quikstopme

Ulasan Game Stardew Valley

Setiap kali saya memulai pertanian baru di Stardew Valley atau kembali ke penghematan 100 jam di PC, saya merasa seperti pulang ke rumah. Ada kenyamanan di Stardew Valley yang jarang saya temukan di game lain. Musik yang berubah setiap musim sangat cocok dengan kelembutan kota pedesaan 16-bit, dan semua aktivitas yang menunggu menawarkan kedamaian dalam rutinitas harian saya dan kegembiraan dalam misteri tanah. Apakah Anda ingin bertani, memancing, melawan monster, membuat kerajinan, menambang, menjadi sahabat semua orang, atau melakukan sedikit dari segalanya, petualangan bertani ini menawarkan banyak hal. Seperti yang kami katakan dalam ulasan asli kami , Stardew Valley “menggabungkan simulasi pertanian dengan elemen RPG dengan indah untuk menciptakan dunia pedesaan yang menarik dan menyerap,” dan itu menjadi lebih baik dengan setiap pembaruan gratis besar-besaran. Multipemain, item baru, bangunan, jenis pertanian, acara, dan hubungan memberi Stardew Valley fondasi yang lebih baik dan lebih banyak alasan untuk bertahan melewati acara yang didambakan di tahun ketiga dalam game. Lima peta pertanian baru menawarkan fokus yang lebih baik untuk pemain daripada saat Stardew Valley pertama kali diluncurkan. Setiap desain pertanian mendorong berbagai jenis pekerjaan – bertani, memancing, mencari makan, menambang, dan bertempur. Aktivitas setiap peta adalah kelegaan dari cengkeraman Joja Corporation, perusahaan dalam game yang dingin yang merambah Kota Pelican.

Kisah Stardew Valley sederhana, namun memuaskan. Anda mewarisi pertanian kakek Anda setelah meninggalkan pekerjaan Anda di Joja Corporation. Setelah menetap di pertanian, Anda kemudian harus memutuskan apakah akan mendukung Joja Mart lokal atau membangun kembali pusat komunitas yang membusuk. Konflik ini adalah faktor pendorong dalam dua atau lebih tahun yang merentang cerita Stardew Valley, tetapi setelah semuanya selesai, berteman dan belajar tentang penduduk kota memperkenalkan cerita lain yang terkandung.
Penduduk Kota Pelican dan sekitarnya adalah kelompok yang menawan.

Penduduk Kota Pelican dan sekitarnya adalah kelompok yang menawan, meskipun meningkatkan hubungan Anda dengan mereka masing-masing agak dangkal. Yang harus Anda lakukan adalah memberi mereka hadiah yang mereka sukai dua kali seminggu untuk mendapatkan kepercayaan dan kasih sayang mereka secara perlahan. Memberi mereka barang yang tidak mereka sukai dapat menurunkan tingkat kasih sayang mereka, sehingga setidaknya mendorong saya untuk mencoba dan mencari tahu apa yang paling disukai setiap orang dan berkreasi dengan hadiah saya begitu saya memiliki beberapa sumber daya yang dapat dihabiskan hingga tahun kedua saya. Itu benar, Maru — Anda telah ditingkatkan menjadi popper merica.

Terlepas dari kesederhanaan sistemnya, belajar tentang impian, hasrat, dan tantangan setiap orang yang tinggal di Stardew Valley tetap bermanfaat. Ada monster ramah yang hanya ingin menjual barang dagangannya kepada orang-orang baik, seorang seniman yang terlalu malu untuk membagikan karya seninya, seorang lelaki tua pahit yang ragu-ragu untuk menjalin hubungan, seorang ilmuwan yang mempelajari satwa liar lembah, dan banyak orang menarik lainnya. .

Setelah mencapai tingkat pertemanan atau romansa tertentu, adegan karakter khusus akan diputar jika Anda menangkap mereka di waktu dan tempat yang tepat. 12 karakter yang romantis memiliki lebih banyak adegan daripada yang lain, dan jika Anda memilih untuk menikah, mereka pindah ke rumah Anda dan benar-benar membantu di sekitar pertanian setiap saat. Ini adalah tolok ukur selamat datang untuk permainan akhir. NPC juga merupakan kunci untuk mempelajari resep makanan tertentu dan membuat cetak biru, jadi ada gunanya berteman dengan mereka selain menemukan minat dan konflik pribadi mereka. Mereka bahkan akan mengirimkan hadiah kecil kembali kepada Anda sesekali.

