quikstopme

Ulasan Game Silent Hill Shattered Memories

Temui Harry Mason. Dia menabrakkan mobilnya di tengah badai salju di pinggiran kota kecil bernama Silent Hill. Dia bingung — ingatannya rapuh, tetapi dia sangat menyadari bahwa gadis kecilnya tidak lagi berada di dalam kendaraan. Jadi dengan senter di tangan, dia menantang dingin, salju, dan teror yang tak terhindarkan saat dia mencarinya secara membabi buta. Ini adalah setup untuk Shattered Memories, yang bukan sebuah remake tapi re-imaginasi penuh dari game petualangan horor klasik Konami. Sementara penggemar waralaba yang setia akan menemukan beberapa elemen gameplay, karakter, dan alur cerita yang sudah dikenal, Climax Studiossekuel secara bersamaan dibedakan oleh beberapa mekanika dan konsep yang sama sekali baru yang mewakili penyimpangan yang berani dan menyegarkan dari konvensi yang dipegang teguh oleh beberapa orang puritan. Oleh karena itu, serangan balik tidak dapat dihindari, tetapi apakah Anda memilih untuk mendefinisikan pengalaman sebagai Silent Hill-esque atau tidak, itu tidak dapat disangkal dieksekusi dengan baik, atmosfer yang menakutkan dan kadang-kadang benar-benar dingin – secara harfiah, seperti yang akan saya jelaskan.

Shattered Memories adalah game petualangan yang penuh dengan tema-tema yang mengganggu, salah satunya adalah fakta bahwa kota ini terjebak dalam cengkeraman badai salju, sebagian besar penduduknya hilang, dan monster mengerikan secara berkala berteriak dari formasi es. Alur cerita yang mengerikan dan membingungkan dikelilingi oleh nilai-nilai produksi yang tinggi, dari model karakter mendetail yang tubuh dan wajahnya dianimasikan dengan lancar hingga akting suara yang kuat dan soundtrack yang murung dan dinamis oleh komposer seri Akira Yamaoka. Semuanya menyatu dengan meyakinkan dalam apa yang hanya bisa digambarkan sebagai pengalaman menonjol di Wii.

Mason mengontrol dengan sangat ketat dari orang ketiga dan senternya yang sangat diperlukan ditambatkan ke remote Wii . Mekanik balok adalah yang terbaik diimplementasikan dalam game apa pun yang pernah saya mainkan. Mengarahkan cahaya ke sana-sini sangat responsif dan memuaskan karena terlihat luar biasa. Sistem partikel yang kuat memungkinkan hujan salju lebat dan cahaya Anda akan menyinari serpihan individu saat tertiup angin. Sinar menerangi persimpangan es dan koridor gelap yang dijelajahi Harry dengan akurasi piksel sempurna yang menakjubkan, bahkan memancarkan dan memproyeksikan bayangan seperti hidup di dinding. Tidak hanya terlihat cantik, tetapi gadget merespons dengan sangat baik sehingga menyenangkan untuk digunakan meskipun tidak terpisahkan.

Sementara itu, dunia yang rimbun dan sepenuhnya imersif melengkapi mekanik senter yang moody. Anda akan percaya bahwa Silent Hill adalah kota yang nyata saat Harry melewati bar dan restoran yang dimodelkan sepenuhnya, kamar mandi dan kamar tidur, hotel dan mal, taman hiburan dan dermaga pemancingan, hutan dan lorong bawah tanah – setiap lokasi dirender dengan cermat dengan detail kecil seperti gambar berbingkai, poster, dan kertas dengan teks yang dapat dibaca dengan sempurna. Dalam upaya untuk menjaga penangguhan ketidakpercayaan, game ini hampir seluruhnya kosong dari hamparan teks. Sebaliknya, Anda hanya dapat membaca petunjuk di dunia karena resolusi teksturnya lebih dari cukup. Harry bahkan akan membuat catatan aural dan memberikan petunjuk saat Anda berinteraksi dengan lingkungan.

