quikstopme

Ulasan Game Dragon Age: Origins

Kapan terakhir kali Anda merasa benar-benar tersesat di dunia game fantasi? Kapan terakhir kali Anda memainkan game dengan cerita yang dibuat dengan sangat baik dan menyenangkan sehingga Anda tahu akan mengingatnya untuk waktu yang sangat lama? Dragon Age: Origins adalah permainan semacam itu, begitu kaya dan melibatkan sehingga Anda tidak berdaya untuk melawan tipu muslihat dan keinginannya, begitu menyentuh dan penuh kemenangan sehingga pikiran dan hati Anda akan tergerak. Di tanah fiksi Ferelden, Anda bertemu dengan karakter yang berkesan dan berjuang untuk tujuan yang Anda yakini, dan latar belakang inilah yang membuat game role-playing terbaru dari pengembang BioWare begitu luar biasa. Namun, Dragon Age lebih dari sekadar cerita yang dibuat dengan baik: Ini adalah petualangan yang panjang, rumit, dan benar-benar menghibur yang mudah membuat Anda jatuh cinta.

Plot Dragon Age, yang berurusan dengan invasi yang akan datang dari segerombolan makhluk iblis yang disebut darkspawn, bukanlah letak kejutan terbesar cerita itu. Kejutan, kegembiraan, dan kekecewaan muncul dari jawaban di antara sejumlah karakter yang luar biasa; mereka mengintai di dalam buku pengetahuan dan kisah para martir; dan mereka meledak pada saat-saat yang menggelitik ketika Anda harus memilih dari pilihan sulit yang memengaruhi arah cerita — dan cara rekan Anda berinteraksi dengan Anda. Ferelden adalah kerajaan yang penuh warna dan memesona yang mengambil cukup isyarat dari kiasan fantasi terkenal untuk menjadi akrab, tetapi membengkokkan konvensi yang cukup untuk terasa orisinal. Dragon Age menampilkan para kurcaci, tetapi masyarakat mereka yang berbasis kasta dan paragon sosial yang muncul di atasnya cukup memutarbalikkan norma untuk membuat Anda penasaran. Penyihir tetap berada di bawah pengawasan para templar, sebuah batasan yang tidak cocok dengan mereka yang memandang kepolisian seperti perbudakan virtual. Peran agama di lingkungan manusia mendapat perhatian khusus. Chantries memberikan perlindungan bagi mereka yang menyembah Pencipta yang maha kuasa, dan pelantun melantunkan kata suci di dekat rumah doa mereka. Tapi jangan sampai dunia ini terdengar terlalu serius, jangan putus asa: Salah satu murid tersebut memasukkan referensi makanan ke dalam nyanyiannya, dan beberapa kurcaci memperingatkan Anda untuk tidak jatuh ke langit. Sentuhan kecil dan lucu seperti ini sangat banyak. Bahkan jika Anda bukan tipe sastra, Zaman Naga dapat menginspirasi Anda untuk membaca setiap catatan, setiap biografi karakter, dan setiap deskripsi makhluk, berkat kekayaan dunia dan konsistensi yang disajikan. tidak cocok dengan mereka yang memandang kepolisian seperti perbudakan virtual. Peran agama di lingkungan manusia mendapat perhatian khusus. Chantries memberikan perlindungan bagi mereka yang menyembah Pencipta yang maha kuasa, dan pelantun melantunkan kata suci di dekat rumah doa mereka. Tapi jangan sampai dunia ini terdengar terlalu serius, jangan putus asa: Salah satu murid tersebut memasukkan referensi makanan ke dalam nyanyiannya, dan beberapa kurcaci memperingatkan Anda untuk tidak jatuh ke langit. Sentuhan kecil dan lucu seperti ini sangat banyak. Bahkan jika Anda bukan tipe sastra, Zaman Naga dapat menginspirasi Anda untuk membaca setiap catatan, setiap biografi karakter, dan setiap deskripsi makhluk, berkat kekayaan dunia dan konsistensi yang disajikan. tidak cocok dengan mereka yang memandang kepolisian seperti perbudakan virtual.