Pesona Tumbuh

quikstopme

Pergantian musim di Stardew Valley mungkin merupakan salah satu peristiwa yang paling menarik. Saat musim panas memiliki banyak hari cerah dengan sedikit badai petir yang berguna di sana-sini – dengan alat yang tepat, Anda dapat membuat baterai dengan penerangan! – tanah yang tertutup salju di musim dingin mencegah tanaman apa pun tumbuh di luar, meninggalkan aktivitas musim sedikit lebih tinggi jika Anda pada dasarnya adalah seorang petani. Setiap musim memiliki kecepatannya sendiri yang menyenangkan yang disertai dengan berbagai cuaca, jenis tanaman, jadwal NPC, ulang tahun, ikan, dan festival menyenangkan yang membuat semuanya tetap menarik. Setiap musim berjalan selama 28 hari, jadi mencari tahu cara terbaik untuk membelanjakannya adalah tantangan besar seiring berlalunya setiap tahun dalam game. Pada saat saya mencapai akhir tahun kedua saya, saya merasa percaya diri dengan rutinitas harian dan strategi bertani saya.

Bertani tidak terlalu rumit, tetapi sifat metodisnya santai. Butuh sedikit waktu di tahun pertama untuk menghasilkan cukup uang untuk mendapatkan benih terbaik dalam jumlah yang baik, mengoptimalkan lahan pertanian Anda, menerapkan sistem penyiraman, dan memikirkan rutinitas untuk mengurus semuanya. Stardew Valley memiliki level untuk setiap mekanik utama – bertani, memancing, menambang, bertempur, dan mencari makan. Mencari tahu cara memanfaatkan hari-hari saya sebaik-baiknya merupakan tantangan besar sejak awal ketika saya memiliki pengukur energi rendah untuk melakukan tindakan seperti memotong kayu, mengolah tanah, dan menggunakan kaleng penyiram, semuanya tanpa bonus bertani tambahan dari level saya. Tetapi bahkan ketika pengukur energi itu berkembang dan saya mendapatkan spesialisasi pertanian, kesulitan dan kesenangan yang saya temukan dalam bertani berasal dari mengelola lebih banyak tanah dan memutuskan apakah akan mengolah barang pertanian atau tidak untuk menjadikannya barang kerajinan yang lebih menguntungkan atau melakukan sesuatu yang lain sepenuhnya dengan mereka. Misalnya, saya bisa menjual semua anggur saya, memasaknya untuk konsumsi saya sendiri untuk energi dan kesehatan, atau saya bisa menyimpannya untuk membuat jeli atau anggur dengan toples dan tong pengawet yang bisa dibuat. Menambahkan hewan ternak ke dalam campuran membuat keragaman yang lebih disambut baik dalam rutinitas pertanian harian saya.
Bahkan dengan pembaruan besar, Stardew Valley masih memiliki masalah ringan karena memiliki begitu banyak hal yang harus dilakukan dengan sedikit penjelasan tentang cara melakukannya, tetapi tentu saja ada kesenangan untuk membuat rutinitas Anda sendiri dan menemukan apa yang terbaik untuk cara Anda ingin bermain. . Acara TV dalam game Living off the Land memberikan tip bagus tentang mekanika dan perubahan musim, tetapi tidak banyak bantuan tentang cara menggunakan beberapa item yang kurang mudah. Misalnya, item baru yang bagus mengambil semua produk dari kambing, sapi, dan domba, tetapi saya harus menggunakan panduan untuk mengetahui cara membuatnya bekerja. Di sisi lain, item baru seperti planter pot membuat early game sedikit lebih mudah. Ini memungkinkan pemain untuk menanam tanaman apa pun per pot di dalam ruangan terlepas dari musim,

