quikstopme

Ulasan Game Rise of Nations

Ulasan strategi berbasis giliran (TBS) saya sudah ada sejak akhir 1980-an. Sebaliknya, saya ingat dengan jelas memberikan rekomendasi cemerlang dalam Game PC edisi 1992 ke Westwood Studios ‘ Dune 2 , game real-time strategy (RTS) rilis besar pertama. Saya tidak melakukan perjalanan kecil ini ke Recollection Road untuk menyatakan otoritas atau pengetahuan khusus apa pun tentang genre game ini; siapa yang bisa? Mungkin Sid Meier, Chris Crawford, atau segelintir pengembang lainnya yang benar-benar membangun industri game komputer. Sebaliknya, saya mengangkat fokus ganda ini karena saya ingin menarik perhatian Anda pada sebuah dilema. Anda lihat, saya sangat berkonflik. Kebangkitan Bangsaadalah semacam rumah singgah dalam banyak hal antara genre RTS dan TBS: sementara semua pemain (apakah AI atau yang dikendalikan manusia) bergerak pada saat yang sama, kemampuan untuk menjeda dan mengeluarkan perintah sebelum memulai kembali waktu/tindakan secara efektif menciptakan pergantian dua fase diskrit. Setidaknya, begitulah sebagian dari diri saya melihatnya, karena dua suara batin yang mewakili antusiasme saya terhadap game RTS dan TBS selama bertahun-tahun sekarang dengan penuh semangat memperdebatkan semua hal yang berkaitan dengan Rise of Nations di dalam kepala saya. Game komputer kadang-kadang dianggap sebagai penyebab segala sesuatu mulai dari kleptomania hingga massa hitam, tetapi saya tidak pernah menyangka bahwa saya akan menjadi orang tua pembuat poster PC untuk Gangguan Kepribadian Ganda.

Jadi dengan izin Anda (yang dapat Anda kirim melalui email ke IGN, bersama dengan permintaan kepada Steve Butts agar dia mengasihani saya dan melipatgandakan gaji saya) kami akan memperlakukan ulasan ini sebagai dialog antara dua suara di tengkorak Cro-Magnon saya , masing-masing memberikan perspektifnya sendiri. Dan karena “Barry” dan “Brenesal” tidak menyatakan perspektif tersebut dengan jelas, sebut saja mereka “TBS” dan “RTS”. Ingatlah bahwa mereka berdua adalah saya, terbatas pada komentar di Rise of Nations , dan semuanya akan baik-baik saja. Tentu saja, jika suara lain yang menamakan dirinya “MadCow” menyela dan mulai terisak-isak tentang pecahan kaca, larilah sekuat tenaga.

Memulai

RTS: Mari pertimbangkan opsinya. Berbagai kondisi bermain dan menang adalah aspek dari Rise of Nationsyang benar-benar melakukannya untuk saya. Tentu, ada variasi opsi serupa yang bahkan lebih besar yang disediakan dalam game seperti Patrician 2 dan Europa 1400 , tetapi ini bukan judul RTS tradisional. Dapat dikatakan bahwa Anda benar-benar tidak bermain melawan orang lain di dalamnya, kecuali diri Anda sendiri. Dengan Kebangkitan Bangsa, Anda dapat bermain untuk sejumlah kondisi kemenangan yang berbeda, seperti Orang Barbar di Gerbang: semua negara lain hanya menyerang Anda; sumber daya ganda dan satu usia awal teknologi untuk diri Anda sendiri; tidak boleh terburu-buru selama lima belas menit pertama; dan peta besar Himalaya dan batas waktu bermain dua jam. Atau Anda dapat mencoba tim prasetel dari negara-negara sekutu, di mana teknologi maju sangat mahal dan membutuhkan waktu lama untuk meneliti; negara dibatasi dengan populasi lima puluh orang di peta yang dipenuhi pulau-pulau besar; dan pemain tersingkir dari permainan saat salah satu kota mereka direbut. Kemenangan dapat didasarkan pada banyak parameter, termasuk kemenangan militer, mengendalikan persentase tertentu dari wilayah yang tersedia, jumlah Keajaiban (empat belas kemungkinan) yang telah dibangun pihak tertentu,

