quikstopme

Ulasan Game SoulCalibur: Broken Destiny

Dengan Soulcalibur IV dari Namco Bandai memasuki konsol generasi saat ini tahun lalu, sulit membayangkan petarung 3D terkenal berfungsi di konsol portabel. Lagipula, seri Soulcalibur — yang mengadu para pejuang satu sama lain di dunia yang penuh dengan senjata halus — selalu menjadi pusat kekuatan visual. Memeras semua detail karakter, efek pencahayaan, dan latar belakang yang subur ke UMD sepertinya ide yang buruk.

Untungnya, Soulcalibur: Broken Destiny mempertahankan tradisi Soulcalibur dengan indah dan menciptakan kembali pertarungan berbasis senjata secara eksklusif untuk PSP Sony. Ini adalah visual portabel yang sangat menakjubkan.

Broken Destiny, pada akhirnya, adalah versi portabel dari versi konsolnya. Itu mengemas sebagian besar karakter, level, dan mode yang akrab dengan penggemar Soulcalibur dan hanya menjatuhkan beberapa bagian di sepanjang jalan. Seperti game Soulcalibur sebelumnya, Broken Destiny adalah game pertarungan 3D yang mempertandingkan dua petarung di arena terbuka yang luas. Pemain harus melawan lawan mereka dengan mengukur waktu, jarak, dan lokasi di ring — karena karakter dapat terlempar dari tepi saat dipukul atau dilempar dengan benar.

BUAT KRATOS ANDA SENDIRI!

Satu-satunya perbedaan mencolok antara Soulcalibur: Broken Destiny dan Soulcalibur IV adalah grafis yang diperhalus dan tidak adanya karakter Star Wars… yang secara pribadi sangat saya sukai. Sama “menariknya” dengan melihat Darth Vader dan Yoda (dan Apprentice) membuat penampilan tamu di alam semesta Soulcalibur, Kratos Broken Destiny jauh lebih masuk akal ketika mempertimbangkan pengaturan permainan. Satu-satunya elemen lain yang perlu diperhatikan yang dihapus dari formula adalah banyaknya unlockable dan ekstra yang secara tradisional berjalan seiring dengan game Soulcalibur. Broken Destiny tidak memiliki banyak tambahan untuk dibicarakan, meskipun Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk membuka kunci item untuk pembuatan karakter dan mendapatkan penghargaan khusus untuk Catatan Anda.

Salah satu hal pertama yang akan diperhatikan pemain tentang Broken Destiny adalah visualnya. Meskipun gim ini tidak semenarik pendahulunya di PS3, Broken Destiny adalah salah satu gim PSP dengan tampilan terbaik yang pernah saya mainkan. Sungguh menakjubkan berapa banyak yang dijejalkan ke satu UMD dan menonton karakter ini berbenturan di latar belakang yang begitu indah adalah bukti perangkat keras PSP. Dengan sedikit pelambatan, game ini pantas mendapatkan kredit khusus hanya untuk tampilannya. Aku tahu kedengarannya dangkal, tapi itulah kebenarannya.

Broken Destiny memiliki beberapa opsi untuk terjun ke pertempuran. Anda dapat memilih untuk memainkan Pertandingan Cepat, yang persis seperti itu: satu pertempuran dengan musuh. Ada juga Ujian yang harus dihadapi, yang pada dasarnya adalah mode gaya bertahan hidup yang menugaskan Anda untuk mengumpulkan poin dan menjaga karakter Anda tetap hidup. Lalu ada multipemain Ad Hoc, alat Penciptaan untuk membangun karakter Anda sendiri dan mode Pelatihan standar.

Namun, mode yang membutuhkan waktu paling lama untuk “menyelesaikan” adalah Gauntlet. Perselingkuhan berbasis misi yang digerakkan oleh cerita ini menempati alam semesta di luar narasi kanonis Soulcalibur. Ini adalah kisah lucu tentang Anda (dan karakter apa pun yang Anda pilih) mengikuti Hilde dan pestanya di seluruh dunia saat mereka mencari obat untuk ayah Hilde. Ini tidak ada hubungannya dengan cerita Soulcalibur yang sebenarnya dan lebih menyenangkan dan permainan daripada yang lainnya.