Ketika saya tidak bertani atau memelihara hewan ternak, saya mencari makanan alami musiman (yang sesederhana berjalan-jalan dan mengambilnya dari tanah) atau memancing. Stardew Valley melacak semua yang Anda miliki di koleksi Anda, jadi pasti ada insentif untuk mencoba setiap aktivitas utama. Tidak seperti bercocok tanam, di mana Anda perlu membeli benih untuk menumbuhkan hal berikutnya dalam daftar, ada jadwal ketat kapan ikan tertentu tersedia, dan beberapa di antaranya sangat sulit ditangkap. Minigame memancing itu sendiri menyenangkan untuk kentang goreng kecil tetapi bisa sedikit membuat frustasi untuk beberapa ikan yang lebih langka. Tetap saja, tantangan itu adalah sesuatu yang saya nantikan untuk ditaklukkan pada akhirnya setelah saya cukup membuat tekel yang tepat dan menyimpan umpan untuk memikat binatang langka masuk.
Stardew Valley benar-benar memiliki sesuatu untuk dikoleksi, dan saya sangat menyukainya.

Penambangan dan pertempuran, di sisi lain, sedikit lebih mudah. Tambang utama memiliki beberapa musuh yang semakin kuat dengan masing-masing dari 100 levelnya, dan gua tambahan di area yang tidak dapat dibuka menampung monster yang lebih sulit dan jumlah lantai yang tampaknya tak terbatas. Spelunking melalui gua utama adalah upaya yang berbahaya sejak dini, tetapi mendapatkan senjata dan baju besi yang lebih baik melalui toko, peti, jatuhan musuh, atau dengan mencapai level pertempuran baru membuatnya lebih mudah dikelola. Pertarungan terdiri dari menumbuk tombol sederhana untuk mengayunkan pedang, jadi memasangkan pertarungan monster dengan tantangan turun ke ranjau membuatnya jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat. Kesulitan tambahan untuk keluar dari tambang sebelum karakter Anda pingsan pada pukul 2 pagi juga memberi tekanan untuk berhasil melewati gua seefisien mungkin. Lalu, ada tantangan dari kelompok yang disebut Adventurer’s Guild untuk membersihkan sejumlah jenis monster yang lebih populer, jadi ada insentif lain untuk turun ke tambang untuk membunuh monster. Oh, dan ada lebih banyak pengumpulan yang terlibat saat Anda menambang artefak tua dan aneh yang dapat disumbangkan ke museum lokal untuk mendapatkan lebih banyak hadiah. Stardew Valley benar-benar memiliki sesuatu untuk dikoleksi, dan saya sangat menyukainya.

Baca Juga:  Menguasai Raksasa Dino: 5 Tips Penting Bermain Barats di Mobile Legends

Terlepas dari kerumitannya yang bervariasi, perkembangan melalui kelima keterampilan itu konstan dan bermanfaat. Selain pemenuhan dasar itu, hampir setiap tingkat keahlian memiliki semacam hadiah yang dapat dibuat dan membantu membangun kemahiran Anda, atau menurunkan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menggunakan alat. Pada level keterampilan lima dan 10, Anda dapat lebih mengkhususkan karakter Anda dengan memilih profesi yang memberikan statistik bonus untuk tindakan tertentu. Misalnya, seorang peternak mendapatkan lebih banyak emas dari produk hewani, tetapi petani menjual hasil panen dengan harga lebih tinggi. Profesi itu disempurnakan lebih lanjut di level 10. Saya setengah jalan memasuki tahun ketiga saya di Stardew Valley dan saya masih belum menyelesaikan semua keterampilan saya ke level 10. Seperti di kehidupan nyata, ada potensi untuk melakukan banyak hal dalam sehari, tetapi bagaimana membelanjakannya sepenuhnya terserah Anda. Namun, saat Anda menambahkan orang lain ke peternakan Anda.

Co-Op yang matang

Multiplayer adalah tambahan yang fantastis untuk Stardew Valley yang sepenuhnya mengubah cara permainan dapat dimainkan. Seperti yang diharapkan, ini membantu Anda mencapai lebih banyak dalam sehari jika Anda memiliki buruh tani yang kooperatif, tetapi melakukannya tanpa merasa terlalu banyak kode curang. Ketika seorang teman bergabung, mereka mendapatkan rumah sendiri (yang dapat dimasuki dan disesuaikan oleh pemain utama) dan harus memulai karakter baru dari awal. Ini berarti mereka memiliki energi yang rendah, alat awal yang lemah, hampir tidak ada resep kerajinan, dan tidak ada tunjangan keterampilan. Meskipun akan menyenangkan memiliki opsi untuk mengimpor karakter dengan semua statistik dan alat yang ditingkatkan – bahkan mungkin dengan biaya – memulai dari awal adalah pertukaran yang lebih seimbang karena memiliki banyak orang di sebuah pertanian.