quikstopme

Peran agama di lingkungan manusia mendapat perhatian khusus. Chantries memberikan perlindungan bagi mereka yang menyembah Pencipta yang maha kuasa, dan pelantun melantunkan kata suci di dekat rumah doa mereka. Tapi jangan sampai dunia ini terdengar terlalu serius, jangan putus asa: Salah satu murid tersebut memasukkan referensi makanan ke dalam nyanyiannya, dan beberapa kurcaci memperingatkan Anda untuk tidak jatuh ke langit. Sentuhan kecil dan lucu seperti ini sangat banyak. Bahkan jika Anda bukan tipe sastra, Zaman Naga dapat menginspirasi Anda untuk membaca setiap catatan, setiap biografi karakter, dan setiap deskripsi makhluk, berkat kekayaan dunia dan konsistensi yang disajikan. Chantries memberikan perlindungan bagi mereka yang menyembah Pencipta yang maha kuasa, dan pelantun melantunkan kata suci di dekat rumah doa mereka. Tapi jangan sampai dunia ini terdengar terlalu serius, jangan putus asa: Salah satu murid tersebut memasukkan referensi makanan ke dalam nyanyiannya, dan beberapa kurcaci memperingatkan Anda untuk tidak jatuh ke langit. Sentuhan kecil dan lucu seperti ini sangat banyak. Bahkan jika Anda bukan tipe sastra, Zaman Naga dapat menginspirasi Anda untuk membaca setiap catatan, setiap biografi karakter, dan setiap deskripsi makhluk, berkat kekayaan dunia dan konsistensi yang disajikan. Chantries memberikan perlindungan bagi mereka yang menyembah Pencipta yang maha kuasa, dan pelantun melantunkan kata suci di dekat rumah doa mereka. Tapi jangan sampai dunia ini terdengar terlalu serius, jangan putus asa: Salah satu murid tersebut memasukkan referensi makanan ke dalam nyanyiannya, dan beberapa kurcaci memperingatkan Anda untuk tidak jatuh ke langit. Sentuhan kecil dan lucu seperti ini sangat banyak. Bahkan jika Anda bukan tipe sastra, Zaman Naga dapat menginspirasi Anda untuk membaca setiap catatan, setiap biografi karakter, dan setiap deskripsi makhluk, berkat kekayaan dunia dan konsistensi yang disajikan.

Anda akan belajar lebih banyak lagi dari rekan-rekan yang bergabung dengan Anda, dan Anda akan semakin peduli pada mereka dalam upaya Anda meraih kejayaan. Ada Morrigan, penyihir murtad sinis yang terikat pada tujuan Anda karena alasan yang menjadi jelas di akhir perjalanan; Sten, tipe pendiam yang kuat yang tidak begitu cepat mengungkapkan pikiran terdalamnya; dan Zevran, seorang calon pembunuh yang sangat nakal dengan pukulan liar dan pengabaian hukum yang main-main. Ada yang lain juga, termasuk Alistair, anggota Grey Wardens yang cerdik dan tidak aman, sekelompok juara elit yang merekrut Anda sejak dini. Dialog yang hebat dan akting suara yang fantastis membuat karakter ini melompat dari layar seolah-olah mereka adalah teman sejati, dan cara mereka berinteraksi satu sama lain terasa otentik. Morrigan dan Alistair mengolok-olok peran templar dalam kehidupan para penyihir, dan Leliana yang saleh dan manis mencoba berkomunikasi dengan kelompok anjing tepercaya Anda dalam beberapa percakapan yang lucu. Anda bahkan dapat mengembangkan romansa (atau dua) sebelum semua dikatakan dan dilakukan. Perjalanan cinta tidak selalu mulus, meski bisa sedikit beruap, dengan cara PG-13.

Hubungan harus dipelihara; di dunia Zaman Naga, cinta tidak berkembang pada pandangan pertama. Sebaliknya, Anda harus meningkatkan posisi Anda dengan anggota partai yang tersedia dengan memberi mereka hadiah dan menyelesaikan misi dengan cara yang menyenangkan mereka. Melakukan hal itu membuka lebih banyak opsi dialog dan bahkan mungkin menghadiahi Anda dengan hadiah tak terduga di luar kesenangan pribadi tenda Anda. Namun, hubungan pribadi Anda bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan saat menghadapi keputusan yang sulit. Pada pencarian yang signifikan, Anda akan menemukan pilihan rumit yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan risiko terhadap hadiah, bahkan saat Anda mencoba untuk tetap setia pada visi karakter Anda sendiri. Apakah manusia serigala pembunuh tak berperasaan, atau adakah metode untuk kegilaan mereka? Jika Anda dengan sepenuh hati merangkul seorang kandidat politik, atau akankah beberapa informasi tak terduga membuat Anda bermain agen ganda – atau hanya membunuh lawan? Pencarian tanpa akhir seperti itu telah menjadi kebutuhan pokok di banyak RPG serupa, tetapi hanya sedikit yang membuat keputusan ini terasa begitu penting. Kecemasan yang muncul saat Anda menghadapi pilihan penting adalah hasil dari penulisan dan pengembangan karakter yang luar biasa: Saat Anda peduli dengan takdir Anda, keputusan menjadi lebih berbobot.

