quikstopme

Ulasan Game S.T.A.L.K.E.R.: Shadow of Chernobyl

Gagasan menggabungkan mekanisme first-person shooter dengan dunia terbuka sangat menggiurkan. Dalam STALKER: Shadow of Chernobyl yang telah lama ditunggu-tunggu oleh GSC Game World , eksperimen semacam itu dalam memasak genre telah menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa. Gim ini menawarkan konten yang jauh lebih banyak daripada FPS lain di luar sana, tetapi sedikit kesulitan dalam hal dunia terbuka. Apa yang tetap konsisten sepanjang pengalaman adalah atmosfir yang memikat. Pepohonan keriput, langit suram, dan gemuruh badai petir di The Zone mencengkeram telinga Anda dengan kuat dan menarik Anda melintasi tanah terlantar yang terkena radiasi. Di jam-jam pertama Anda, harap dipenuhi dengan kegembiraan yang berani saat Anda menyesuaikan diri dengan dunia game. Beberapa saat kemudian, Anda mungkin akan menyadari keterbatasan lingkungan dan mendambakan lebih.

Acara dimulai dengan karakter Anda, yang hanya dikenal sebagai Yang Ditandai, jatuh dari truk kematian di pinggiran The Zone. Anda segera bertemu dengan seorang pria bernama Sidorovich, yang membagikan tugas pertama Anda dan memperkenalkan fiksi lingkungan. Saat perjalanan berlangsung, Anda akan bergerak melalui berbagai zona mandiri permainan yang bersama-sama membentuk The Zone, dari Cordon yang relatif tenang hingga Gudang Tentara yang dilanda perang, Pripyat, dan akhirnya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl itu sendiri, dari mana semua hal jahat tampaknya berasal.

Misi cerita utama STALKER memberikan pengalaman yang paling menarik, karena menyelesaikan tantangan terkadang memberikan hadiah yang berguna, membuka wilayah baru untuk dijelajahi, dan memajukan plot misterius. Ternyata NPC Zone bukanlah pendongeng terbaik, jadi untuk memahami dengan lebih akurat apa yang terjadi, Anda perlu memeriksa PDA Anda secara teratur; Yang Ditandai ternyata pencatat yang cukup rajin. Meskipun beberapa liku-liku cerita menarik, metode mondar-mandir dan mendongeng bisa menggunakan beberapa perbaikan. Pastikan untuk mendapatkan salah satu dari dua akhiran yang sebenarnya untuk mengisi semua lubang plot. Lima yang salah menjelaskan sangat sedikit.

Dalam putaran yang aneh, beberapa misi cerita utama terjadi di bawah tanah atau di dalam ruangan, mengubah aspek permainan ke arah penembak koridor tradisional. Jika Anda benar-benar ingin menguji cara kerja elemen dunia terbuka STALKER, Anda harus memulai banyak misi sampingan yang ditawarkan NPC The Zone. Sayangnya hanya segelintir dari mereka yang benar-benar menarik. Mereka kebanyakan menawarkan tugas-tugas sederhana seperti membunuh satu target, menghapus kamp, ​​​​atau mengambil objek. Yang lebih melibatkan melemparkan Anda ke dalam pertempuran dengan rekan AI, meskipun jumlahnya terlalu sedikit.

quikstopme

Zona permainan, yang membutuhkan satu atau dua menit untuk berlari, dipisahkan oleh waktu muat, yang berarti Anda tidak dapat berpindah dari satu ujung The Zone ke ujung lainnya tanpa gangguan. Setelah langkah pertama Anda di area awal, merupakan prospek yang sangat menarik untuk melakukan perjalanan melintasi ladang suram yang penuh dengan kelompok anomali untuk menanyai penduduk dan mengungkap rahasia. Meskipun beberapa pencarian sampingan menawarkan hadiah yang berharga (satu pencarian tertentu di Yantar memberi Anda sepotong baju besi yang sangat baik), mayoritas memberi Anda uang dan peluru, keduanya dapat dengan mudah diperoleh melalui cara lain. Amunisi dalam jumlah besar untuk setiap senapan, senapan, dan pistol permainan tersedia di vendor besar mana pun. Uang tidak pernah benar-benar menjadi masalah dalam game, karena artefak yang Anda temukan tergeletak di sekitar ladang The Zone dijual dengan harga yang sangat mahal.