Anda berbagi uang dengan hingga tiga buruh tani/teman yang dapat mencampuri barang-barang Anda, jadi tidak terlalu sulit untuk mempercepat pemain baru jika Anda menambahkan mereka ke pertanian yang sudah mapan. Tetap saja, harus mendukung upaya orang lain dari saku Anda membantu multipemain menjaga keseimbangan antara kesulitan dan kekuatan, dan Anda bahkan dapat mengubah margin keuntungan untuk penghematan koperasi Anda jika Anda merasa menghasilkan terlalu banyak uang. Pembaruan menambahkan beberapa item yang sangat berguna tetapi mahal, jadi saya pasti tidak mengeluh tentang menghasilkan lebih banyak emas setiap hari. Jika Anda memulai pertanian baru bersama, saya dapat melihat bagaimana membagi setiap tugas dapat membuat tahun pertama yang menantang itu lebih mudah untuk dilakukan, dan bahkan mungkin lebih menyenangkan. Seseorang yang lebih suka memancing atau menambang bisa fokus pada hal itu sementara seseorang yang suka bertani bisa merawat tanaman.

 

Buruh tani memiliki kepemilikan atas kabin mereka dan hubungan dengan NPC di game Anda juga, yang merupakan insentif penting untuk membantu teman di pertanian mereka karena itu memberi mereka saham di tanah Anda dan juga di sisa game Anda. Mereka dapat meningkatkan rumah mereka dan bahkan menikah dengan karakter Anda atau NPC yang belum pernah Anda cintai. Mungkin agak membosankan harus melalui seluruh proses pacaran lagi jika Anda sudah membuka kunci semua yang ada di pertanian utama Anda, tetapi saya menghargai bahwa ini menawarkan kesempatan untuk memulai romansa baru dengan karakter yang berbeda dan pada dasarnya membangun sebuah kehidupan baru di pertanian yang dapat berkembang saat Anda tidak berada di sana jika petani utama memilih untuk bermain tanpa Anda.

Teman saya sangat membantu dalam memulai musim pertanian musim panas saat kami bekerja keras selama berhari-hari menjelang itu, menghitung berapa banyak biji buah tertentu yang kami butuhkan. Komunikasi terjadi melalui obrolan teks sederhana dalam game yang dilengkapi dengan banyak emoji hebat. Itu berakhir menjadi musim yang mahal karena semua benih yang harus saya beli, tetapi investasi yang disarankan teman saya pasti terbayar. Meskipun saran bertaninya sangat membantu, spelunking dengannya bahkan lebih menyenangkan. Bersama-sama kami membunuh banyak monster dan melangkah lebih jauh di gua tantangan daripada sebelumnya. Sifat Stardew Valley yang santai juga menciptakan ruang yang sangat menyenangkan untuk berkumpul dengan teman-teman, yang merupakan hal yang menyenangkan untuk dimiliki ketika begitu banyak game multipemain diatur dalam situasi yang agak tegang.

Kesimpulan

Stardew Valley adalah gim indah dan seru yang, jika semua bagiannya disatukan, akan menjadi petualangan pedesaan yang luar biasa. Baik itu hujan, cerah, bersalju, atau ditaburi serbuk sari yang melayang di udara, setiap hari menawarkan banyak aktivitas hebat yang siap dikumpulkan atau dikuasai dan persahabatan baru menunggu untuk dibuat. Bahkan 100 jam dengan tiga tahun dalam game dalam buku, saya masih merasa memiliki begitu banyak misteri untuk ditemukan, dan banyak item untuk dikumpulkan. Item, tujuan, dan acara baru dari semua pembaruan sejak peluncurannya membuat Stardew Valley lebih ramah bagi pemain baru dan juga memperpanjang umurnya bagi petani berpengalaman. Multiplayer yang fantastis hanyalah ceri di atas kue untuk RPG pertanian yang luar biasa ini. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.