Bahkan momen awal Dragon Age menghadirkan keputusan penting yang memengaruhi bagaimana petualangan Anda berlangsung. Anda akan menyesuaikan tampilan avatar Anda sendiri dari berbagai prasetel, tetapi yang lebih penting, Anda akan memilih ras dan kelas. Pilihannya mungkin tampak terbatas pada awalnya, tetapi pilihan Anda akhirnya berkembang. Nanti, Anda dapat memilih hingga dua subkelas setelah Anda mencapai persyaratan level yang diperlukan, dan ada beberapa cara berbeda untuk membuka pohon keterampilan tambahan. Pilihan ras dan kelas awal Anda tidak hanya menentukan jenis keterampilan dan mantra yang akan Anda akses; mereka memengaruhi bagaimana beberapa jam pertama kemajuan game. Anda akan mengalami salah satu dari enam “cerita asal” berbeda yang mengikuti peristiwa yang membawa Anda ke Grey Wardens elit. Setiap cerita asal mengarah ke tempat yang sama, tetapi itu tidak berarti Anda meninggalkan acara ini untuk selamanya. Karakter yang Anda temui di awal akan bertemu lagi, dan momen penting dari kisah awal Anda akan terus menghantui Anda. Kisah asal yang bervariasi tidak hanya memberikan banyak nilai replay, tetapi memungkinkan Anda untuk melihat karakter yang sudah dikenal dari sudut yang berbeda. Seorang tahanan yang Anda temui di dalam penjara bawah tanah lembap mungkin tidak berdampak banyak pada Anda jika Anda bermain sebagai elf Dalish, tetapi jika Anda bermain sebagai penyihir manusia, pertemuan ini adalah reuni yang pahit.

Baca Juga:  Ulasan Game X-Men Origins – Wolverine

Namun, Anda bukan seorang petualang sendirian. Anda dapat membawa hingga tiga rekan bersama Anda, dan pada akhirnya Anda akan bertemu lebih banyak yang mau (atau tidak mau, tergantung kasusnya) pembunuh darkspawn. Anda dapat mengganti anggota partai kembali di kamp Anda atau di area ramah lainnya. Anggota kelompok yang tidak Anda gunakan akan tetap berada di kemah, meskipun untungnya mereka naik level bahkan saat Anda tidak mengajak mereka. Rekan-rekanmu bukan hanya kaki tangan yang dikendalikan AI; Anda dapat mengambil kendali penuh atas anggota partai mana pun kapan saja, meskipun cara Anda melakukannya bergantung pada platform. Pemilik PC mendapatkan pengalaman yang paling serbaguna dan bermanfaat dalam hal ini. Anda dapat memperbesar kamera ke tampilan orang ketiga saat menjelajah dan bercakap-cakap dengan karakter non-pemain, atau menarik kamera kembali ke tampilan taktis, yang membuatnya mudah untuk dengan cepat dan mudah mengatur mikro setiap mantra dan serangan, dalam tradisi Gerbang Baldur yang sebenarnya. Di konsol, Anda selalu melihat aksi dari belakang satu karakter, dan Anda menggunakan tombol bahu untuk beralih di antara mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mengalami desas-desus pertempuran, meskipun keanehan pencarian jalan sesekali lebih terlihat di versi konsol, hanya karena Anda mengalami aksi dari satu perspektif pada satu waktu, daripada saat mengelola empat karakter secara bersamaan.

