quikstopme

Ulasan Game Starbound

Setiap kali saya berseri-seri dari kapal luar angkasa pribadi saya ke kerajinan gulir samping 2D yaitu Starbound, saya menemukan pengalaman yang memotret bintang dan mendarat tepat di antara mereka. Eksplorasi beragam planet, bioma, dan mimpi buruk bawah tanah adalah puncak dari perjalanan ini, tetapi pertempuran, bos bernaskah, dan latar belakang yang kaya membantu evolusi luar biasa dari formula Terraria yang mapan ini bersinar terang.

Starbound menangani rutinitas penambangan, pemurnian, dan kerajinan yang sekarang tradisional serta rekan-rekannya, dan bahkan memungkinkan Anda untuk berkelompok dengan teman-teman. Permainan awal agak lambat, karena manipulator materi genggam Anda membutuhkan waktu untuk menembus bahan yang lebih keras sampai Anda meningkatkannya, dan bahkan musuh yang lebih lemah dapat mengalahkan Anda sebelum Anda menemukan sumber daya langka yang tepat untuk dibuat beberapa gigi setengah layak. Apa yang benar-benar mengangkat kotak pasir kerajinan terbuka ini di atas yang lain seperti itu, bagaimanapun, adalah keragamannya.

Lokasi acak, reruntuhan tersembunyi, sumber daya, dan pencarian melengkapi dunia ini. Setiap planet yang saya kunjungi membuat saya memecahkan balok, menjelajahi gua, dan berburu sumber daya untuk digabungkan dan dibuat menjadi item, tetapi masing-masing unik. Ada lebih dari selusin jenis planet yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari iklim sedang hingga hutan hingga lautan magma yang bergolak, dan generasi prosedural menjamin pasokan yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Masing-masing juga berisi beberapa bioma berbeda, baik di atas maupun di bawah tanah, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan dari satu sisi bulan hutan ke sisi lainnya dan melihat tiga atau lebih jenis lingkungan arboreal. Di bawah permukaan, itu cerita yang sama. Saya tidak sepenuhnya siap untuk beberapa bioma terkubur yang benar-benar mengganggu (dengan cara yang baik!) yang saya temui, dan saya lebih suka tidak memanjakan mereka untuk Anda di sini selain mengatakan untuk mengharapkan yang tidak terduga. Dia’ sangat mungkin untuk mendarat di dunia beku dan menelusuri lautan cair, di bawahnya terdapat kuil yang terbuat dari tulang, yang pada gilirannya menyembunyikan poros tambang steampunk yang mengarah lebih dalam ke ruang bawah tanah mini berisi lava. Dan itu hanya dalam satu irisan vertikal dari satu planet. Lokasi acak yang mengasyikkan, reruntuhan tersembunyi, sumber daya kerajinan baru, dan misi melengkapi dunia ini dan membantunya menjadi hidup.

Selain mengumpulkan sumber daya, cara utama Anda berinteraksi dengan tempat-tempat ini adalah dengan membunuh penghuninya. Pertarungan side-scrolling, apakah Anda lebih suka senjata jarak dekat atau senjata api yang sedikit lebih sesuai tema, bersifat taktis, responsif, dan terkadang sangat menantang. Musuh yang beragam dan gaya bertarung memungkinkan eksperimen dan mencegah pertempuran menjadi stagnan dan berulang. Sementara itu, setiap jenis senjata memiliki ceruk khusus dan mendorong gaya bertarung yang berbeda, sampai-sampai beralih dari senapan sniper ke pedang dan perisai membuat saya merasa seperti memainkan permainan yang berbeda.

9 Saya terutama menyukai bos bab berbasis cerita. Masing-masing dari mereka sangat berbeda dari yang berikutnya, dan beberapa yang berikutnya merupakan tantangan serius langsung dari buku pedoman Mega Man jadul, mulai dari naga kerangka besar hingga pendekar pedang secepat kilat dengan pola serangan kompleks untuk dipelajari. Kesulitan retro-hardcore yang panik membuat saya semakin menginginkannya.

Sangat mudah bagi sistem risiko-hadiah untuk menangkap Anda dalam spiral kematian. Starbound berhasil membuat saya frustrasi beberapa kali, karena sistem risiko-hadiahnya agak terlalu mudah untuk menangkap Anda dalam spiral kematian. Mati di sebagian besar wilayah berarti menjatuhkan semua bahan kerajinan, makanan, dan bahan habis pakai Anda. Jika itu terjadi di kedalaman dunia es melewati beberapa depa musuh yang muncul kembali, mengembalikan barang-barang Anda secara utuh bisa menjadi masalah besar. Itu sendiri adalah gameplay roguelike yang cukup standar, tetapi halangannya adalah item penyembuhan menjadi sangat penting di akhir game, dan terkadang saya menemukan diri saya dalam lingkaran setan di mana banyak kematian menghabiskan tidak hanya persediaan saya, tetapi juga kemampuan saya untuk mendapatkan lebih banyak dari ini. ketentuan yang diperlukan dengan menguras rekening bank saya.

quikstopme

Ceritanya sendiri bukanlah yang paling kompleks atau mencengangkan, tetapi alam semesta yang dibangun oleh pengembang Chucklefish untuk menceritakannya penuh dengan karakter dan detail. Masing-masing dari enam ras memiliki budaya yang unik, gaya arsitektur, dan konflik berkelanjutan yang harus diselesaikan untuk menyelamatkan galaksi. Dari manusia tumbuhan ganas yang berjuang dengan subkultur kanibalisme hingga robot sadar diri yang terjebak dalam pola pikir abad pertengahan yang lucu karena kesalahan dalam pemrograman mereka, ada banyak hal. Buku dan dokumen lain yang disembunyikan di seluruh level yang luas memberikan detail tentang segala hal mulai dari sejarah politik hingga ritual berburu, dan ruang bawah tanah bernaskah yang inventif di akhir setiap bab memungkinkan Anda berinteraksi dengan elemen yang diisyaratkan ini secara dekat dan pribadi.