Dalam RPG lengkap, Anda akan diberi hadiah pengalaman karena mengalahkan penjahat acak, atau diberi poin keterampilan, atau diberikan cara lain untuk menambah kemampuan Anda dan memajukan pengembangan karakter. STALKER dimulai dengan cara ini, saat Anda dengan cepat menemukan senjata yang semakin kuat, beberapa di antaranya bahkan merupakan variasi “+1” dari model senjata dasar, tetapi garis datar terlalu dini. Terlibat dalam pertempuran yang tidak penting berguna untuk mengambil perban dan kotak P3K, mempertahankan tingkat amunisi, dan mengumpulkan barang-barang acak seperti botol vodka yang berharga. Kadang-kadang Anda akan menemukan artefak yang berguna, dan saat itulah penjelajahan paling berharga. Jika Anda mengikuti alur cerita selama sekitar sepuluh jam atau lebih, Anda akan menemukan bahwa Anda sudah memiliki beberapa senjata dan baju besi terbaik di dalam gim, secara signifikan mengurangi daya pikat menjelajahi medan terbuka. Sementara beberapa orang mungkin berpikir tidak adil untuk mengkritik game karena memangkas fitur dari genre yang hanya dicoba-coba, kami tidak dapat mengabaikan keinginan yang terus-menerus untuk lebih banyak kustomisasi karakter dan dorongan yang lebih kuat untuk menjelajah.

Beberapa fitur lainnya, arena pertempuran di zona yang disebut The Bar dan kemampuan untuk bergabung dengan faksi Tugas atau Kebebasan, telah diterapkan untuk mengalihkan perhatian Anda dari pencarian utama, tetapi tidak ada alasan kuat untuk terlibat. sendiri karena hadiahnya tidak begitu menarik. Pada saat Anda mencapai zona Gudang Tentara, di mana Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memulai misi dengan salah satu faksi untuk membangun reputasi, hadiahnya kemungkinan besar akan dikerdilkan oleh kekuatan persenjataan dan perlindungan yang sudah Anda miliki. Jika Anda lebih suka bergabung dengan faksi Kebebasan, sebuah grup yang pandangannya menganut cita-cita hippie sebanyak yang diizinkan The Zone, Anda tidak boleh menyelesaikan misi Tugas apa pun di zona Gudang Angkatan Darat. Kami menyebutkan ini karena game tidak.

Yang tetap menarik adalah sistem AI lingkungan A-Life, yang dipicu setelah Anda keluar dari satu zona ke zona berikutnya. Banyak dari pencarian sampingan mengharuskan Anda untuk berjalan kembali ke area sebelumnya, memastikan Anda akan menemukan sekumpulan anjing palsu yang berkeliaran, pengisap darah, dan daging yang mengamuk di pedesaan. Jika Anda meluangkan waktu sebentar untuk duduk dan mengamati, Anda akan melihat monster menyerang bandit dan menyeretnya, bahkan mengunyah tubuh yang jatuh. Anda akan mendengar suara tembakan di kejauhan dan tahu di suatu tempat yang dekat, faksi musuh terlalu dekat satu sama lain. Anda bahkan mungkin terkekeh gila saat Anda menembak ke arah sekawanan anjing yang maju, membunuh beberapa, lalu mengisi ulang dengan damai saat yang selamat merengek, berputar, dan melarikan diri ketakutan. Dikombinasikan dengan suasana permainan yang menghantui, acara semacam ini sangat bermanfaat bagi STALKER’ Nilai tambah besar lainnya untuk game ini adalah mekanisme pengambilan gambar, yang memiliki sentuhan keaslian yang jarang dirasakan di video game. Senjata awal sangat tidak akurat, misalnya. Jangan berharap untuk mengenai musuh dengan pistol awal dari mana saja di luar beberapa kaki. Sebaliknya, senjata api yang lebih canggih terasa dan terdengar sangat berbeda, yang berfungsi untuk membangkitkan kegembiraan sejati saat menemukan senjata baru. Bahkan senapan lingkup terkuat, di luar varietas penembak jitu, agak tidak akurat pada jarak yang lebih jauh, membuat gameplay lebih menarik karena memaksa Anda untuk mendekat pada musuh. Kami khawatir karena banyaknya medan perang yang terbuka lebar, Anda akan dapat mengalahkan sebagian besar musuh bahkan sebelum mereka melihat Anda. Sebagai hasil dari akurasi setiap senjata yang lebih spastik, hal ini tidak terjadi sama sekali.

Baca Juga:  Kisah Aldous Mobile Legends Ksatria Pemberani Yang Menjaga Minoan

Ini juga membantu bahwa musuh benar-benar lemah hanya di satu tempat: kepala mereka. Keluarkan klip penuh dari jarak beberapa kaki ke batang tubuh dan kaki musuh lapis baja berat dalam game dan mereka kemungkinan akan membalas tembakan saat Anda mencoba memuat ulang. Luangkan waktu untuk berbaris tembakan dan pop satu atau dua ke wajah musuh, bagaimanapun, dan dia akan terbanting ke tanah dalam hitungan detik. Gim ini juga memberikan perasaan berbeda tentang peningkatan kekuatan pribadi saat Anda mengumpulkan baju besi, senjata, dan artefak yang lebih baik. Saat meninjau kembali beberapa zona awal, Anda akan dapat benar-benar mencabik-cabik lawan yang sebelumnya merupakan tugas yang harus dilakukan, seperti di banyak RPG.

