quikstopme

Ulasan Game Ultimate Ghosts ‘n Goblins

Ultimate Ghosts ‘N Goblins , penghormatan 3D untuk franchise abad pertengahan klasik Capcom, adalah jenis game retro yang pasti akan membuat penggemar tergila-gila. Mengapa? Karena itu melakukan dua hal dengan sangat baik: 1.) Ini berhasil menangkap semangat seri yang membantu membuat Capcom menjadi nama rumah tangga di tahun 1980-an, dan 2.) Dibutuhkan desain gameplay yang kuno dan memperbaruinya dengan grafis yang fantastis, aksesibilitas mudah, dan beberapa tikungan baru. Dengan kata lain, Ghosts ‘N Goblins adalah sumber kesenangan jadul yang bagus.

Sekarang jika Anda belum pernah memainkan game Ghosts ‘N Goblin sebelumnya, sebenarnya tidak banyak yang bisa dikejar. Pemain berperan sebagai Arthur, seorang ksatria bercelana pendek yang menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk melihat-lihat lingkungan yang paling mengerikan dan dipenuhi monster di sisi tempat parkir mobil bekas ini. Di Ultimate GNG, penguasa baru dan misterius dari Alam Kegelapan telah menghancurkan kastil kerajaan dan menculik sang putri sehingga antek-anteknya dapat mencampurkan darah mereka dengan garis keturunannya yang agung. Bukan orang yang mendukung gagasan atap setan, Arthur memulai usahanya untuk menghancurkan penguasa jahat dan merebut kembali wanita yang dibajak itu.

Pencarian itu sendiri agak mudah, tetapi sebenarnya, itulah yang membuatnya menyenangkan. Seperti adaptasi arcade klasik lainnya seperti Gradius atau Pertarungan Terakhir, Ultimate Ghosts ‘N Goblins adalah tentang mendorong aksi ke depan terlebih dahulu dan yang terpenting adalah yang lainnya di urutan kedua. Tidak ada satu momen pun di GNG di mana pemain akan diam. Antara pertempuran tanpa akhir dengan berbagai antek permainan, bosnya yang mengesankan, lingkungan yang terus berubah, atau banyak tantangan platforming, selalu ada sesuatu untuk diatasi …. atau dengan kata lain, untuk bertahan hidup.

Tentu saja, banyak yang telah dibuat tentang betapa sulitnya Ultimate Ghosts ‘N Goblins untuk diselesaikan tetapi jika Anda berhasil bermain melalui ketangguhan lain seperti God of War atau Devil May Cry 3, itu tidak akan lebih sulit dari keduanya. Sebenarnya, hanya “Ultimate Mode” yang benar-benar akan menguji kesabaran Anda karena dua pengaturan lainnya, Pemula dan Standar, jauh lebih seimbang dan dapat diselesaikan dengan keterampilan rata-rata dalam waktu sekitar empat hingga delapan jam. Apa yang saya sangat hargai tentang keseimbangan semacam ini adalah bahwa tiga level tantangan bukan hanya masalah “menambahkan musuh di sini” atau “melempar lebih sedikit power-up di sana” – perbedaan mode lebih dihormati daripada itu .

Ambil Mode Pemula, misalnya. Saat bermain melalui itu, pengguna memulai permainan dengan lebih banyak nyawa tetapi juga terlempar ke belakang dalam jarak yang lebih pendek saat diserang. Selain itu, senjata bertenaga juga akan mempertahankan kekuatan ekstra mereka saat pemain kembali hidup. Namun, saat bermain melalui Mode Standar, pengguna hanya akan memulai permainan dengan dua nyawa sebelum harus melanjutkan lagi tanpa manfaat Pemula yang disebutkan di atas. Namun, jika Anda memiliki cukup nyali untuk bermain melalui Mode Ultimate, di situlah masalahnya benar-benar terjadi — karena semua armor Anda akan hancur setelah hanya satu pukulan dan jika Anda mati, Anda tidak akan respawn dari saat Anda mati… Anda respawn di awal stage.

Namun, satu area di mana keterampilan Anda akan diuji terlepas dari pengaturan Anda adalah dengan kontrol itu sendiri. Selalu menjadi poin penting dalam serial ini, kemampuan melompat Arthur dan gerakan maju yang agak kaku juga masih menjadi masalah di Ultimate Ghosts ‘N Goblins. Setelah bertahun-tahun terpapar dengan game aksi lainnya, Anda akan berpikir Capcom akhirnya ingin memperbaiki gerakan robotik dari pahlawannya yang mengenakan baju besi, tetapi ternyata tidak. Saya tidak yakin apakah ini keluar dari nostalgia atau apakah itu metode mudah untuk membuat permainan menjadi lebih sulit, tetapi bagaimanapun juga, itu pasti akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri bagi mereka yang terbiasa memiliki kontrol yang lebih baik atas karakter di layar mereka.