TBS: Beberapa syarat kemenangan? Asap dan cermin. Yang benar-benar mendorong permainan strategi yang bagus bukanlah pilihan di antara beberapa kondisi kemenangan (walaupun pasti menarik), tetapi gameplay yang terlibat dalam kondisi kemenangan yang berbeda. Itulah salah satu alasan saya sangat menyukai Alpha Centauri (yang merupakan permainan Reynolds sebanyak permainan Meier) dan Master of Orion III : keduanya menjadi permainan yang sama sekali berbeda jika Anda mencoba untuk, katakanlah, kemenangan evolusioner/penelitian di pertama, atau Senat menang di kedua, alih-alih meraih kemenangan militer di keduanya. Kegembiraan seperti apa yang dapat Anda nantikan jika Anda mengejar kemenangan ekonomi atau populasi di Rise of Nations? Menjalankan pohon penelitian Anda, seperti biasa, dan menanam kota atau membangun pasar, seperti biasa — masing-masing lebih banyak. Fokusnya berbeda dari kemenangan militer, tetapi tidak ada gameplay tambahan yang menantang saya. Rise of Nations adalah game yang persis sama dengan fitur yang sama.

RT:Saya suka delapan belas “balapan” yang tersedia untuk dimainkan oleh pihak mana pun. (Dan perhatikan bahwa Anda dapat memilih jumlah dan ras lawan Anda, dari satu hingga tujuh, termasuk penunjukan musuh tertentu, musuh acak, atau satu-satunya kualitas yang Anda ketahui adalah bahwa ia memiliki keunggulan khusus untuk ofensif, defensif, atau gameplay ekonomi Hotcha.) Sebutan nasional dunia nyata tidak berarti apa-apa, dan hanya memiliki hubungan paling umum dengan manfaat unik yang diterima setiap ras. Namun kelebihan dari setiap balapan dipilih dengan sangat baik untuk keseimbangan permainan, variasi, dan kekhasan. Mereka melibatkan segalanya mulai dari unit dan bangunan gratis atau lebih murah hingga penelitian gratis, perbaikan lebih cepat, unit penyembuhan otomatis (Prancis), peta terungkap (Spanyol), dan tingkat gesekan musuh yang meningkat secara dramatis di tanah Anda (Rusia).

Saya juga menyukai kampanye non-linier, di mana semua balapan ini ambil bagian di peta raksasa. Anda memilih ras Anda, lalu menghabiskan setiap giliran untuk memindahkan pasukan ke wilayah Anda yang lain, atau menyeberang ke wilayah orang lain. Tak perlu dikatakan, ketika Anda memasuki mereka, mereka membencinya, dan itu mengakibatkan konflik bersenjata. Anda kemudian masuk ke Rise of Nations standarwaktu nyata, layar isometrik, untuk sedikit peperangan pribadi satu lawan satu. Setiap kemenangan yang memberi Anda wilayah juga membawa beberapa kombinasi sumber daya langka, pusat pasokan (yang memengaruhi jumlah pasukan yang dapat Anda tempatkan di suatu wilayah), upeti, dan kartu bonus. Kartu bonus ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menurunkan nilai benteng di sebuah tanah sebelum menyerangnya; sementara upeti memungkinkan Anda membeli lebih banyak kartu bonus, meningkatkan benteng teritorial, atau membuat kesepakatan diplomatik. Kredit di mana kredit jatuh tempo: desain diambil alih dari Warlords: Battlecry , hingga kemampuan untuk menyerang negara mana pun yang Anda inginkan, dan memperoleh manfaat berbeda dari masing-masing negara. Tapi menurut saya Rise of Nations telah menciptakan varian yang menarik dan atraktif.

