quikstopme

Ulasan Game Shovel Knight

Industri game terikat pada pendulum yang tidak terlihat. Dalam beberapa tahun terakhir, pendulum itu secara nyata berayun ke arah apresiasi sekolah lama, dengan seni piksel, kesulitan yang melelahkan, dan ide-ide yang tampaknya kuno dibuat baru lagi. Shovel Knight Yacht Club adalah salah satu produk ayunan pendulum, meskipun tidak terlalu umum dengan permainan serupa. Ini bukan hanya konsep cash-in atau setengah matang yang dirancang untuk memanfaatkan zeitgeist. Itu tidak hanya terlihat bagiannya. Ini memainkan peran dengan ahli, menjadikannya mungkin game terinspirasi retro terbaik sejak Mega Man 9 dan 10.

 

Shovel Knight adalah penggabungan kaskade klasik NES yang cerdas, dibuat dengan baik, dan bijaksana. Gameplay, bos , dan desain levelnya terinspirasi oleh Mega Man. Peta dunianya yang menawan, dengan bagian kelilingnya, non-linearitas terbatas, dan segmen tertutup yang tidak nyaman akan dapat dikenali oleh siapa saja yang telah memainkan Mario 3. Pertarungannya mengandung sejumput Duck Tales yang signifikan. Kota pusat , inventaris, dan sistem uangnya – serta para pemeran NPC untuk berinteraksi – mewakili hibrida antara Zelda II dan Faxanadu, sementara sistem sub -senjatanya adalah syair untuk Castlevania dan Ninja Gaiden. Keindahan sesungguhnya dari Shovel Knight bukanlah bahwa itu adalah surat cinta dengan kata-kata yang jelas untuk era NES yang bertingkat; itu hanya menarik inspirasi dari yang luar biasagame NES.

Kemudian lagi, apa yang membuat Shovel Knight benar-benar menonjol adalah meskipun silsilahnya jelas, ia tetap merupakan gimnya sendiri dengan kepribadian, gaya seni, soundtrack , dan plotnya sendiri yang berbeda. Itu bukan penipuan yang mencolok. Itu tidak mengulang jalur identik yang sudah dipakai oleh apa yang mengilhaminya. Itu hanya diinformasikan oleh apa yang membuat karya klasik lama itu berdetak, dengan kemauan untuk mengambil dan menggunakan apa yang berhasil. Itu didukung oleh kecintaan pada apa yang dulu, namun itu bukan sekadar Mega Man, Mario, atau Castlevania. Ini Shovel Knight terus menerus, produk dari tinjauan ke belakang dan jarak 25 tahun antara dirinya dan era yang sebenarnya.

quikstopme

Di awal petualangan, kami diperkenalkan dengan kisah dasar Shovel Knight, yang berputar di sekitar protagonis pemberani kami dan rekannya, Shield Knight pelengkap. Setelah beberapa kejadian yang tidak menguntungkan, Shovel Knight dan Shield Knight dipisahkan saat penyihir jahat yang hanya dikenal sebagai Enchantress mengambil alih kerajaan yang mereka sumpah untuk lindungi. Membantu Enchantress adalah apa yang disebut Order of No Quarter, sekelompok delapan ksatria licik yang akan dengan mudah masuk di antara daftar Master Robot Mega Man, masing-masing dengan panggung bertema dan gudang serangannya sendiri. Seperti Robot Masters yang disebutkan di atas, Order of No Quarter penuh dengan desain yang luar biasa. Saya sangat menyukai Tinker Knight , Treasure Knight , dan Propeller Knight, tetapi pada kenyataannya, saya menyukai kedelapan desain tersebut, dari King Knight dan Spectre Knight hingga Plague Knight dan Mole Knight.