MONSTER DALAM GAME BEREVOLUSI, TETAPI DESAIN MEREKA TIDAK PERNAH COCOK DENGAN YANG ADA DI JUDUL SEBELUMNYA

quikstopme

Dunia yang luas sepenuhnya dialirkan dan oleh karena itu Anda tidak akan menemukan waktu muat yang terlalu tinggi, yang merupakan prestasi luar biasa. Kelemahan kecil dari ini, bagaimanapun, adalah bahwa Anda harus berurusan dengan kelambatan yang cepat, tetapi terlihat saat Harry menerobos pintu selama situasi intensif monster. Syukurlah, kejadian itu jarang terjadi dan pada akhirnya harga kecil yang harus dibayar untuk pembangunan kota terpencil yang terhubung dengan mulus.
Shattered Memories secara efektif mempertahankan suasana kegelisahan dan unsur kejutan. Dalam satu saat, Harry berjalan dengan susah payah melewati salju tebal dan di saat berikutnya Anda menemukan diri Anda duduk di kursi berlengan dan berinteraksi dengan seorang psikolog, yang menanyakan segala macam pertanyaan kotor tentang moralitas dan seksualitas Anda. Mulai saat ini, Silent Hill memprofilkan Anda. Setiap jawaban yang Anda berikan dan setiap gerakan yang Anda lakukan di dunia game dipertimbangkan dan pengalaman diubah berdasarkan balasan dan tindakan tersebut. Dan saat Anda maju, psikolog menyela petualangan Anda berulang kali dengan lebih banyak pertanyaan dan tes mental. Ini adalah konsep ambisius yang memengaruhi beberapa skenario menarik dan juga meningkatkan nilai replay. Karakter berubah dan berperilaku berbeda. Area yang dikunci dalam satu play-through dibuka di play-through berikutnya. Dunia itu sendiri dimodifikasi.
Konamitelah membuat banyak keributan tentang sistem profil dan kemungkinan tak terhitung yang terkait dengannya. Saya menganggapnya sebagai tambahan baru tetapi pada akhirnya sedikit mengecewakan karena banyak perubahan yang halus dan murni kosmetik. Misalnya, rona warna berbeda yang menyelimuti ruangan tertentu atau karakter yang pakaiannya berubah menjadi sesuatu yang lebih seksi, tergantung pada pilihan Anda. Merek dagang yang gelisah, monster manusia karet dari seri ini telah kembali dan evolusi kolektif mereka setidaknya sebagian terpaku pada mekanisme profil. Misalnya, musuh dapat memperoleh tambahan lingga berdasarkan keputusan Anda dan benar saja, beberapa perubahan fisik mereka sangat dramatis. Sayangnya, mutasi mereka tampaknya terbatas pada estetika karena mereka mempertahankan perilaku yang sama sepanjang pengalaman. tidak pernah menjadi lebih sulit atau bahkan mengubah rencana serangan mereka saat Anda maju. Dan penggemar Silent Hill pasti akan menemukan pemilihan monster yang tidak menarik dibandingkan dengan makhluk yang sangat aneh di beberapa game lainnya.

Yang dicatat, berdasarkan pilihan Anda, gim ini memiliki banyak akhiran dan ada beberapa perbedaan dramatis di sepanjang perjalanan Harry, termasuk seluruh jalur, karakter, dan pergeseran pohon dialog. Kebenaran ini jelas memperluas nilai replay untuk apa yang sebenarnya merupakan pengalaman singkat. Kenangan yang Hancur dapat diselesaikan dalam waktu sekitar lima atau enam jam, dan meskipun petualangan sampai akhir benar-benar menawan jika tidak mendebarkan, penutupan yang tiba-tiba mungkin membuat perasaan tidak terpenuhi, terutama jika Anda mengukur nilai permainan berdasarkan durasinya. Meskipun demikian, saya berpikir bahwa permainan enam jam yang melibatkan tanpa henti lebih baik daripada permainan 12 jam dengan beberapa momen yang membosankan, jadi saya puas dengan kejar-kejaran pertama Wii di Silent Hill.

