quikstopme

Pengalaman Bermain Aura Kingdom 2

Kingdom of Aura adalah judul MMORPG PC yang sangat seru pada masanya. Pasalnya, game ini memiliki sistem class dan subclass yang memungkinkan pemain untuk menggabungkan class di dalam game. Nama besar Aura Kingdom akhirnya dirilis di platform mobile pada tahun 2018 lalu. Sayangnya, lisensi X-Legend Entertainment tidak menawarkan banyak pilihan fitur dan memiliki kualitas grafis yang jadul pada masanya. Kali ini, X-Legend Entertainment kembali meluncurkan judulnya, Aura Kingdom 2 yang dirilis di seluruh dunia pada 15 April 2020. Pertanyaannya, apakah game ini menawarkan efek yang sama mengesankannya dengan Aura Kingdom versi PC. Apakah bernasib sama dengan Aura Kingdom Mobile? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Misi Utama yang Repetitif

Sebagai sebuah MMORPG, tugas utama merupakan plat penting dari game, selain pengenalan cerita, tugas utama juga dapat memberikan peningkatan kekuatan karakter, seperti EXP, perlengkapan atau item penting lainnya. Sayangnya, Aura Kingdom 2 bisa dibilang memiliki fungsi utama yang terasa repetitif.

Struktur utama pesannya membosankan. Seperti versi PC, misi utama Aura Kingdom 2 hanya berfokus untuk membunuh musuh, mengumpulkan item, atau menyelesaikan dungeon. Semua tugas ini dapat diselesaikan secara otomatis, yang telah menjadi fitur umum MMORPG seluler. Kondisi di atas diperparah dengan minimnya pelaksanaan kesulitan dalam pekerjaan utama. Oleh karena itu, tugas utama tidak akan memberikan kesulitan yang mengharuskan pemain bermain dengan tangan. Semua fungsi utamanya sangat sederhana, mudah dan aman dimainkan secara otomatis.

Satu-satunya hal yang menghentikan kemajuan tugas utama bukanlah tingkat kesulitannya, tetapi tingkat tinggi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas selanjutnya. Alih-alih memberikan tantangan permainan, pemain dipaksa melakukan segala kemungkinan untuk naik level. Ya! Aura Kingdom 2 adalah game penggilingan yang berat. Bahkan, game ini bisa membuat bos bertarung dengan susah payah di tugas utama. Jika Anda bermain secara otomatis, pemain akan mati dengan cepat. Situasi ini memaksa para pemain untuk mengasah otak dan mempertajam permainan mereka untuk mengalahkan bos dan melanjutkan perjalanan mereka di Ramayan.

Sistem Perkembangan Karakter yang Variatif

quikstopme

Proses pengembangan karakter di Aura Kingdom 2 menjadi nilai tambah. Sebagai referensi kekuatan, game ini menggunakan pengukuran Energy Point (EP). Sistem EP ini sama dengan combat system (CP) atau battle power (BP) MMORPG lainnya. EP akan menjadi acuan utama untuk meningkatkan kekuatan karakter. Semua peningkatan akan dikreditkan ke EP.

Untuk meningkatkan kekuatan, pemain bisa melakukan banyak cara, dengan mendukung, meningkatkan senjata, atau mengumpulkan. Ringkasnya, salah satu seri yang paling menarik adalah Kitab Ramayan. Sistem ini memungkinkan pemain mengumpulkan data monster yang terbunuh di lapangan. Pengetahuan apa pun akan dikumpulkan dan para pemain akan mendapatkan fitur lainnya.

Selain itu, ada juga sederet judul EP. Sistem ini memungkinkan pemain untuk mendapatkan gelar tertentu berdasarkan pencapaian EP mereka. Setiap nama akan memiliki penambahan kualitas yang berbeda. Semakin tinggi reputasi, semakin penting kualitas lainnya.

Urutan judul EP ini dapat ditemukan di urutan eksekusi. Dalam Prestasi, pemain akan mendapatkan uang level setiap kali mereka menyelesaikan tugas tertentu. Semakin banyak tugas yang diselesaikan, fitur yang lebih canggih akan meningkat.

Eidolon, Fitur Orisinal Tetap Eksis

Eidolon adalah karakter asli dari judul Kerajaan Aura. Padahal, pekerjaan ini tidak jauh berbeda dengan proses teman atau pasangan. Ya, Anda dapat memiliki rekan pertempuran saat bermain game yang dapat membantu menyerang musuh dan memiliki keterampilan yang dapat digunakan dalam pertempuran.

Di Aura Kingdom 2, Eidolon dibagi menjadi lima tipe berdasarkan orientasi kekuatannya, yaitu Strength, Critical, Life, Tank, dan Evasion. Saat ini jumlah Eidolon yang bisa dikumpulkan sebanyak 29 buah.

