapi tidak untuk semua orang. Pecandu adrenalin berhati-hatilah.

DUA SKUADRON BERHADAPAN

quikstopme

Salah satu kekuatan Komando yang menonjol adalah keragaman unit. Saat bermain sebagai pasukan Korps Luar Angkasa, misalnya, setiap unit tidak hanya terlihat cukup unik tetapi juga menangani secara berbeda dan paling cocok untuk situasi tertentu. Misalnya, ada berbagai pejuang R yang berbeda untuk digunakan, masing-masing dengan serangannya sendiri dan ledakan gelombang berbasis waktu. Selanjutnya, masing-masing petarung ini memiliki Kekuatan yang sesuai untuk digunakan selama pertempuran. Ngomong-ngomong, Force adalah unit pendukung berbentuk bola yang menempel di bagian depan atau belakang petarung Tipe-R dan melengkapi kekuatannya. Jadi dalam pertempuran, Anda dapat bergabung dengan Force ke suatu unit dan mengirimkannya ke arah musuh, memanfaatkan serangan yang ditingkatkan. Tetapi jika Anda ingin lebih licik, Anda dapat memindahkan unit ke atas, melepaskan Force, lalu mengontrol Force secara mandiri dan menempuh jarak yang lebih jauh. Pilihannya pasti berlimpah.

Mekanika kompleks ini melampaui penggunaan Force belaka. Beberapa kapal dapat membawa unit lain di teluk dok, dan hal itu akan memperbaiki kesehatan unit serta mengisi bahan bakar dan persediaan amunisinya. Dengan demikian, membawa kapal induk ke dalam panasnya pertempuran memiliki kelebihan karena Anda bisa mendapatkan penyetelan instan. Anda diberi opsi yang lebih menarik ketika Anda mempertimbangkan kapal yang dapat memasuki ruang desinkronisasi. Jika sebuah unit dapat “menyinkronkan”, ia dapat menghilang dari pandangan dan bergerak lebih bebas di sekitar papan dengan biaya pengeluaran bahan bakar yang meningkat. Seperti yang Anda lihat, menyelesaikan misi bukan hanya tentang jenis senjata yang Anda miliki.

Baca Juga:  Pengalaman Bermain World of Dragon Nest

Irem melakukan pekerjaan yang cukup mengesankan dengan menjaga lingkungan bervariasi dan merancang bahaya khusus tahap untuk diperhitungkan. Sementara ruang permainan yang sebenarnya adalah papan 2D dengan sprite unit 2D, latar belakangnya ditampilkan dalam 3D dengan sentuhan detail yang bagus seperti aliran cahaya halus, gua gelap, atau genangan magma. Meskipun tidak ada yang terlalu menakjubkan dalam hal visual gim ini, saya sangat menyukai sprite pesawat ruang angkasa – jika hanya untuk nostalgia yang mereka munculkan.

R-Type Command juga memiliki dukungan multipemain yang bagus, meskipun hanya tersedia melalui koneksi ad hoc. Anda dan seorang teman dapat membawa armada Anda masing-masing ke tahap yang tidak terkunci dan berperang. Hal hebat tentang mode multipemain Command adalah betapa miripnya memainkan kampanye pemain tunggal. Pengalamannya belum dipermudah dan Anda akan dapat bereksperimen dengan berbagai strategi untuk menciptakan beberapa pertarungan yang menarik. Perlakuan sesungguhnya datang dari kemampuan Anda untuk mempertaruhkan sumber daya pada sebuah pertandingan. Sebelum putaran dimulai, Anda dan teman Anda dapat bertaruh siapa yang akan menjadi pemenang, yang sebenarnya menambah insentif yang luar biasa untuk pertempuran. Dalam Komando Tipe-R, sumber daya penambangan rumit dan karenanya sumber daya pada umumnya sulit didapat. Mampu memenangkan mereka dari seorang teman adalah pilihan yang fantastis.

Sebelum kita mulai membahas masalah Tipe-R, saya ingin mencatat bahwa saya sangat menikmati monolog karakter utama. Sesederhana itu, membaca monolog “Anda sendiri” (Anda adalah Komandan, ingat?) bisa sangat menarik dan memberikan wawasan yang serius tentang alam semesta Tipe-R.

Tapi seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini, R-Type Command tidaklah sempurna. Sebagian besar CG yang akan Anda lihat dalam game (termasuk seni dan cutscene langka) terlihat cukup murah dan menunjukkan preferensi Irem untuk bekerja dengan sprite 2D. Secara default, setiap kali sebuah unit berinteraksi dengan yang lain, sebuah sinematik pertempuran dimainkan yang menggambarkan model 3D dari kapal-kapal yang saling bertarung di luar angkasa — mirip dengan pengaturan Advance Wars. Awalnya, satu-satunya pilihan Anda adalah mengaktifkan atau menonaktifkan sinematik ini, tetapi rilis Amerika Utara menambahkan kemampuan untuk mengacaknya, yang merupakan fitur yang sangat bagus. Pada akhirnya, sinematik membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat dan menurut saya animasi 2D sprite yang sangat sederhana dan cepat adalah yang ideal.

Saya juga khawatir misi di R-Type Command tidak kondusif untuk banyak permainan. Meskipun Anda memiliki sedikit kebebasan dalam cara Anda mendekati pertempuran, misinya selalu sama, dan tidak ada banyak alasan untuk mengunjunginya kembali.

MEREKA PUNYA PEDANG LASER!

Dan itu membawa saya pada apa yang bisa menjadi kelemahan terbesar dalam desain Tipe-R: kurangnya sistem leveling tradisional. Meskipun pilot Anda tumbuh dalam keterampilan dan menjadi “lebih mahir” dalam pertempuran, saya tidak pernah melihat banyak perbedaan saat unit matang. Setelah Anda meneliti kapal tertentu, Anda selalu memiliki kapal yang sama dan kekuatan atau kecepatannya tidak akan berubah semakin sering Anda menggunakannya. Saya akan sangat menikmati “menaikkan level” unit saya karena saya akan memiliki lebih banyak alasan untuk kembali ke level yang lebih tua.

Terakhir, R-Type Command bisa berulang-ulang. Ada beberapa bagian dari kampanye pemain tunggal yang terasa sama sekali tidak diperlukan dan monoton pertempuran tertentu dapat menjadi melelahkan setelah beberapa saat.

Kesimpulan

Selain masalah, saya masih menikmati waktu saya dengan R-Type Command, terutama dalam merasakan gaya dan keragaman tipe unit. Jika Anda dapat mengatasi beberapa kekurangan teknis dan beberapa gangguan gameplay, R-Type Command adalah game strategi bagus yang, jika diperlakukan hampir seperti game papan, pasti akan menghibur. Penggemar R-Type mungkin menginginkan penembak lain, tetapi menurut saya ini adalah tambahan yang solid (walaupun alternatif) untuk waralaba.