Baca Juga:  Celeste: Menaklukkan Gunung dalam Petualangan Platformer yang Emosional dan Menantang

GIM INI MEMPROFILKAN ANDA DAN MENGAWASI SETIAP GERAKAN ANDA. JIKA ANDA MEMILIKI KECENDERUNGAN UNTUK TEMA SEKSUAL, POLISI YANG ANDA TEMUI MUNGKIN LEBIH MENGGAIRAHKAN

Saya menyadari bahwa beberapa orang yang keras kepala akan mencemooh anggapan bahwa Shattered Memories menawarkan pengalaman Silent Hill yang sebenarnya dan saya pasti dapat memahami sudut pandang itu, bahkan jika saya tidak setuju dengannya. Game ini untuk acara Silent Hill sebelumnya seperti Resident Evil 4 untuk seri survival horror Capcom. Keberangkatan dan entitasnya sendiri. Beberapa puritan harus melupakan fakta itu dan melanjutkan karena ada banyak hal yang disukai tentang judul ini dan beberapa pilihan desain berani yang dibuat Climax, banyak di antaranya meningkatkan ketegangan.
Mason memiliki alat, termasuk senter dan ponselnya, yang terakhir dikaitkan dengan beberapa teka-teki asli. Seringkali karakter perlu menghubungi nomor telepon untuk memicu urutan untuk maju dan menemukan nomor tersebut adalah tugas yang terkadang disematkan dalam teka-teki yang menyenangkan. Tapi dia tidak pernah mendapatkan akses ke senjata apa pun. Saat dunia membeku, karakter tidak memiliki pertahanan nyata melawan monster yang masuk — yang bisa dia lakukan hanyalah lari. Ini adalah mekanik baru yang bahkan tidak bisa dipahami oleh beberapa gamer. Dengan serius. Setiap kali saya menjelaskan konsep tersebut kepada pemain berpengalaman, mereka berulang kali mempertanyakan apakah itu adalah sesuatu yang bertahan sepanjang pengalaman. Ya. Harry tidak pernah melawan balik. Dia berlari untuk hidupnya. Dan tahukah Anda? Ini menakutkan.