Eidolon yang terkumpul dapat ditingkatkan level dan interaksinya. Meningkatkan keduanya memengaruhi pencapaian PE karakter. Oleh karena itu, meningkatkan Eidolon menjadi salah satu kunci penting dalam game ini. Selain itu, Eidolon juga memiliki tingkat kelangkaan yaitu R (jarang), SR dan SSR (jarang). Semakin langka Eidolon, semakin tinggi kekuatannya. Dalam pertempuran, hanya lima Eidolon yang bisa digunakan. Pemain dapat mengatur lima Eidolon yang ingin mereka gunakan. Di antara kelima Eidolon tersebut, pemain juga akan memilih Kapten Eidolon yang dapat menyerang dirinya sendiri dan menggunakan skill.

Baca Juga:  Ulasan Game Owlboy

Seperti game mobile saat ini, pemain harus bisa mendapatkan Eidolon. Namun, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu mengisi daya setiap saat untuk mendapatkan Eidolon. Karena kamu bisa menggunakan blue diamond yang bisa dikumpulkan dengan mudah.

Deretan Fitur yang Kurang Berkesan

Padahal, Aura Kingdom 2 memiliki banyak fitur dan mode permainan seperti game heavy grinding, fitur tersebut dianggap sangat penting. Pasalnya, fitur tersebut bisa memberikan hadiah berupa EXP yang diperlukan, senjata atau item untuk upgrade.

Seperti MMORPG seluler lainnya, fitur ini hanya dapat digunakan sekali sehari dan penggunaannya terbatas. Strategi dengan jumlah besar dianggap sangat bagus untuk MMORPG. Namun, bagaimana jika semua fitur ini terkesan repetitif, tidak berguna, dan membosankan? Ya, secara umum, fitur AK 2 adalah berburu, mengumpulkan, dan penjelajahan bawah tanah. Gabungan, lagi-lagi, semua fitur tersebut bisa dilakukan secara otomatis tanpa takut gagal. Situasi ini juga membuat permainan tidak dapat diprediksi dan berulang, sehingga banyak jenis permainan yang terkesan tidak diperlukan.

Otomatisasi yang Berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Aura Kingdom 2 sangat menyukai sistem pertarungan otomatis. Metode ini sebenarnya digunakan untuk pemain. Tetapi bagaimana jika hampir semua aspek permainan diotomatisasi, bahkan strategi PvP?

Ya, PvP adalah bukti bahwa auto combat di Aura Kingdom 2 memang menyebalkan. Alasannya adalah para pemain tidak akan melakukan apa-apa selain melihat karakter Anda mengalahkan monster dan pemain lain. Apa asyiknya bermain MMORPG tanpa melawan karaktermu terlebih dahulu? Strategi yang tidak berbeda dan PvP yang lemah adalah pekerjaan dan hal terburuk dalam game ini, karena strategi dan mode permainan yang berbeda adalah satu-satunya poin. Padahal, ini adalah kekurangan yang sangat kentara karena saat pesan utama Aura Kingdom 2 akan sangat membosankan.

Visual yang Ketinggalan Zaman

Gameplay Aura Kingdom 2, terutama dari segi grafis, tergolong primitif. Masalah pertama datang dari grafisnya yang tertinggal dibanding game MMORPG mobile lainnya, seperti Black Desert Mobile, Lineage2 Revolution, atau bahkan Ragnarok M: Eternal Love yang memiliki visi jadul. Selain grafisnya yang jadul, adegan pertarungannya juga sangat buruk. Semua gerakan karakter terasa agak canggung dan kaku. Selain itu, skill efek animasi juga sepertinya tidak bisa membantu presentasi visual dari game ini.

Meskipun memiliki tampilan yang buruk, Kingdom Aura berhasil memberikan efek suara yang sangat bagus. Dengan soundtrack ala MMORPG oriental, perjalanan Ramayan menaklukkan dunia terdengar semakin nyaring. Situasi ini juga menguntungkan mereka yang vokalnya bagus. Yang penting, presentasi game bergantung pada performa game. Perlu diingat bahwa Aura Kingdom 2 adalah game yang membutuhkan banyak bandwidth. Anda tidak hanya membutuhkan koneksi yang stabil, tetapi Anda memerlukan koneksi yang cepat untuk memainkannya tanpa mengalami performa apa pun seperti penurunan FPS atau macet selama pertempuran.

Perutean otomatis, pencarian otomatis, dan pertempuran harus diakui sebagai tiga rampasan utama dari gameplay Aura Kingdom 2. Alih-alih pengalaman yang menyenangkan, game ini justru menampilkan gameplay yang repetitif. Yang menarik hanya proses pengembangan karakter di Eidolon. Sudahkah Anda memainkan Aura Kingdom 2? Jika iya, bagaimana pendapat kalian tentang game besutan X-legend ini, dan terus dapatkan berita game terbaru hanya di quitstopme!