TBS:Ya, ada banyak ras yang tersedia, tetapi tidak ada yang memiliki kepribadian seperti itu. Saya sangat merindukan kecanggihan desain yang ditempatkan di faksi Alpha Centauri dan Alien Crossfire , cara mereka menilai aspek unik pemerintahan dan budaya secara berbeda, dan memperlakukan Anda, pada gilirannya, berbeda sesuai dengan cara Anda mendekati atau menyimpang dari cita-cita tertentu. Secara umum, delapan belas ras juga terlihat sama, karena mereka hanya menggunakan tiga set grafis yang berbeda untuk bangunan sepanjang zaman. Musiknya sama tidak peduli siapa yang Anda mainkan, jadi perbedaan ras terasa abstrak, bukan bagian dari pengalaman yang imersif.

Adapun kampanye, Warlords: Battlecrysetidaknya menyediakan sejumlah unit yang dirancang khusus untuk lebih dari setengah lusin spesies fantasi, dan pahlawan dengan profesi unik serta berbagai kemampuan dan mantra. Rise of Nations tidak memiliki semua itu untuk ditawarkan. Gameplay bisa dan memang menjadi repetitif, setelah Anda melalui serangkaian pertempuran yang mengadu kekuatan Anda dengan orang lain yang sangat mirip dengan mereka: Rise of Nations dibangun di atas ide pinjaman, diperlakukan dengan gaya abu-abu. Anda juga akan melihat bahwa seluruh bagian peta dunia, dengan strategi hati-hati tentang apa yang harus dipindahkan, dimainkan, atau diserang selanjutnya, terjadi secara bergiliran. Ini hanyalah salah satu elemen yang mengaburkan perbedaan dalam Rise of Nationsantara RTS dan TBS. Dalam semua mode kecuali multipemain (melalui perjodohan GameSpy, LAN, atau permainan Internet langsung), Anda dapat memainkan produk seperti TBS, dengan putaran diam-diam untuk instruksi dan tindakan yang mendalam. Faktanya, di peta besar dengan banyak pemain, ini hampir merupakan persyaratan, mengingat banyaknya tugas yang Anda pantau dan memaksa Anda mengontrol.

Kemudahan Penggunaan

RTS: Mari kita kembali sebentar ke sesuatu yang Anda singgung, beberapa saat yang lalu: mode multipemain. Saya pribadi menyukainya. Sangat menyenangkan untuk dimainkan, mudah untuk dikomunikasikan, dan perintah intinya mudah dipelajari, terutama dengan bantuan enam tutorial dalam game. Antarmuka secara keseluruhan menyenangkan, dan dengan hingga delapan pemain, mendukung obrolan cepat dan transfer sumber daya yang mudah.

TBS:Mengesampingkan masalah multipemain (yang tetap menjadi festival klik yang hampir tidak masuk akal, tidak peduli bagaimana Anda menyamarkannya), saya setuju bahwa Rise of Nations memiliki antarmuka yang sangat bagus dan banyak bantuan dalam game. Saya tidak pernah menyukai game rumit yang mencoba membuat Anda yakin bahwa semua kontrol di layar dapat diabaikan. Kekayaan informasi Rise of Nationsmenyediakan didukung oleh banyak layar pop-up yang berguna. Gulirkan mouse ke Pasar, misalnya, dan Anda dengan ringkas diberi tahu fungsi apa yang dimiliki bangunan tersebut, perintah hotkey yang mengembalikan ke Pasar, dan penelitian yang akan memperbaikinya. Antarmuka menampilkan jumlah sumber daya yang telah Anda kumpulkan, dan seberapa cepat mereka dikumpulkan; jumlah kota dan warga Anda; dan berapa banyak warga yang dialokasikan untuk setiap tugas yang tersedia. Semua ini pas di layar utama tetapi tidak pernah mengaburkannya, sebagian berkat tingkat resolusi terendah 1078 x 768. Sebagian besar detail informasi di Rise of Nations dapat disembunyikan karena pilihan, tetapi ketersediaannya benar-benar mengurangi kurva pembelajaran curam yang bisa diharapkan dari game dengan begitu banyak aktivitas dan sumber daya yang terhubung.

