quikstopme

Ulasan Game Persona 3 Portable

Mudah-mudahan, Anda tidak perlu saya memberi tahu Anda bahwa Shin Megami Tensei: Persona 3 adalah game yang luar biasa. Maksud saya, IGN telah meninjau game tersebut dua kali sekarang – sekali sebagai game mandiri dan sekali lagi sebagai potongan sutradara yang dikenal sebagai FES – dan setiap kali sarannya sederhana: mainkan game ini. Kini, judul Shin Megami Tensei kembali hadir sebagai Persona 3 Portable, hybrid yang mengemas cerita Persona 3, penyempurnaan FES, dan karakter wanita baru milik PSP.

Ini adalah gado-gado yang mempertahankan apa yang berhasil sambil menghadapi keterbatasan PSP, tetapi itu masih merupakan permainan bintang yang harus dimainkan oleh orang-orang yang mencari RPG Jepang atau cerita keren.

Hal yang selalu membuat saya menjadi penggemar Persona 3 adalah ceritanya, dan sebagian besar tetap tidak tersentuh di sini. Anda adalah siswa pindahan di Jepang modern dan setelah tiba di rumah baru Anda, Anda menemukan bahwa ini bukan sekadar sekolah asrama. Setiap tengah malam, warga di sekitar Anda berubah menjadi peti mati dan sebuah menara yang dipenuhi makhluk jahat yang dikenal sebagai “Bayangan” muncul. Sekelompok orang terpilih memiliki kemampuan untuk tetap jernih selama “Jam Gelap” ini dan melawan Bayangan. Grup ini adalah Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES); mereka semua siswa, dan Anda salah satunya.

Yup, sepertinya Buffy the Vampire Slayer bertabrakan langsung dengan genre JRPG.

Kisah rad meluas ke beberapa gameplay rad. Di malam hari, Anda akan menuju ke Tartarus dengan anggota SEES dan melawan segala macam Bayangan — gumpalan hitam, monster terbang, dan seterusnya. Anda akan melawan mereka dengan pedang dan panah, tetapi jalan balas dendam utama Anda adalah Persona, representasi dari kepribadian anggota SEES. Ini adalah makhluk besar yang mengemas serangan khusus seperti gerakan api dan laser dan segala macam omong kosong gila. Mereka bagus, dan saat Anda bermain, Anda akan dapat menggabungkan Persona untuk membuat sekutu yang sangat kuat.

Saat Anda maju, karakter Anda dan Personanya naik level dari poin pengalaman yang Anda peroleh, Anda naik ke level Tartarus yang lebih tinggi dan lebih tinggi, dan musuh yang Anda hadapi semakin tangguh.

Namun, pertempuran ini hanya terjadi pada malam hari. Pada siang hari, Persona 3 bermain seperti game simulasi. Anda membawa karakter Anda ke sekolah, pergi ke kelas, bergabung dengan klub, dan pada dasarnya hidup seperti siswa sekolah menengah. Anda harus menjawab pertanyaan dalam kuliah dan mengingat jadwal kerja sambil menyeimbangkan waktu dengan teman-teman Anda. Semua keputusan ini berperan dalam statistik karakter Anda — pesona, akademisi, dan keberanian — dan memengaruhi cara dunia memandang Anda, tetapi masalah yang lebih besar adalah meluangkan waktu untuk teman-teman Anda.

Oh, Junpei tidak akan pernah belajar.
OH, JUNPEI TIDAK AKAN PERNAH BELAJAR.

quikstopme

Saat Anda berkenalan, Anda membangun “hubungan sosial”. Anda memperkuat tautan sosial ini dengan bergaul dan berinteraksi dengan orang yang Anda temui, dan pada gilirannya, hubungan tersebut membuat Persona Anda lebih kuat. Untuk menendang pantat di medan perang, Anda perlu memperhatikan kehidupan sosial Anda sebanyak yang Anda lakukan pada jenis peralatan yang Anda persenjatai untuk bermalam di Tartarus. Itu semua luar biasa – terutama karena Anda memilih apa yang Anda katakan dan dengan siapa Anda menghabiskan waktu. Jejaring sosial Anda sepenuhnya terdiri dari keputusan pribadi Anda.

