Game Alan Wake 2 Hanya Merilis Versi Digital-Only Karena Kepopulerannya

Sungguh mengejutkan ketika trailer baru Alan Wake 2 tiba-tiba muncul di PlayStation Show beberapa waktu lalu. Sekuel dari game yang telah ditunggu lebih dari sepuluh tahun ini diterima dengan baik oleh para penggemar, terutama dengan musik dan kedatangan model-model baru. Jangan lupa Alan Wake 2 sudah siap untuk konsol dan PC. Namun bagi staf manajemen, sepertinya ada berita yang menyedihkan. Karena developer memutuskan untuk merilis game tersebut dalam format digital saja, artinya tidak ada versi fisik/disk.

Alasan Alan Wake 2 Rilis Digital-Only Saja

Game fisik masih menjadi tradisi bagi para gamer konsol, terutama game AAA yang harus memiliki versi disc. Namun tradisi ini akan dipatahkan oleh Remedy Entertainment selaku developer dari Alan Wake 2, karena telah dipastikan bahwa game tersebut hanya akan dirilis secara digital. Dalam website developernya, Remedy menyebutkan bahwa ada beberapa alasan mengapa game Alan Wake 2 Digital-Only tidak dirilis secara fisik. Tetapi yang utama adalah game digital sedang populer sekarang.

Kepopuleran ini terlihat dari banyaknya konsol lain yang tidak mendukung game fisik seperti Xbox Series S dan PlayStation 5 Digital Edition. Selain itu, dengan tidak merilis game secara fisik, pengembang dapat mempertahankan harga game di bawah $70. Telah diumumkan bahwa Alan Wake akan berharga $60 untuk konsol dan $50 untuk PC. Hal ini sebenarnya bisa dicapai karena developer tidak perlu lagi mengeluarkan biaya produksi untuk game fisik. Selain itu, ukuran game juga berpengaruh karena kekuatan disk tidak akan cukup untuk mendapatkan game tersebut. Begitu pun dengan disc, pemain tetap perlu mengunduh game sebagai pembelian digital.

Remedy kemudian memutuskan bahwa mereka tidak berniat membatalkan keputusan ini di masa mendatang. Kabar ini membuat sedih sebagian pemain, karena hadirnya game digital tidak menghentikan minat terhadap game fisik. Beberapa pemain masih lebih menyukai game fisik karena berbagai alasan seperti menyimpan game, kebutuhan koleksi, atau untuk menghindari proses pengunduhan bagi pemain yang terbatas pada Internet.

Baca Juga:  5 Game Online Yang Bisa Kalian Mainkan Bersama Teman Teman

Rekap Pengumuman Game Baru di PlayStation Showcase 2023

Event PlayStation 2023 yang berlangsung beberapa waktu lalu merupakan event yang sangat dinantikan oleh banyak gamer. Berbagai pengumuman seperti trailer dan game baru disiarkan dengan banyak kejutan dan kejutan. Media game memiliki banyak sekali game indie maupun seri game AAA yang telah diumumkan atau dirilis baru-baru ini. Alan Wake 2 menjadi salah satu kontributor acara tersebut dengan menampilkan gameplay dan kehadiran Sage Anderson sebagai playable character baru. Selain itu, kejutan lainnya hadir dari Metal Gear Solid Delta Snake Eater yang merupakan adaptasi dari game klasik besutan developer Konami. Di penghujung acara, juga ditampilkan game Marvel’s Spider-Man 2 yang menampilkan suit original Symbiote.