Setelah tahap intro singkat yang mengajarkan skema kontrol sederhana para pemain Shovel Knight — bergerak, lompat, dan serang — kami didorong ke peta yang dipotong dari kain yang sama dengan delapan dunia Mario 3. Kerajaan telah direbut oleh Enchantress dan anak buahnya, dan perlahan tapi pasti, Shovel Knight harus mengalahkan delapan pelindungnya saat dia melewati tahap demi tahap. Lebih baik lagi, petualangan kadang-kadang terganggu karena musuh yang selalu bergerak berpapasan dengan Anda di peta itu sendiri, seperti yang dilakukan Hammer dan Boomerang Bros. 25 tahun yang lalu. Keterusterangannya, seperti semua hal lain dalam game, adalah produk dari banyak inspirasinya. Ini dapat diakses dan mudah dipahami, terutama bagi kita yang tumbuh dengan pengontrol NES yang menyatu di tangan kita.
Aspek gim Shovel Knight lancar dan responsif. Ini tidak sekencang Mega Man, tapi juga tidak bernuansa dan seberat Castlevania atau sekencang dan secepat Ninja Gaiden. Berbekal sekop – seperti namanya – Shovel Knight dapat memukul musuh dengan tebasan cepat, atau dia dapat melompat ke atas mereka dengan serangan mirip pogo yang diambil langsung dari Duck Tales klasik Capcom yang abadi. Hebatnya lagi, implement Shovel Knight tidak hanya digunakan sebagai senjata, tapi juga sebagai alat. Dia dapat menggali harta karun dengannya, menghilangkan balok pasir, batu, dan mineral lainnya untuk membersihkan jalur, dan, setelah Anda mendapatkan cukup jarahan, Anda bahkan dapat membeli peningkatan yang berguna.untuk itu yang membuatnya lebih kuat. Satu serangan tambahan yang berguna memungkinkan Shovel Knight menembakkan denyut energi ke seluruh layar, tetapi hanya jika kesehatannya penuh, gaya Zelda.

Berbicara tentang jarahan, mendapatkan uang tunai, dan membelanjakannya adalah komponen penting dari Shovel Knight. Hampir setiap musuh yang Anda temui dan gua tersembunyi yang Anda jelajahi penuh dengan barang berharga, dan Anda dapat menggunakannya untuk membeli senjata penting, baju besi, kesehatan, dan peningkatan mana. Dan kemudian ada sub-senjata yang ditemukan di sudut tersembunyi sepanjang permainan, seperti tongkat yang menembakkan api. Sub-senjata favorit saya, bagaimanapun, adalah yang langsung terinspirasi oleh Castlevania, seperti jangkar yang dilemparkan ke busur, mirip dengan Kapak yang digunakan dalam petualangan Simon dan Trevor Belmont.

Baca Juga:  Arti Lengkap Kata Chang'e Mobile Legends

Anda mungkin membutuhkan peningkatan dan sub-senjata untuk bagian petualangan yang lebih sulit, tetapi Shovel Knight menghadirkan kesulitan seimbang yang agak menantang, namun tidak pernah dapat diatasi. Itu memberi saya tantangan sebanyak yang dilakukan Mega Man 2 (game Mega Man termudah sejauh satu mil), dan tidak pernah terasa terlalu menghukum. Sebagian dari diri saya sebenarnya kecewa dengan ini, karena saya menyukai tantangan platformer jadul yang bagus, tetapi saya juga memahami pendekatannya, terutama untuk menarik pemain yang lebih muda atau kurang berpengalaman yang tidak tumbuh selama masa-masa sulit seperti itu.
Namun, Anda dapat secara aktif membuatnya sedikit lebih sulit, karena Anda benar-benar dapat menghancurkan pos pemeriksaan untuk mendapatkan banyak jarahan. Ini adalah sistem risk-reward yang cerdik yang menggantikan kehidupan dan berlanjut, meskipun dapat dengan mudah menjadi bumerang bagi Anda jika Anda tidak berhati-hati. Lebih buruk lagi, setiap kali Anda mati, Anda kehilangan uang, dan Anda hanya dapat memperolehnya kembali dengan mengambilnya kembali di tempat Anda meninggal. Shovel Knight telah menemukan caranya sendiri untuk memberi penghargaan kepada orang-orang yang bermain dengan hati-hati dan sengaja sambil menghukum mereka yang terburu-buru dan ceroboh, bahkan jika itu tidak terlalu kuno dan kejam seperti, katakanlah, Castlevania III.