HARRY TIDAK PUNYA SENJATA, YANG BENAR-BENAR MENAKUTKAN. DIA MEMANG MEMBAWA PONSEL YANG BERGUN

Berlari dengan panik dari pintu ke pintu dengan monster gila yang berteriak di belakangnya benar-benar menakutkan, terutama karena makhluk itu cepat dan cukup pintar. Mereka akan membuntuti Anda melalui pintu, melewati celah, di bawah ruang merangkak, dan bahkan loker terbuka yang mungkin Anda sembunyikan. Masalah dengan sistem bukanlah karena tidak ada senjata, melainkan urutan lari yang menegangkan ini diselingi sepanjang permainan dan dapat diprediksi. Saat dunia bersinar sedingin es, Anda tahu monster akan datang, ini sangat menakutkan, dan Anda mungkin akan panik saat tersandung ke titik aman. Namun, begitu es menghilang, begitu pula rasa bahaya karena Anda tahu monster telah mundur untuk sementara dan ada ancaman nyata dengan mereka. Menjelajahi kota gelap dengan senter Anda tetap moody dan seringkali menakutkan, tentu saja, tetapi detak jantung Anda sepertinya tidak akan bertambah cepat. Tidak tahu kapan atau di mana makhluk itu akan muncul selanjutnya akan terbukti jauh lebih menakutkan dan akibatnya setiap ruangan gelap baru akan memiliki potensi bahaya — kesempatan yang terlewatkan oleh Climax.
Bahkan jika ada keuntungan dan kerugian dari urutan tanpa senjata, saya harus memberikan penghargaan penuh kepada pengembang karena berani mencoba sesuatu yang baru tanpa malu-malu. Hal yang sama dapat dikatakan untuk banyak penawaran gameplay unik yang terkandung dalam judulnya. Saat Mason melanjutkan petualangannya, dia dapat berinteraksi dengan bagian dalam kendaraan yang bergerak, berguling-guling di kursi roda, berenang jauh, dan bahkan ada beberapa skenario di mana dia jatuh ke jurang hitam yang besar. Ini bukan cut-scene, tapi situasi gameplay yang cerdas. Dia dapat menurunkan jendela, membuka kunci pintu, dan bermain-main dengan tombol di dalam mobil. Gerakan renangnya terkait dengan gerakan pada remote Wii dan nunchuk — dan rasanya menyenangkan. Dan ketika dia tampaknya jatuh selamanya ke dalam kegelapan, Anda dapat melihat-lihat dan menyorotkan senter Anda ke gedung-gedung es yang jompo saat meluncur ke atas dengan remote Wii Anda. Beberapa kali saya menemukan diri saya kagum dengan keragaman dan interaktivitasnya.
Situasi permainan yang tidak biasa ini dikemas dalam narasi yang sama segarnya dan pengembang tidak takut untuk memanfaatkan kilas balik dan bahkan melemparkan Anda ke dalam tantangan yang mengubah dunia yang tampaknya tidak masuk akal. Harry mengobrol dengan karakter, pergi ke kamar mandi dan kembali untuk menemukannya benar-benar berbeda — rambut, wajah, dan pakaian baru, belum lagi sikap. Anda tidak tahu mengapa. Dan ketika dia membuka pintu kamar tidur di apartemennya dan dunia berubah menjadi sarang bawah tanah lengkap dengan tangga yang turun selamanya ke bawah, Anda juga tidak akan tahu mengapa. Karena itu Anda tidak akan pernah merasa sepenuhnya nyaman, yang tidak diragukan lagi merupakan hasil yang diinginkan.

Kesimpulan

Shattered Memories bukanlah game Silent Hill khas Anda. Beberapa penggemar setia pasti akan membuat keributan atas setiap perbedaan apakah halus atau besar, tapi saya percaya imajinasi ulang ini berhasil baik sebagai sekuel maupun keberangkatan. Narasi, karakter, dan monster yang menyeluruh semuanya akan tampak agak akrab bagi para puritan Silent Hill, tetapi Climax telah mengambil seri ini dan menjalankannya, membuat judul yang menyegarkan berbeda namun terkadang masih menakutkan.

Gim ini terlihat luar biasa, kontrolnya terasa dibuat khusus untuk Wii, mekanik senternya memukau dan berguna, dan keputusan untuk menghilangkan senjata menghasilkan urutan pengejaran yang mengerikan. Ada banyak hal yang disukai tentang Shattered Memories, itulah sebabnya sangat mudah untuk merekomendasikan judul ini meskipun ada beberapa kekurangan.

Saya merasa bahwa pemisahan antara eksplorasi yang aman dan skenario monster yang membingungkan dan lari-untuk-hidup Anda terlalu transparan dan akibatnya Anda pasti akan takut pada es dan beberapa hal lainnya. Dan terlepas dari sistem profil psikis unik yang memungkinkan banyak akhiran dan berbagai perubahan sepanjang petualangan, gim ini berjalan agak pendek – mungkin terlalu pendek untuk beberapa orang.

Meski begitu, ada beberapa momen luar biasa yang dikemas dalam perjalanan es Harry dan Anda akan kagum sekaligus takut saat akhirnya mengungkap kebenaran tentang hilangnya putrinya dan kejadian mengerikan di kota menyeramkan.