quikstopme

Ulasan Game Echochrome

Biasanya saat Anda memainkan permainan teka-teki, Anda diberi tujuan dan mungkin beberapa cara berbeda untuk menyelesaikan tugas ini. Namun, Anda tidak sering diminta untuk menyesuaikan kembali realitas dunia hanya dengan memanipulasi kamera untuk menutup celah di antara platform. Hal yang sama dapat dikatakan tentang menghapus jebakan dengan mengubah sudut kamera sehingga sebuah kolom tampak menutupi lubang. Ilusi optik ini menjadi dasar di balik judul PSN terbaru Sony, echochrome, yang meminta pemain untuk terus mengubah, membengkokkan, dan mengubah persepsi mereka untuk memecahkan teka-teki yang menipu. Sementara pilihan untuk menggunakan ilusi optik adalah pilihan yang unik, keputusan untuk fokus pada presentasi wireframe sederhana menambah kedalaman yang mengejutkan pada judul teka-teki spasial ini.

echochrome menyelenggarakan presentasi yang sangat mendasar: serangkaian platform ditangguhkan di “udara” dengan latar belakang putih bersih. Di antara platform tersebut adalah sosok kerangka kawat yang terus berjalan di sepanjang platformnya, serta hingga empat “gema” bayangan dari sosok itu yang tersebar di seluruh panggung. Tujuan dari teka-teki ini adalah untuk memulai dari satu titik dengan sosok kerangka kawat, mengumpulkan semua gema dalam urutan apa pun yang dipilih pemain, dan kembali ke titik awal sebelum waktu habis. Itu mungkin terdengar relatif mendasar, sampai Anda menyadari bahwa sebagian besar platform ini dipisahkan oleh celah besar di ruang angkasa, penuh dengan lubang yang dapat membuat sosok jatuh, dan bantalan lompat yang dapat mendorong sosok menjauh dari jalur yang dimaksudkan dan ke arah yang baru.

Klik di sini untuk menonton gameplaynya

Untungnya, sebelum Anda dilemparkan ke dalam situasi yang berpotensi membingungkan ini, Anda ditempatkan dalam tutorial yang menjelaskan lima hukum yang mengatur dunia game dan bagaimana penerapannya: Perjalanan Perspektif, Pendaratan Perspektif, Perspektif Keberadaan, Perspektif Absen dan Perspektif Lompat. Undang-undang ini menentukan dengan tepat bagaimana pemain dapat memanipulasi kamera dan, selanjutnya, dunia, untuk menyelesaikan berbagai level yang Anda mainkan. Misalnya, pemain dapat menggunakan konsep Perjalanan Perspektif dengan menggerakkan kamera untuk membuat platform yang jauh tampak terhubung satu sama lain. Demikian pula, pemain dapat mengayunkan kamera sehingga sepotong platform menghalangi tampilan celah yang terlihat jelas, secara virtual “menghapusnya” dengan Perspektif Keberadaan. Mungkin perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri bagi beberapa pemain,

Meskipun undang-undang ini menentukan dunia, mereka memberikan fleksibilitas luar biasa yang dapat Anda temukan setelah sedikit bereksperimen dengan permainan dan beberapa tip yang disediakan. Misalnya, kadang-kadang agak sulit untuk mengatur platform yang berbeda dengan rapi karena jarak relatifnya. Namun, dengan menggunakan fitur Jepret yang melekat pada tombol Kotak, pemain dapat memicu aturan Perjalanan Perspektif pada struktur ini dan membantu Anda menghubungkan keduanya. Pemain juga dapat menekan tombol segitiga dan menghentikan sosok bingkai kawat, memberi mereka kesempatan untuk mengatur ulang lingkungan tanpa merasa karakter akan berjalan melalui lubang dan jatuh dari layar. Namun, bahkan jika sosok Anda mulai jatuh ke tepi layar, pemain dapat menyelamatkannya dengan rotasi kamera yang gesit (dan dunia game). Ini bahkan dapat dipercepat dengan menahan tombol R1, yang memungkinkan Anda “menangkap” sosok di bagian lain dunia. Dengan latihan yang cukup, pemain bahkan dapat menggunakan bantalan lompat dan lubang untuk mendorong atau menjatuhkan karakter mereka dari satu bagian ke area yang sebelumnya tidak terjangkau.

ANDA DAPAT DENGAN MUDAH MENGUBAH PERSEPSI ANDA DI ECHOCHROME

quikstopme

Untuk sepenuhnya menjelajahi dunia echochrome, pemain disajikan dengan tiga mode berbeda: Freeform, Atelier, dan Canvas. Dengan memilih Freeform, komputer akan secara acak memilih delapan level dari set standar game yang terdiri dari 56 tahapan untuk menguji keterampilan perseptif mereka. Anda memiliki kesempatan untuk memengaruhi tingkat kesulitan teka-teki yang dipilih dengan menggunakan tombol arah untuk memilih salah satu dari lima level, yang Anda lakukan atas risiko sendiri — bercanda. Jika Anda membuat kesalahan, Anda selalu dapat mencoba kembali tahap tersebut, tetapi jika Anda terlalu berlebihan, Anda tidak dipaksa untuk tetap berada di tahap itu sama sekali; para desainer dengan hati-hati menyediakan fitur lewati yang memungkinkan Anda melewati level itu dan melanjutkan ke brainteaser berikutnya.