Baca Juga:  Game Pokemon Trading Card Game Live (2023)

Sorotan utama dari pencarian cerita adalah pengepungan kastil penuh, di mana kru NPC saya dan saya harus mempertahankan pertahanan bangsawan yang bisa dirusak dari gelombang musuh yang dipersenjatai dengan ketapel. Saya juga sangat menikmati ruang bawah tanah bab untuk spesies Apex primata super pintar, di mana saya menyusup ke fasilitas bawah tanah yang dijalankan oleh pemerintah Big Brother-esque mereka untuk membuka jalan bagi pemberontak ramah yang bertempur dalam pertempuran waktu nyata, yang terlihat di permukaan di atas saya. Jelas para desainer level tidak takut untuk mendorong batas-batas dari apa yang bisa menjadi ruang bawah tanah gulir samping, dan itu terbayar dengan indah.

Namun mereka tidak cukup sia-sia untuk memaksa kita masuk ke dalamnya, jadi semua cerita itu opsional. Tidak ada yang menghentikan Anda untuk pergi dan menetapkan tujuan eksplorasi atau pembangunan Anda sendiri dengan gaya tradisional Minecraft atau Terraria. Jika Anda hanya ingin membuat benteng Viking bawah air di planet terpencil dengan trofi dari semua hiu luar angkasa yang telah Anda bunuh, Anda bisa bersenang-senang. Tetapi jika Anda memilih untuk membiarkan cerita memandu Anda, itu terjalin dengan jalur perkembangan non-cerita dengan cara yang membuat saya merasa seperti saya tidak perlu memilih satu atau yang lain. Di sela-sela bos bab, saya sering diminta untuk melakukan perjalanan ke dunia baru, menghubungi ras baru, menemukan sumber daya baru, dan membuat peralatan yang lebih baik – semua hal yang akan saya lakukan. Di akhir rantai pencarian cerita – sekitar 40 jam kemudian, memang saya menghabiskan banyak waktu itu melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan cerita – saya memiliki pemahaman yang baik tentang petualangan selanjutnya yang tersedia bagi saya, dan cara terbaik untuk mempersiapkan diri untuk itu. Ceritanya melengkapi gameplay inti, bukan hanya duduk di atasnya.

Saya belum pernah merasakan begitu banyak kebebasan gaya dalam game merakit 2D sebelumnya. Jika Anda lebih menyukai bangunan, ada ratusan blok struktural dan dekoratif yang dapat dikumpulkan dan dibuat untuk menciptakan tampilan persis seperti yang Anda inginkan. Dari berbagai gaya alien yang dapat Anda dekonstruksi dan bangun kembali menjadi patung yang dapat dibuat dan sejumlah bahan yang tersedia tersedia di planet yang tak terhitung jumlahnya, saya belum pernah merasakan begitu banyak kebebasan gaya dalam game kerajinan 2D sebelumnya. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti tempat berlindung rangka A dua kamar dapat dibangun dengan ribuan cara berbeda, belum lagi benteng yang membentang di planet yang membutuhkan banyak pemain beberapa hari untuk berkumpul.

Pos-pos kecil dan pribadi dapat tumbuh menjadi koloni besar, saat Anda membeli piagam yang memungkinkan NPC pindah ke lingkungan darurat yang Anda buat. Mereka bahkan akan membayar Anda sewa untuk masalah Anda, dan penyelesaian yang lebih rumit dan indah akan menarik klien yang membayar lebih tinggi. Ini menciptakan lingkaran hadiah yang menarik untuk apa yang seharusnya hanya menjadi minigame dekorasi bentuk bebas.

Kesimpulan

Starbound unggul sebagai game kerajinan dan eksplorasi, sebagai platformer 2D dengan pertarungan yang bervariasi dan menarik, dan sebagai RPG cerita ala Zelda dengan dunia mendetail dan budaya alien yang berkesan untuk berinteraksi. Banyaknya jenis lokasi yang berbeda untuk ditemukan, item untuk dibuat dan dibangun dengan struktur yang bagus, dan cara mencolok untuk mengalahkan alien mencegah bagian mana pun dari pengalaman menjadi cepat membosankan. Ini bisa terasa sangat menyiksa dan memakan waktu, terutama dalam beberapa jam pertama. Tetapi kebebasan untuk mengungkap rahasia galaksi dan menjadikan dunianya milik Anda layak untuk ditunggu, dan gaya ahli di mana Starbound menyatukan semua aspeknya membuatnya benar-benar istimewa. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.