Baca Juga:  Ulasan Game Undead Knights

Setiap misi di Gauntlet terdiri dari beberapa bagian mini yang masing-masing hanya berlangsung satu atau dua detik. Biasanya, tujuan Anda hanya selama beberapa saat singkat ini adalah untuk bertahan dari serangkaian serangan dan kemudian membalas dengan tepat. Dengan pemikiran ini, aman untuk mengatakan bahwa Gauntlet lebih merupakan alat instruksional daripada apa pun, karena kegagalan Anda disambut dengan teks bermanfaat yang memberi Anda langkah-langkah yang diperlukan untuk muncul sebagai pemenang.

Meskipun ini terdengar seperti cara yang bagus untuk mengajari pemain baru cara Soulcalibur, saya menemukan mode ini sangat repetitif setelah beberapa saat. Saya terus memainkannya hanya untuk melihat cerita lucu dimainkan, tetapi pada akhirnya saya sudah lebih dari siap untuk melanjutkan. Ini mungkin karena fakta bahwa saya bermain melalui mode dengan satu karakter — mungkin menggantinya di tengah pencarian akan lebih mengasyikkan.

TALIM AGAK LUAR BIASA

quikstopme

Tetapi inti dari pencarian ini dan visual yang disebutkan di atas adalah mekanika Soulcalibur, yang telah berkembang jauh sejak konsep aslinya. Mekanika pertempuran di Broken Destiny sangat mirip dengan yang ditemukan di Soulcalibur IV, termasuk fitur yang lebih baru seperti Soul Gauge, Soul Crushes, dan Critical Finishes. Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah-istilah ini, sebenarnya cukup sederhana: jika lawan Anda terlalu banyak menjaga, Anda dapat menurunkan Pengukur Jiwanya dan akhirnya mematahkan salah satu dari tiga baju besi pada karakter tersebut. Setelah Anda mendapatkan Pengukur Jiwa lawan dalam keadaan yang cukup menyedihkan, Anda dapat melakukan Critical Finish, yang mengakhiri pertandingan sesuai keinginan Anda (dan menampilkan beberapa efek khusus yang mewah).

Meskipun saya tidak pernah menjadi penggemar berat mesin pertarungan Soulcalibur, saya sangat menghargai jumlah variasi dan strategi yang digunakan untuk mempelajari setiap karakter. Harus menyeimbangkan pemblokiran, sidestepping, Guard Impacts, dan lainnya menjadikan ini game yang sangat, sangat sulit untuk dikuasai. Namun di saat yang sama, Soulcalibur selalu menjadi game pertarungan yang bisa diambil dengan mudah. Karena gerakan jarang membutuhkan input arah atau kombinasi tombol yang rumit, sebagian besar gamer setidaknya dapat mengambil pengontrol dan menghancurkannya untuk bersenang-senang (sangat disesalkan oleh pesaing veteran).

Lapisan gula pada kue di Soulcalibur: Broken Destiny jelas merupakan multipemain Ad Hoc. Karena bertarung dengan teman adalah bagian yang luar biasa dari pengalaman game pertarungan, memiliki Ad Hoc yang berjalan mulus membuat paket ini jauh lebih menggugah selera. Selama tes permainan saya, saya jarang — jika pernah — mengalami pelambatan. Untunglah.

Kesimpulan

Meskipun Broken Destiny tidak lebih dari versi portabel dari Soulcalibur IV (dengan Kratos di dalamnya), gim ini secara visual memukau dan ukuran rosternya mengagumkan. Apa yang paling mengesankan tentang Soulcalibur: Broken Destiny adalah seberapa baik ia mempertahankan formula rekan konsolnya sambil membuat sedikit pengorbanan di sepanjang jalan.Meskipun sulit bagi saya untuk sangat merekomendasikan game ini jika Anda sudah memiliki Soulcalibur IV, aman untuk mengatakan bahwa ini adalah salah satu game pertarungan paling indah dan kompleks di PSP dan harus menyenangkan penggemar Soulcalibur. Pengembang harus dipuji karena membuat game bekerja dengan sangat baik di PSP, meskipun kami telah melihat sebagian besar sebelumnya.