AI musuh meningkatkan hiburan yang diperoleh dari baku tembak, jika berfungsi dengan baik. Musuh tetap bergerak setelah menyadari kehadiran Anda, sering kali beralih di antara titik perlindungan dan terkadang mengapit posisi Anda. Sebagian besar, Anda akan menemukan bahwa penghuni humanoid The Zone bukanlah tipe yang menyerang secara membabi buta, dan umumnya menolak dorongan AI yang terlalu umum untuk mengejar melalui pintu dan menemukan kematian di mulut laras senapan Anda yang menunggu.

Saat petualangan kami berlanjut, sayangnya kami mengalami banyak kejadian di mana AI jelas-jelas kacau. Dalam permainan yang luas seperti ini, bug AI memang diharapkan, tetapi itu terjadi dengan keteraturan yang meningkat di STALKER Misalnya, Anda akan menyaksikan musuh melakukan rutinitas pengisian sudut tanpa henti klasik, mencoba menembak menembus dinding, atau menjadi sangat bingung dan diam selama pertempuran. Ketika keanehan ini terjadi, selain beberapa bug pemecah pencarian dan ketidakkonsistenan lainnya, hal itu mengurangi rasa imersi STALKER yang kuat.

Kelemahan teknis ini sebagian besar dikompensasi dengan intangible persuasif, khususnya suasana hati. Grafiknya, meskipun kuno di beberapa tempat, menyatu menjadi campuran ketidaktahuan yang menakjubkan. Sangat jarang kita melihat game memancarkan mistik yang menjijikkan namun mempesona seperti judul GSC. Matahari terbit yang sangat realistis, badai hujan, dan pertempuran NPC yang terjadi di luar lingkup keterlibatan pemain menghasilkan kekompakan atmosfer yang melumpuhkan. Perhatian terhadap detail di semua lanskap kota dan lapangan game memicu rasa keakraban yang halus, bahkan saat menyerang Anda dengan alien sepenuhnya. Gim ini dengan cekatan meluncur dari kepekaan fiksi ilmiah pasca-apokaliptik ke horor bertahan hidup yang mendebarkan, membuat Anda terus-menerus dalam keadaan ragu-ragu. Dengan karakter lingkungan yang begitu kuat, STALKER terlalu buruk tidak memiliki karakter NPC persuasif. Bahkan Sidorovich, salah satu kepribadian terkuat dalam game, sangat cocok dengan cetakan stereotip.

Suara STALKER cukup bagus, terutama melolong nyaring yang nyaring melayang melintasi The Zone dan teriakan mengejutkan dari berbagai mutan. Suara senjata melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk membenamkan Anda di lingkungan, secara efektif menyampaikan rasa kekuatan senjata api. Anda juga akan menemukan tambahan yang tidak terduga, terutama jumlah riff gitar yang mengejutkan yang dipicu saat NPC memutuskan untuk memarkir diri di depan tong yang menyala dan mulai memetik. Tampaknya ada sejumlah besar akting suara dalam game, tetapi sayangnya kami tidak dapat memahami sebagian besar karena sebagian besar komentar NPC tidak diucapkan dalam bahasa Inggris.

Jika Anda memutuskan untuk online, deathmatch multipemain, deathmatch tim, dan tangkap mode tipe bendera yang disebut Artifact Hunt tersedia. Sebelum menuju ke setiap pertandingan, yang berlangsung di peta berdasarkan area permainan pemain tunggal, Anda diberi banyak pilihan persenjataan, baju besi, dan barang untuk dibawa. Seperti di Counter-Strike, membunuh jaring memberi Anda uang tunai yang kemudian dapat Anda gunakan untuk membeli senjata yang lebih kuat di lain waktu. Dalam deathmatch dan team deathmatch, peringkat Anda akan naik saat Anda memusnahkan lebih banyak lawan, membuka persenjataan yang lebih mematikan dan baju besi pelindung. Meskipun Anda tidak akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di sini, ini tetap merupakan pengalihan yang menghibur dari pemain tunggal, dan tentunya menambah daya tarik game ini.

Jadi kekuatan perangkat keras seperti apa yang Anda perlukan untuk menjalankan benda ini? Ini mungkin tidak memamerkan semua efek grafis terbaru, tetapi game ini agak menuntut. Meskipun ini bukan rig lini teratas, sistem Pentium 4 3,4 GHz, RAM 2 GB, dan Radeon X1900 512 MB kami mengalami masalah pada pengaturan maksimum. Gim ini juga cenderung gagap cukup sering, terkadang berhenti selama tiga atau empat detik secara berkala, yang terjadi pada dua rig Windows XP yang berbeda dengan kualitas visual maksimum. Meskipun itu bukan berita terbaik, STALKER memang mendukung resolusi layar lebar, yang seharusnya menyenangkan banyak orang.