Baca Juga:  Ulasan Game Age of Mythology

Semua itu bagus, tetapi Anda bisa menyimpulkannya dengan membaca dua ulasan Persona 3 sebelumnya. Apa kelebihan dan kekurangan versi PSP dari pemenang penghargaan ini? Yah, sebagian besar baik, jadi mari kita singkirkan yang buruk dulu. Cutscene anime yang indah dari game aslinya telah hilang. Alih-alih, ceritanya diceritakan melalui tangkapan layar statis dan sulih suara. Demikian pula, tidak ada lagi penjelajahan bebas orang ketiga. Anda masih dapat memilih ke mana Anda ingin pergi setelah sebagian besar kelas, tetapi sekarang Anda cukup memindahkan lingkaran ke objek yang dapat berinteraksi di layar. Anda tidak lagi memandu karakter Anda melalui aula Gekkoukan.

Kedua kerugian ini melukai pengalaman – tetapi tidak sampai melumpuhkannya. Kehilangan cutscene anime sangat mengecewakan karena mereka terlihat sangat bagus, tetapi ceritanya cukup mudah untuk diikuti dan saya menemukan diri saya terhubung dengan karakter hampir seperti ini. Hal yang sama berlaku untuk skema navigasi baru. Ini berhasil dan membuat Anda berkeliling, tetapi Anda kehilangan sebagian dari pencelupan yang datang dari pengembaraan Jepang. Game ini sudah berumur beberapa tahun, dan cacat ini membuatnya terasa seperti usianya.

Haruskah semua itu membuat Anda menjamin Persona 3 Portable? Tidak. Saya telah menyebutkan cerita yang solid dan pertempuran yang keren, tetapi Atlus telah memasukkan banyak hal lain di sini untuk membuat Persona 3 Portable terasa sesegar mungkin. Sebagai permulaan, Anda sekarang dapat mengontrol semua anggota grup Anda — tambahan selamat datang, izinkan saya memberi tahu Anda. Dulu ketika Anda dan saya memainkan Persona di PS2, kami harus mengandalkan AI untuk membuat pilihan yang tepat dalam pertempuran — siapa yang harus disembuhkan, Persona apa yang akan digunakan, dll. Sekarang, Anda dapat mengubah taktik di tengah pertempuran dan membuat pilihan-pilihan itu sendiri. Ini adalah tambahan luar biasa yang membuat sistem pertarungan Persona 3 Portable menjadi lebih baik.

Penambahan besar lainnya — setelah melewati opsi gim untuk memasang data ke stik memori Anda, dua pengaturan kesulitan barunya, dan sebagainya — adalah karakter baru: protagonis wanita. Jika Anda pernah memainkan Persona 3 sebelumnya, perubahan sudut pandang ini sangat menyegarkan karena dialog dengan karakter lain kini benar-benar berbeda. Ketegangan “apakah mereka atau bukan” antara protagonis laki-laki dan Yukari hilang, Anda menjadi pendek dengan Junpei memiliki konotasi yang berbeda, dan seterusnya.

Tidak ada lagi berkeliaran.
TIDAK ADA LAGI BERKELIARAN.

Ini adalah penyeimbang yang bagus untuk orang-orang yang telah membaca cerita utama, dan ini adalah cara yang luar biasa untuk memperpanjang waktu bermain Anda jika Anda memainkan Persona 3 untuk pertama kalinya — ada dua cerita untuk Anda nikmati.

Kesimpulan

Mudah-mudahan Anda tidak perlu saya memberi tahu Anda bahwa Persona 3 adalah cerita yang dibuat dengan baik yang diisi dengan orang-orang yang menarik, pertarungan keren, dan banyak hal yang harus dilakukan. Persona 3 PSP menyimpan semua itu dan menambahkan beberapa peningkatan pertempuran dan meningkatkan nilai replay. Sayangnya, Persona 3 PSP kehilangan sebagian polesan, karena gim ini membuang cutscene anime dan roaming gratis. Namun, inti dari permainan ini masih ada dan tetap mengagumkan. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.