RTS: Saya juga menyukai otomatisasi yang diterapkan pada unit non-militer. Jika Anda tidak mengirim warga untuk membangun sesuatu, misalnya, itu akan (secara default, yang dapat diubah di bawah opsi) bergerak menuju aktivitas pengumpulan sumber daya terdekat yang tersedia, dan membantu. Jika Anda memiliki karavan berdiri dan memulai kota baru, karavan itu akan memulai rute antara kota saat ini dan tambahan terbaru, secara otomatis menambah cadangan uang Anda.

Gim ini juga menggunakan pendekatan akal sehat untuk mengelompokkan unit. Jika Anda mengklik-dan-menyeret kotak di sekitar milisi Anda dan secara tidak sengaja memasukkan beberapa warga sipil, Rise of Nations akan mengabaikan yang terakhir. Saat pasukan darat Anda mencoba menyeberangi perairan, mereka secara otomatis mengerahkan kapal…

TBS:…mungkin mainan mandi tiup, terus diikat ke tubuh mereka setiap saat…

RTS: …untuk tujuan itu. Hal-hal kecil seperti itulah yang membuat gameplay jauh lebih lancar, dan sebaliknya membuatnya jauh lebih sulit untuk kembali ke produk RTS lain yang tidak memiliki fitur ini.

TBS: Tetapi hal-hal bisa menjadi sangat berat dalam pertempuran besar, Anda harus setuju, ketika Anda ingin mengirim unit jauh dari depan untuk menyembuhkan. Mereka hanya dapat melakukan ini di gedung-gedung (kecuali jika Anda orang Prancis, atau memiliki Keajaiban Menara Eiffel), dan tidak ada mekanisme di mana unit akan pulih dengan sendirinya, seperti dalam Penghancuran Total ., ketika tingkat kerusakan tertentu telah dilakukan. Anda harus memilih setiap unit satu per satu. Anda juga tidak diberi tahu saat unit itu akhirnya sembuh. Anda harus mengeluarkan unit dari gedung untuk memeriksa kondisinya. Itu benar-benar canggung.

Baca Juga:  Ulasan Game The Binding of Isaac: Rebirth

Itu mengingatkan saya: beberapa waktu lalu, Anda mengemukakan enam tutorial dalam game. Tentu, mereka dirancang dengan baik, tetapi seperti banyak tutorial di game RTS, mereka tidak pernah menggali di bawah dasar-dasar pergerakan, bangunan, dan penelitian. Mereka pada dasarnya halus.

Saya juga merindukan ensiklopedia dalam game. Itu adalah hal yang dilakukan dengan sangat baik oleh Alpha Centauri dan Master of Orion II . Atau lihat buku besar di Tropico II, dengan deskripsi mendetail dari setiap jenis bangunan, jumlah bangunan dalam jenis tertentu yang dimiliki kerajaan Anda, dll.

RTS: Tidak dapat mengatakan saya tidak setuju dengan semua itu, kecuali komentar tutorial (karena poin yang lebih baik hanya dapat dibiarkan untuk belajar melalui bermain). Tapi saya perhatikan bahwa BHG mungkin tidak menyertakan ensiklopedia atau buku besar dalam game karena mereka tidak ingin menjauhkan Anda dari aksi di layar utama. Pengembang RTS biasanya menginvestasikan banyak waktu desain untuk mempertahankan elemen momentum, dan pemain merusaknya setiap kali mereka pergi untuk memeriksa sistem bantuan dalam game.

TBS: Jadi solusinya adalah mengirim mereka keluar layar untuk membuka manual dalam mode jeda, bukan?

RTS: Anjing Saracen.

TBS: babi Spartan.