Jika Anda pernah memainkan RPG fantasi BioWare di masa lalu, Anda akan merasa betah dengan sistem pertarungannya. Dengan mengklik target Anda atau menekan tombol serang, Anda tidak hanya mengayunkan pedang, tetapi Anda mendekati target Anda dan mengatur serangan Anda. Setelah pesta Anda mendapatkan akses ke sejumlah mantra, posisi, dan keterampilan yang bagus, medan perang meledak dengan warna-warna cerah dan efek suara parau, dan sangat menyenangkan untuk beralih antar anggota partai, mengelola kemampuan Anda, dan memanfaatkannya. berbagai combo mantra untuk melampiaskan malapetaka. Ada lusinan jenis musuh untuk diiris, dari laba-laba raksasa dan darkspawn, hingga hantu dan pohon berjalan, hingga setan dan, tentu saja, naga. Sekutu akan bergabung dengan Anda dalam pertempuran terbesar, dan yang terbaik dari ini, terutama yang menjelang akhir permainan, sangat mendebarkan. Di PC, mereka sangat menantang, dan banyak pertempuran mendapat manfaat dari seringnya jeda dan pemikiran taktis, sehingga Anda dapat mengantri serangan ke seluruh kelompok Anda. Pertarungan yang sama di konsol terasa lebih mudah.

Namun demikian, versi Xbox 360 dan PlayStation 3 memiliki tantangannya masing-masing, dan apa pun platform yang Anda pilih, Anda dapat menyesuaikan perilaku AI kelompok Anda agar lebih efektif dalam pertempuran. Dengan menggunakan menu taktik, Anda dapat mengatur karakter untuk meminum ramuan saat kesehatannya menurun; minta Morrigan merapalkan mantra pengontrol kerumunan yang membantu saat musuh berkumpul bersama; dan memprogram karakter yang lebih kuat untuk menarik kemarahan musuh ketika anggota partai yang lebih rentan diserang. Saat Anda naik level, Anda akan mendapatkan slot taktik tambahan, memungkinkan Anda menerapkan tindakan yang lebih rumit. Anda juga dapat menerapkan perilaku dasar ke anggota tim Anda, menjadikannya lebih agresif atau defensif, dan Anda dapat mengubahnya dengan cepat jika taktik kustom eksperimental tidak berfungsi seperti yang Anda inginkan.

Semua elemen ini menyatu dengan luar biasa, menjadikan petualangan yang tak terlupakan dan mengasyikkan yang membuat Anda terus bergerak. Alur jarahan dan laju leveling keduanya sangat memuaskan, dan karena Anda memiliki empat karakter aktif untuk dipertimbangkan (selain yang lain di kamp), Anda menghabiskan banyak waktu untuk meneliti pilihan baju besi dan senjata. Temponya bahkan lebih cepat daripada game Dungeons & Dragons sebelumnya Zaman Naga, berkat penyesuaian penting yang meminimalkan waktu henti. Misalnya, Anda tidak perlu istirahat di antara pertemuan untuk memulihkan kesehatan dan mengisi ulang mantra Anda. Sebaliknya, kesehatan dan stamina diisi kembali dengan cepat setelah pertempuran berakhir, memungkinkan Anda untuk merangkai pertemuan tanpa jeda yang tidak diinginkan di antaranya. Jika anggota party jatuh saat pertempuran, dia akan dihidupkan kembali setelah pertempuran berakhir, meskipun dengan penalti stat diterapkan (meskipun bisa disembuhkan dengan kit cedera). Faktor-faktor ini, dan lebih banyak lagi, memberi Dragon Age arah yang sangat baik ke depan.

Semua mantra, taktik, dan keterampilan terdengar seperti banyak hal untuk diatur, tetapi antarmuka berfungsi dengan baik untuk membantu Anda melacak berbagai hal. Antarmuka PC sangat brilian, memungkinkan Anda menelusuri inventaris dan menyesuaikan bilah cepat dengan cepat dan mudah. Versi konsol melakukan pekerjaan yang luar biasa juga, membuatnya mudah untuk memilah-milah pencarian Anda, dan untuk mengantri tindakan saat pertempuran dijeda. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk mengidentifikasi item inventaris sebagai sampah dan menjual semuanya dengan menekan satu tombol setelah Anda kembali ke kota. Namun, ada beberapa gangguan antarmuka khusus konsol yang mungkin lebih bersih. Misalnya, mengidentifikasi entri codex baru (yaitu, pengetahuan) dapat menyusahkan, karena daftar tidak bergulir ke bawah hingga kursor sorotan Anda mencapai bagian bawah jendela. Sebagai akibat, Anda tidak selalu dapat membedakan entri baru dari yang lama, yang merupakan masalah yang tidak mengganggu antarmuka PC yang fantastis. Menu radial konsol, di sisi lain, adalah cara terbaik untuk memungkinkan Anda mengakses setiap keterampilan pertempuran, dan berfungsi seperti antarmuka serupa di Mass Effect – meskipun dengan beberapa lapisan lagi.