Baca Juga:  Ulasan Game Worms: Open Warfare

Beberapa orang mungkin menganggap itu sebagai penopang yang membuat permainan terlalu mudah, tetapi saya mohon berbeda: itu membuat permainan jauh lebih mudah diakses oleh para pemain yang terintimidasi oleh penyesuaian persepsi yang perlu Anda lakukan untuk memainkan permainan. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk merasakan tahapan lain secara acak sehingga Anda dapat melatih keterampilan Anda.

 

Sekarang, jika Anda lebih suka bekerja untuk menaklukkan atau mengalahkan setiap tahap, mode Atelier cocok untuk Anda. Itu dibagi menjadi dua bagian berbeda: Galeri dan Portofolio. Galeri secara visual menampilkan semua 56 tahapan dan memungkinkan Anda untuk memilih satu level secara individual dan menjelajahinya, mencoba menyelesaikannya secepat mungkin untuk mengatur level terbaik Anda sendiri. Alternatifnya, Anda dapat memilih seluruh grup yang terdiri dari delapan level dan mencoba mengatur kursus dengan sebaik-baiknya. Kursus-kursus ini dibagi menjadi tujuh level dari A hingga G (A adalah tahapan yang paling mudah dan G adalah yang paling rumit), jadi pemain akan secara otomatis mengetahui tantangan seperti apa yang mereka siapkan untuk diri mereka sendiri.

Sebaliknya, bagian Portofolio menampilkan tahapan yang Anda buat secara pribadi, baik itu dengan memodifikasi salah satu tahapan yang sudah ada sebelumnya atau kreasi baru dari Mode Kanvas. Mode kanvas sangat fleksibel karena Anda menyediakan salah satu dari enam elemen terpisah untuk membantu Anda membuat peta level: kubus dasar, tangga, gema, bingkai kawat, balok lompat, dan balok berlubang. Meskipun Anda dibatasi oleh beberapa dimensi tertentu (kotak 38x38x38 di PS3), konstruksi tahapan ini hanya dibatasi oleh imajinasi Anda, yang berarti Anda dapat membuat level baru sebanyak yang Anda inginkan. Setelah Anda menyelesaikannya, Anda dapat menguji kelayakan tahapan ini untuk memastikan bahwa tahapan tersebut dapat diselesaikan, dan beri judul tahapan ini sebelum Anda mengunggahnya ke server Sony atau menukarnya dengan teman.

Versi PS3 juga memiliki keuntungan tambahan karena Anda dapat mengunduh level baru dari seluruh dunia, yang juga akan dimasukkan secara acak ke dalam mode Freeform. Karena echochrome dirilis awal tahun ini, pemain di Hong Kong dan Jepang memiliki banyak waktu untuk mendesain stage mereka sendiri berkat mode Canvas. Yang terbaik diambil oleh para desainer dan segera tersedia untuk pemain, yang secara otomatis meningkatkan jumlah level yang awalnya Anda dapatkan dengan game tersebut. Beberapa di antaranya benar-benar kreatif, seperti labirin raksasa dan level yang dibangun hanya dari balok-balok yang membentuk angka tiga. Apa yang juga membuat mereka menarik adalah bahwa jika Anda mengalami tahap yang membuat Anda bingung, Anda dapat melewatinya dan itu tidak akan dihitung terhadap pengaturan mode Bentuk Bebas “delapan tingkat” standar.

SAYA PIKIR ITU SANGAT SULIT

Meskipun saya belum benar-benar menunjukkan visualnya karena kesederhanaannya, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang garis klasik dari figur rangka kawat dan tahapan yang dilaluinya dalam game. Ini pada dasarnya menyoroti fakta bahwa meskipun kekuatan dan kekuatan visual dari generasi konsol ini sangat mengesankan, gameplay yang menarik dapat dibuat dengan mudah dan kreatif dengan elemen-elemen dasar. Yang lebih menonjol adalah presentasi suara untuk gim ini, yang benar-benar luar biasa. Soundtrack biola melodi yang menghantui terus diputar di semua hal mulai dari layar menu hingga pembuatan level dan permainan, yang membantu meredakan ketegangan bahkan saat Anda memeras otak untuk mencoba memecahkan teka-teki yang sulit. Dikombinasikan dengan efek suara yang sederhana dan suara wanita yang menyenangkan yang memberikan kata-kata dukungan yang menenangkan saat Anda bermain,

Kesimpulan

echochrome adalah salah satu judul teka-teki yang jarang muncul, tetapi langsung menarik perhatian karena alur permainannya yang unik dan kedalamannya yang luar biasa. Sementara ilusi optiknya dan tantangannya terhadap persepsi pemain tentang dunia berpotensi menakuti beberapa pemain, fleksibilitas setiap level dan kesederhanaan penyajiannya sangat efektif, dan harus menarik bagi siapa pun yang mencari tantangan. Dengan harga $9,99, echochrome adalah nilai yang bagus untuk pemilik PS3, dan tidak boleh dilewatkan. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.