Grafik

TBS: Terakhir, game strategi penaklukan yang bagus dengan gambar yang cukup dari setiap unit untuk membuat animasi menjadi bagus. Sentuhan yang bagus pada air dan burung yang berputar-putar juga: tidak cukup Dungeon Siege , tapi saya curiga Big Huge Games mendapatkan idenya dari sana. Ini adalah permainan yang tampak berkelas.

RT: Baik? Anda akan mengatakan bahwa: Pengembang dan pemain TBS berpikir bahwa yang Anda butuhkan hanyalah AI, dan menyeringai pada ide visual yang benar-benar menarik. Bagaimana dengan Proyek Bumi 2150 dan Bulan Topware? Game RTS tersebut setidaknya memberi Anda cuaca yang menarik dan beragam serta medan 3D yang sebenarnya, keduanya memiliki efek pada pergerakan unit, visibilitas, dan pertempuran. Sial, Anda bahkan memiliki unit yang dapat menggali di bawah tanah, sehingga bidang aktivitas sebenarnya terjadi di tiga area: langit, di permukaan planet, dan di bawah tanah. Tak satu pun dari itu di Rise of Nations , jika Anda mengabaikan kehadiran pembom dan pejuang yang pergerakan sebenarnya saat dalam penerbangan hampir tidak Anda kendalikan. Unit tidak dapat menggunakan pegunungan untuk bonus visual dan serangan, atau hutan untuk bonus pertahanan. Rise of Nations hanyalah Age of Empires lainnya , dari sudut pandang grafis murni.

Saya juga kecewa dengan kontrol zoom. Tentu, ada tiga level, tetapi karena perbedaannya tidak terlalu banyak, saya harus bertanya-tanya mengapa BHG tidak memasukkan level keempat atau bahkan kelima, menarik lebih jauh. Lompatan dari zoom terjauh ke ikhtisar peta mini adalah perubahan yang terlalu besar, menurut saya.

TBS: Saya pikir Anda terlalu keras dalam Rise of Nations , dalam hal ini. Meskipun grafik dapat digunakan untuk meningkatkan suasana permainan, namun bukan itu yang membuat permainan strategi menjadi bagus.

RTS: Tidak, tetapi grafis 3D yang benar-benar efektif menambah dimensi baru (permainan kata-kata) ke gameplay strategis.

TBS: Puns adalah bentuk humor terendah.

RTS: Hanya jika Anda sendiri belum pernah memikirkannya.

TBS: Tapi dalam kasus ini, saya melakukannya… bukan?

Gameplay

RTS: Kami kembali dari iklan, dengan kedua bagian jiwa Barry Brenesal bertarung habis-habisan dalam berbagai aspek Rise of Nations. Saya RTS…

TBS: …dan saya TBS. Kami sekarang telah bergerak melampaui masalah startup dan kemudahan penggunaan, ke dalam gameplay yang sebenarnya.

RTS: Benar, dan sesuatu yang Anda katakan sebelumnya mengejutkan saya; itu tidak ada yang baru di Rise of Nations , hanya banyak ide pinjaman.

TBS:Baiklah. Dan kebanyakan berasal dari game TBS. Misalnya, sejumlah bangunan menawarkan penelitian bernama seperti Herbal Lore dan Pharmaceuticals. Ini pada gilirannya memberi orang Anda kemampuan baru atau meningkatkan yang sudah ada. Semua ini sangat mirip dengan seri Alpha Centauri atau Peradaban , seperti banyak Keajaiban yang dapat Anda bangun, atau reruntuhan kuno yang secara misterius memberikan peningkatan sumber daya satu kali.

RTS: Jadi itu tidak asli. Apakah orisinalitas itu penting? Bagaimana Anda menggunakan apa yang Anda miliki itulah yang membuat perbedaan.

