quikstopme

Pengalaman Bermain Doki Doki Literature Club

Melihat game simulasi kencan dengan karakter yang bagus, saya rasa kamu sudah mengenalnya dari game besutan gamers Jepang. Jadi jika Anda memeriksa permainan Doki Doki Literature Club! (DDLC!) Pastinya kalian akan mengira kalau game ini sangat Jepang. Anda harus membayangkan bahwa game ini dapat memanjakan Anda dengan karakter seksi dan cerita yang membuat Anda takut. Sayangnya, game ini berbeda dengan visual novel bernuansa anime romance pada umumnya. Game besutan Team Salvato ini dirilis sejak September 2017 lalu. FYI, Team Salvato merupakan developer Amerika. Terlepas dari segalanya, jenis cerita game ini sangat Jepang dan menyimpan kejutan yang akan mengejutkan Anda.

Dengan begitu banyak kejutan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika DDLC! menerima banyak penghargaan tahun lalu. Di penghargaan IGN’s Best of 2017 saja, game ini memenangkan People’s Choice Award untuk “Game PC Terbaik”, kedua “Game Petualangan Terbaik”, “Cerita Terbaik”, dan “Terbaik”.

Melihat pencapaian tersebut, Anda mungkin masih belum mengetahui perbedaan game ini dan masih berpikir dua kali sebelum memainkannya. Tidak, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk meneleponnya sekarang. Namun, jika Anda tertarik, Anda dapat menemukan ulasannya di bawah ini. Setelah membaca, Anda mungkin ingin mengunduh game ini langsung dari situs web resmi DDLC! Yang ini.

Nah, itu cukup dari dasar-dasarnya. Lihat pratinjau di bawah ini!

 

Doki Doki Literature Club!, Game dengan Kisah yang Cowok sentris

Kenapa itu tidak berpusat pada laki-laki? Anda adalah satu-satunya karakter pria dalam game ini yang dikelilingi oleh empat gadis kawaii. Ini seperti anime harem karena semua karakter wanitanya adalah moe. Jadi, rasanya pengen pacaran sama siapa aja, deh!

Dalam game ini, kamu berperan sebagai anak laki-laki yang memiliki teman masa kecil bernama Sayori yang ingin kamu bergabung dengan klub di sekolah. Awalnya kamu laku keras, tapi akhirnya kamu ikut Klub Sastra, namanya Klub Sastra. Di sekolah ini, ada banyak gadis moe yang menunggumu untuk memenangkan hati mereka. Sebagai satu-satunya pria di klub, Anda secara alami menjadi pusat perhatian.

Anda akan memiliki perasaan seorang gadis cantik yang membenci Anda, tetapi seorang gadis cantik yang pendiam memperhatikan dari kejauhan. Pemimpin klub yang baik dan ramah akan memberi Anda perhatian lebih. Juga, pujian sejak kecil. Nah, namanya juga game baru. Namun, ini bukan buku teks biasa, lho!

Empat Karakter Cewek dengan Kepribadian Berbeda

quikstopme

Seringkali, game visual novel memiliki konsep kencan seperti ini yang membuat Anda tidak terlalu serius dalam mengambil cerita. Namun, Anda akan berubah pikiran tentang game ini. Soalnya, kamu perlu banget memahami karakter kelima cewek di game ini untuk bisa menyelesaikan misi dengan baik.

Ada Sayori yang merupakan teman masa kecilmu yang selalu mengagumi dan mendukungmu dari belakang. Ada Natsuki yang membuatmu merasa tidak enak dan kamu harus menjaga jarak jika suasana hatinya sedang buruk. Ada Yuri yang pemalu seperti gadis-gadis Dandere. Terakhir, ada Monica – kamu satu kelas denganmu – yang cantik dan cerdas serta kepala sekolah (impian perempuan!). Menjadi semua ini, perjalanan Anda untuk memenangkan hati gadis yang Anda cintai dimulai. Lihat juga 5 permainan surat kabar menarik yang tidak bisa Anda abaikan.