Perbedaan antar versi tidak terbatas pada antarmuka. Dragon Age tidak terlihat luar biasa di PC, tapi tetap saja ini adalah game yang menarik. Memperbesar dari tampilan isometrik ke sudut pandang orang ketiga sangat apik, dan meskipun lingkungan tidak bertahan dengan baik saat dilihat dari dekat, mereka secara konsisten cantik jika dilihat dari atas. Di sisi lain, versi Xbox 360 terlihat sangat mengecewakan. Tekstur sangat terkompresi dan warna terhapus, meskipun sisi baiknya adalah versi ini mempertahankan kecepatan bingkai yang lebih halus daripada di PlayStation 3, di mana hal-hal mungkin menjadi gelisah saat memutar kamera. Versi PlayStation 3 menampilkan tekstur berkualitas lebih tinggi daripada yang ada di Xbox 360, saturasi warna yang lebih baik, animasi wajah yang lebih halus, dan waktu muat yang lebih singkat. Cegukan visual kecil, seperti mayat yang menghilang dan muncul kembali, sedikit lebih umum di PS3. Versi PC adalah pengalaman yang unggul, tetapi jika Anda memilih di antara dua rilis konsol, PlayStation 3 lebih unggul. Namun, beberapa gangguan kecil terjadi di antara versi konsol, seperti kejadian langka saat soundtrack atau sulih suara menghilang. Kami juga mengalami beberapa kegagalan fungsi misi yang dapat direplikasi di ketiga platform, meskipun itu relatif kecil dan tidak mengganggu kemajuan misi utama. seperti kejadian langka ketika soundtrack atau sulih suara menghilang. Kami juga mengalami beberapa kegagalan fungsi misi yang dapat direplikasi di ketiga platform, meskipun itu relatif kecil dan tidak mengganggu kemajuan misi utama. seperti kejadian langka ketika soundtrack atau sulih suara menghilang. Kami juga mengalami beberapa kegagalan fungsi misi yang dapat direplikasi di ketiga platform, meskipun itu relatif kecil dan tidak mengganggu kemajuan misi utama.

Namun, apa pun versi yang Anda pilih, ada banyak detail audiovisual yang perlu diperhatikan. Dalam banyak hal, Dragon Age terlihat dan terdengar seperti game fantasi tinggi lainnya, tetapi meskipun menara, jalur hutan, dan gua bawah tanah adalah yang pernah Anda lihat sebelumnya, gaya seninya menarik, dan beberapa pemandangan, seperti bawah tanah kota kurcaci, sangat menarik perhatian. Model karakter tidak menunjukkan ekspresif tingkat Mass Effect, tetapi terlihat bagus dan dianimasikan dengan cukup lancar. Yang juga perlu diperhatikan adalah cipratan darah yang muncul pada anggota party Anda setelah pertempuran. Itu ide yang bagus, tetapi bercak-bercak itu terlihat seperti terciprat ke tubuh Anda dengan kuas. Namun, noda merah adalah sentuhan tematik yang keren, karena darah memainkan peran penting di Zaman Naga. Efek suara sangat baik,

Hanya sedikit game yang seambisius ini, dan bahkan lebih sedikit lagi yang dapat membentuk ambisi ini menjadi pengalaman yang begitu lengkap dan menghibur. Anda mungkin menghabiskan 50 jam atau lebih pada permainan pertama Anda, tetapi ada begitu banyak jalan untuk diikuti, begitu banyak detail untuk diungkap, dan begitu banyak cara untuk menyesuaikan pesta Anda sehingga Anda ingin bermain lagi segera setelah Anda selesai. pertama kali. Pemilik PC bahkan mendapatkan kedalaman ekstra melalui perangkat yang dapat diunduh, yang memungkinkan Anda membuat level, mantra, keterampilan, dan bahkan cutscene baru. Tapi bagaimanapun Anda mengirisnya, inilah RPG fantasi yang telah Anda tunggu-tunggu, yang akan membuat Anda terjaga hingga larut malam, dengan mata merah, karena Anda harus melihat apa yang terjadi selanjutnya. Seperti fiksi terbaik, Zaman Naga akan menyapu Anda di dunianya, sedemikian rupa sehingga ketika Anda selesai, Anda akan ingin mengalaminya lagi. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.