TBS: Dan itu membawa saya ke poin saya berikutnya, terima kasih. Kebangkitan Bangsamungkin menggunakan berbagai fitur yang ditemukan di game TBS, tetapi fitur ini tidak diterapkan dengan kepribadian nyata apa pun. Pertimbangkan setiap penelitian yang Anda sebutkan: itu berpengaruh, baik pada pengumpulan sumber daya, kompetensi unit, dll. Tetapi penelitian itu sendiri tidak lebih dari sekadar label yang berguna. Manfaat strategis dibuat jelas, tetapi tidak pentingnya penelitian itu sendiri dalam kaitannya dengan kemajuan peradaban. Jadi seorang pemain mempelajari Ilmu Herbal, tetapi tidak pernah mempelajari apa arti kemajuan itu, dampak akhirnya pada kodifikasi dan komposisi tanaman, dll. Dalam analisis terakhir, Ilmu Herbal hanyalah langkah kering dan tidak mencolok di tangga menuju kemenangan, berbeda dari , katakanlah, teknologi Perpajakan hanya dalam hal manfaat permainannya, bukan arti sebenarnya.

Perkembangan lain dalam game TBS tampaknya telah diserap ke dalam Rise of Nations dengan cara yang belum sempurna. Diplomasi adalah contoh yang baik. Anda dapat membuat aliansi, tetapi Anda tidak dapat membuat perjanjian sementara yang melibatkan sekelompok negara yang setuju untuk melawan pihak ketiga tertentu, seperti di Europa Universalis II . (Sudahkah saya menyebutkan bahwa EU II adalah RTS? Dan yang lebih orisinal juga.) Anda juga tidak dapat mengancam tetangga untuk mundur dari aliansi yang dibuat dengan musuh Anda, atau membuat mereka menyetujui pertukaran peta. Jika Anda berperang, sekutu AI tidak akan melakukannya secara otomatis, yang menghancurkan salah satu alasan utama aliansi standar dalam game! Pertukaran unit atau penelitian? Mustahil.

RTS: Saya pikir Anda melewatkan intinya. Kebangkitan Bangsabukan tentang seluk-beluk manipulasi di balik layar. Seperti RTS standar lainnya, raison d’etre -nya adalah membangun struktur dan unit untuk mengambil alih orang lain. Reynolds telah membuat kompromi yang masuk akal dalam game yang memungkinkan Anda tetap fokus pada lapangan permainan, pada satu layar utama, sambil menambahkan dimensi ekstra melalui opsi penelitian yang ditingkatkan secara dramatis. Ini tidak terlalu melelahkan untuk sesi multipemain cepat, namun cukup kuat untuk menambahkan daya tarik ke mode mandiri.

Dan sekarang jika Anda sudah selesai mengeluh tentang kekurangan Rise of Nations sebagai TBS, saya ingin membahas beberapa aspek gameplay RTS yang sangat saya nikmati.

Pertama, ada cara penelitian sengaja disebarkan di antara sejumlah bangunan pada waktu tertentu. Ini berarti bahwa alih-alih meneliti satu teknologi tertentu, seperti yang Anda lakukan dalam seri Civilization atau Master of Orion , Anda memiliki (setelah fase permulaan awal) pilihan teknologi dan peningkatan yang lebih luas untuk dipelajari melalui investasi sumber daya secara bersamaan, jika Anda mau. Anda bahkan dapat membangun perpustakaan di beberapa kota yang meneliti berbagai teknologi. Namun, karena semua penelitian digerakkan oleh sumber daya, Anda harus selektif tentang teknologi yang dipelajari orang-orang Anda, dan menyeimbangkannya dengan pemutakhiran pada pengumpulan sumber daya dan kualitas unit. Itu semua adalah bagian utama dari strategi Rise of Nations .