Tahapanmemperkenalkan komponen baru dengan cara yang sama seperti game lama; dengan kedipan dan anggukan, satu kesempatan untuk melakukannya dengan benar tanpa bahaya di sekitar Anda, dan tanpa tutorial. Kemudian, Anda dilemparkan ke dalam api. Saya menemukan beberapa tahapan agak tanpa kehadiran musuh pada waktu-waktu – saya lebih suka lebih banyak musuh untuk bertarung lebih sering – tetapi Shovel Knight malah memilih kemiringan yang terinspirasi dari DuckTales, dengan lebih sedikit musuh dan lebih banyak prestasi platforming untuk mengatasi. Musuh non-bos yang muncul menjalankan keseluruhan dari yang lucu dan dirancang dengan baik hingga yang lemah dan tidak bersemangat; memang, kekecewaan terbesar saya datang dari kurangnya keragaman antara beberapa musuh dan kecenderungan untuk bertukar palet terlalu sering, terutama dengan dua musuh khususnya – seorang ksatria dan seorang penyihir – keduanya akan Anda temui secara teratur. Tapi Order of No Quarterdan pemeran NPC yang brilian lebih dari sekadar menutupi kekurangan desain kecil ini.

Dan bahkan dengan beberapa musuh yang mengecewakan, tahapannya sendiri beragam dan dirancang dengan brilian, dan selalu disertai dengan chiptun bertema retro yang segar. Ada begitu banyak momen stop-and-look (dan stop-and-listen) sehingga akan sulit untuk menceritakan semuanya, tetapi saya selalu menyukai bagaimana pengguliran paralaks Shovel Knight memperkenalkan dan kemudian menyembunyikan citra latar belakang yang mengagumkan, terutama kastil Enchantress , yang sepertinya selalu duduk dengan tidak menyenangkan di latar belakang. Dari panggung bawah air yang mengingatkan level Bubble Man di Mega Man 2 hingga sebuah pabrikterinspirasi oleh level Metal Man dari game yang sama, ada banyak hal untuk dikagumi, baik di latar depan maupun latar belakang, mulai dari langit berwarna terang yang dipenuhi cahaya utara dan hutan rimbun hingga pemakaman yang menakutkan dan terbengkalai serta ruang bawah tanah yang gelap dan suram . Secara estetika, Shovel Knight selalu nyaman di mata dan telinga.
Versi PlayStation 3, PlayStation 4, dan PlayStation Vita

Shovel Knight versi PlayStation dibangun di atas gameplay, tantangan, dan gaya luar biasa yang sama yang mendapatkan tempatnya sebagai salah satu game favorit kami di tahun 2014, dan semakin menambah cinta. Kehadiran Kratos God of War sebagai bos tersembunyi adalah tambahan yang fantastis. Melawannya sangat menegangkan, dan mendapatkan Armor of Chaos menambah sentuhan rapi pada penjelajahan dan pertempuran Shovel Knight, dan membuat bermain melalui petualangan benar-benar terasa segar kembali.

Sifat Cross-Buy dan Cross-Save dari Shovel Knight di platform Sony membuatnya cepat dan mudah untuk beralih antara PS3, PS4, dan PlayStation Vita Anda, yang semuanya menyediakan tempat yang bagus untuk visual dan audio 8-bit.

Kesimpulan

Saya sangat menyukai Shovel Knight. Itu tidak hanya memahami apa yang diinginkan oleh para gamer retro; itu juga mengerti persis apa itu, mengambil banyak inspirasi dari masa lalu sambil membentuk semuanya menjadi permainannya sendiri. Selama tujuh atau delapan jam pertama kali Anda melalui (dan mode Game + Baru setelah Anda mengalahkannya), itu bertahan lebih lama dari kemunduran Anda pada umumnya, dan semua waktu itu dihabiskan dengan baik, apakah Anda melewati tahap baru, kembali ke yang lama untuk mencari uang untuk membeli peningkatan, atau menjelajahi banyak rahasianya. Ini dimainkan dengan cemerlang, terlihat memukau, dan terdengar hebat. Shovel Knight adalah game favorit saya di tahun 2014 sejauh ini, dan merupakan bukti nyata kekuatan jadul. Apakah Anda disapih dengan SEN seperti saya, atau belum tahu apa yang Anda lewatkan sebelum Anda lahir, Shovel Knight adalah permainan yang harus dimainkan. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.