Baca Juga:  Ulasan Game Patapon 3

quikstopme

Tetapi hanya karena Capcom belum memperbaiki kontrol Ghosts ‘N Goblins setelah bertahun-tahun, itu tidak berarti bahwa perusahaan tersebut tidak menambahkan manfaat di area lain. Repertoar gerakan Arthur, misalnya, sedalam yang pernah ada. Seiring kemajuan pemain, mereka akan dapat melakukan segala macam manuver berbeda yang belum pernah dilihat seri ini sebelumnya, seperti berlari ke depan untuk menghindari serangan musuh yang tiba-tiba atau meraih ujung tepian agar tidak jatuh ke dalam lubang. Kemampuan baru lainnya, seperti opsi drop down atau memanjat dari posisi menggantung, mengeluarkan perisai untuk melindungi diri, atau bahkan melompat ke udara untuk melayang sesaat juga telah disertakan.

Selain jurus-jurus barunya, Arthur juga mendapat manfaat dari beberapa item, baju besi, dan senjata baru yang bisa dia gunakan juga. Tentu, favorit lama seperti belati dan tombak telah kembali seperti yang diharapkan, tetapi beberapa senjata paling keren adalah yang baru. Boomerang Scythe, misalnya, adalah favorit pribadi dengan kerusakan tinggi yang tidak hanya membunuh benda-benda dalam busur yang cepat dan menghancurkan, tetapi juga dapat mengambil benda-benda yang menghalangi. The Scatter Crossbow, Shallow Blade, dan Fire Bottle yang ditingkatkan juga merupakan tambahan yang bagus, tetapi inklusi Grand Lance dan Vine Whip bisa menggunakan sedikit penyesuaian tambahan.

Namun, yang tidak memerlukan penyesuaian adalah desain panggung. Terinspirasi berat oleh judul Ghosts ‘N Goblins sebelumnya, level yang ditemukan di Ultimate GNG benar-benar unik dan menghadirkan sesuatu yang berbeda di setiap permainan. Sementara tahapan yang lebih tradisional mungkin mengharuskan Anda untuk bergerak maju dan melenyapkan beberapa lusin monster, yang lain akan membanggakan platform yang menghilang atau serangkaian jebakan mematikan. Disela-sela tahapan, pemain juga akan menemukan sejumlah mini-bos, sub-bos, bos ultra, dan barang-barang tersembunyi untuk membuat semuanya tetap menarik. Faktanya, GNG memiliki beberapa pertarungan bos terbaik tahun ini – meskipun tidak terlalu strategis secara desain, itu sederhana dan menyenangkan (dan secara mengejutkan megah untuk judul genggam).

Bicara soal muluk, nilai produksi Ultimate Ghosts ‘N Goblins memang luar biasa. Menu yang mudah dinavigasi, waktu muat secepat kilat, dan salah satu contoh terbaik 2.5D yang pernah saya lihat dalam waktu yang sangat lama hanyalah beberapa alasan mengapa game ini membawa begitu banyak panas. Nyatanya, saya menentang siapa pun untuk tidak terkagum-kagum dengan tampilan GNG saat pertama kali melihat tingkat detail dan gaya seninya yang kuat. Tentu animasi atau framerate-nya mungkin bukan yang teratas, tetapi mereka masih berada di atas sebagian besar judul PSP yang dirilis sejauh ini.

Kesimpulan

Ultimate Ghosts ‘N Goblins mungkin bukan judul yang sangat orisinal (atau judul dengan kontrol yang sangat responsif), tetapi ini masih merupakan barang pameran yang bagus untuk sistem genggam Sony. Senjata dan kemampuan yang telah lama tertunda yang diperoleh Arthur untuk angsuran ini hanyalah permulaan – karena visual permainan yang benar-benar luar biasa, pengaturan kesulitan yang cerdas, dan platform aksi yang solid membuat satu hari yang menyenangkan (meskipun berumur pendek) di kuburan. Jangan lupa tentang opsi penyimpanan portabel yang kuat, banyak barang tersembunyi, atau soundtrack remix yang mematikan juga.