Kedua, saya menghargai kelancaran arus perkembangan teknologi saat Anda berpindah dari Zaman ke Zaman. Ini bukanlah sesuatu yang dapat diharapkan secara otomatis, karena masing-masing dari delapan Zaman, yang dapat diteliti, membuka banyak peningkatan potensial (yang pada gilirannya bergantung pada, Anda dapat menebaknya, lebih banyak penelitian). Itu akan terlalu mudah dalam permainan yang menempatkan begitu banyak stok dalam teknologi untuk Usia tertentu untuk dapat dicapai dengan terlalu cepat, dengan teknologi tertentu yang memberikan hal yang paling dekat dengan kemenangan cepat. ( Jet tempur Alpha Centauri , tersedia setelah menyelesaikan Doktrin: teknologi Kekuatan Udara, memberikan dorongan seperti itu.) Tentu saja, pasti ada teknologi individu yang berbeda dari Rise of Nationspemain bersumpah, meyakinkan kita semua bahwa jalan lurus menuju penyelesaiannya menghasilkan kemenangan otomatis; tetapi jika demikian, saya belum menemukannya, dan saya telah memainkan Rise of Nations selama lebih dari delapan puluh jam. Tentu saja ada strategi kemenangan keseluruhan yang berbeda yang cocok untuk berbagai jenis pemain, tetapi menurut saya permainan ini tidak terlalu seimbang sehingga memberikan satu jalur jalan yang mudah menuju kesuksesan.

Perbatasan nasional: di antara favorit saya. Saya kira saya benar-benar hanya menghargainya karena game terakhir dalam seri TBS yang pernah Anda sukai, Peradaban , mengizinkan unit asing berjalan tepat ke tengah wilayah Anda dan mendirikan kota bahkan tanpa melambaikan tangan. Itu benar-benar tidak bisa dipercaya. Sebaliknya, Rise of Nationsmemperluas batas negara Anda melalui kota dan penelitian, tetapi selalu dalam jarak tertentu dari wilayah rumah Anda. Integritas teritorial dan gesekan unit mencegah Anda mendorong unit warga jauh ke dalam lawan Anda, katakanlah, sayap, dan mereka tidak dapat melakukan hal yang sama kepada Anda.

Dan berbicara tentang sayap, saya memuji penerapan bonus tempur pengembang untuk strategi serangan mengapit. Kubu, juga, dan formasi, yang dapat dipertahankan selama pergerakan pasukan atau dibiarkan berhenti hingga tiba di titik akhir: pilihan Anda.

Saya juga harus menyebutkan AI yang kuat. Para pengembang sangat bangga akan hal itu; sedemikian rupa, sehingga mereka memungkinkan Anda untuk menghilangkan kabut perang (itu salah satu dari opsi hebat lainnya), dan menonton sendiri berbagai negara yang dikelola AI. Ini cara yang bagus untuk memahami apa yang dianggap AI sebagai strategi membangun peradaban yang efisien. Pada pengaturan kesulitan yang lebih lemah dari rata-rata, AI kurang agresif dan masuk akal: pengintai musuh melarikan diri, tetapi kembali untuk membiarkan Anda membunuh mereka, dan warga musuh tetap bekerja saat Anda menyerang, alih-alih masuk ke dalam gedung mereka dan menembaki pasukan Anda. Tingkat kesulitan di atas rata-rata memberikan sumber daya ekstra untuk musuh Anda, tetapi AI tetap tidak berubah. Ini pada dasarnya “jujur”, atau sejujur ​​​​AI yang mencoba menyamar sebagai manusia yang pintar dan licik.

Apa pendapat Anda tentang Kebangkitan Bangsa?

TBS: Setidaknya tentang AI, kami setuju. Saya pikir AI, ditambah kerumitan opsi penelitian dan struktur jeda/perintah, dengan jelas menunjukkan bahwa BHG telah memberikan penekanan yang cukup besar pada Rise of Nations sebagai game pemain tunggal. Sangat menyegarkan untuk mengetahui bahwa pada saat produsen perusahaan game kucing gemuk memberi tahu pengembang bahwa kami, para pemain, hanya tertarik pada judul multipemain, dan tidak peduli tentang kecerdasan lawan komputer; semua bukti penjualan sebaliknya.