Pilihan Lo Nentuin Nasib Lo

Ya, sama seperti novel visualnya, game ini memberi Anda pilihan. Namun, ini bukan pilihan umum. Salah satu tugasnya, Anda akan membuat puisi dari urutan kata yang diberikan. Kata-kata ini memiliki nuansa yang berbeda dan setiap karakter wanita memiliki kata-kata favoritnya. Jika Anda menggunakan kata-kata favorit seorang gadis dalam puisi Anda, dia akan mencintai Anda.

Baca Juga:  Ulasan Game Final Fantasy IV: The Complete Collection

Ya, Anda seharusnya tidak hanya memilih situasi Anda, tetapi juga memahami preferensi mereka. Di bab pertama, Anda akan mendapatkan banyak detail tentang keempat opsi tersebut. Jadi, saat pertama kali diminta menulis puisi dan memilih kata, Anda harus memilih sesuai karakter yang Anda cari. Anda akan dapat melihat kata-kata mereka setelah itu karena setelah itu puisi Anda akan dibacakan di depan mereka semua. Sebuah permata, ya?

Ada Kejutan Menanti di Akhir Game

Awalnya, DDLC! bisa dibilang ceritanya lambat. Anda akan melewati beberapa subplot yang polos atau penuh pertanyaan. Lo bisa berhati-hati karakter mana yang kalian pilih untuk mendapatkan happy ending. Setiap karakter juga memiliki jenis ketakutannya sendiri yaitu kesepian dan Anda tidak mengharapkan apa yang menunggu Anda di belakang. Ya! Jika Anda mengira akan berkencan dengan salah satu dari karakter ini, Anda salah! Soalnya, ada kejutan yang menyenangkan di akhir. Jika Anda siap untuk spoiler, teruslah membaca!

Melewati bab 2, Anda akan mulai melihat kejutan saat kejutan itu manis dan berakhir dengan kegelapan. Meskipun tampaknya Anda punya pilihan, Anda sebenarnya menghadapi situasi yang memaksa Anda untuk maju dan tidak dapat mengubah apa pun.

Anda tidak akan senang karena karakter yang tersenyum tiba-tiba bunuh diri. Belum lagi ada kematian lain yang mengikuti. Sekali lagi, tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang itu!

Ya, bukannya asmara, DDLC! berisi kisah mengharukan tentang depresi dan orang yang tampaknya normal ternyata memiliki rahasia di dalamnya. Suasana menyenangkan yang dibangun oleh trailer game tersebut langsung berubah menjadi gelap sebagai sebuah game horor.

Fakta bahwa Anda tidak dapat mengubah situasi sama sekali membuat depresi. Bahkan jika Anda mencoba memulai ulang atau mengatur ulang cerita untuk mendapatkan akhir yang berbeda, tidak ada yang berubah. Anda tidak bisa karena DDLC! benar-benar mempermainkanmu. Anda akan terjebak di langit bermain dengan Anda. Gila, nama!

Kesimpulan

DDLC! Anda harus mencobanya jika Anda mencari game dengan akhir yang unik. Plus, game ini akan membuat Anda merasa seperti sedang bermain tim! Anda akan melihat hal-hal yang tidak ada dalam game ini sebelumnya. Misalnya, sebuah jendela di komputer Anda akan terbuka tiba-tiba atau, yang lebih menakutkan lagi, salah satu dari pemain ini dapat mengetahui identitas asli Anda! Identitas asli lho, bukan nama palsu yang kamu gunakan untuk penggemar game ini.

Namun, pada awalnya permainan ini tampak biasa saja. Sebuah cerita seringkali merupakan satu kata yang membuat Anda tertidur, terutama jika Anda tidak ingin membaca percakapan yang panjang. Namun, ketika Anda bertukar puisi dengan karakter lain berkali-kali, Anda akan merasakan permainan ini dengan baik. Kengerian tidak berhenti bahkan setelah cerita selesai.

Jika Anda memiliki hati yang lemah, yaitu tidak tahan melihat lompatan yang luar biasa, lebih baik tidak memainkan game ini sendirian. Permainan ini tidak boleh dimainkan oleh orang yang mudah terdistraksi. Namun, jika Anda mencari game serius tanpa peran dan misi rahasia untuk menyelamatkan dunia, DDLC! adalah permainan yang adil. Sebagai game baru, DDLC! menunjukkan sesuatu yang sama sekali berbeda.