quikstopme

Ulasan Mana Khemia

Gust mengetahui alkimianya dengan baik — ini adalah perusahaan yang membangun banyak pengikut dengan pembuatan seri Atelier Iris. Sementara cerita dan karakter masing-masing berbeda, semua judul disatukan oleh satu benang merah: mengubah item dari satu hal ke hal lain. Beristirahat sejenak dari franchise populer ini, tetapi tetap mempertahankan fokus ini, Gust dan NIS baru-baru ini merilis Mana Khemia: Alchemists of Al-Revis , RPG bergaya simulasi kampus. Namun, meskipun formula ajaib yang berhasil untuk judul Atelier Iris telah dipindahkan ke game ini, game ini terasa encer dan tidak semenarik yang seharusnya atau bahkan seharusnya.

Mana Khemia berputar di sekitar Vayne Aurelius, seorang bocah lelaki misterius dengan kasus amnesia yang signifikan yang kebetulan adalah seorang alkemis pemula. Ditemukan dengan Mana-nya, seekor kucing bernama Sulpher, oleh seorang guru di Akademi alkimia Al-Revis yang terkenal, Vayne terdaftar di kelas untuk mendidiknya tentang kekuatannya. Di sana, dia ditugaskan ke bengkel bersama siswa lain, yang masing-masing perlahan menjadi teman dan sesama anggota partai. Pemeran ini termasuk seorang gadis yang ramuannya sering meledak di wajahnya, seorang gadis seperti kucing yang rayuannya membuatnya bermasalah dengan siswa lain, dan seorang siswa karir yang lebih tertarik untuk membagikan keadilan daripada mengerjakan tugas kelasnya. Bersama-sama, para siswa mencoba menemukan misteri alkimia dan satu sama lain selama tahun-tahun sekolah.

quikstopme

Gameplay (dan sampai batas tertentu, tahun-tahun sekolah para alkemis) terpancar dari akademi, yang bertindak sebagai penghubung Anda untuk berbagai aktivitas yang dilakukan siswa, seperti pergi ke kelas. Menghadiri kelas adalah bagian besar dari permainan, dan pemain akan memiliki opsi untuk memilih kelas mana yang ingin mereka ambil selama sehari yang akan mengajari mereka keterampilan khusus. Setelah sedikit instruksi, guru Anda akan memberi Anda tugas yang harus Anda selesaikan, dan berdasarkan seberapa baik Anda melakukannya, Anda akan menerima A, B, C atau F, yang diterjemahkan menjadi kredit. Anda membutuhkan sejumlah kredit untuk lulus kelas Anda, dan jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda butuhkan, Anda segera terdaftar di kursus remedial yang lebih sulit untuk memperbaiki kesalahan Anda. Namun, jika Anda berhasil mendapatkan nilai bagus, Anda diberi waktu luang, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk berbicara dengan teman sekelas, mengumpulkan item baru, atau mendapatkan pekerjaan. Konsep kursus ini tidak buruk, seperti mengajari Anda cara memanfaatkan kelemahan monster atau membuat berbagai jenis item.

Sayangnya, ada beberapa masalah terkait penyiapan kredit kelas ini. Pertama-tama, sangat sulit, jika bukan hampir tidak mungkin, untuk menggagalkan tugas yang diberikan kepada Anda. Misalnya, mengumpulkan jenis barang tertentu dalam suatu level itu mudah karena biasanya ada jumlah barang yang melimpah. Jika Anda menggunakan serangan paling kuat atau mengeksploitasi kelemahan monster, Anda dapat dengan mudah menghancurkan makhluk sebelum waktu Anda habis. Hal ini mengurangi tantangan setiap tugas secara signifikan, tetapi ini semakin dilemahkan oleh fakta bahwa mati saat bertugas tidak memiliki hukuman yang signifikan terkait dengannya. Pesta Anda akan bangun di rumah sakit sekolah jika mereka dikalahkan, tanpa kehilangan uang atau waktu dinilai merugikan Anda. Sebagai akibat, kesulitan hampir semua tugas praktis tidak ada, yang agak mengecewakan saat Anda mulai mendapatkan keterampilan baru seperti memancing, mengumpulkan buah, bertani, dan bahkan bertarung melewati monster. (Tapi saya akan membahas pertempuran sebentar lagi…)

TAMBAHKAN SEDIKIT INI DAN SEDIKIT ITU

Terlebih lagi, sementara kelas ditugaskan untuk “hari” tertentu, Anda dapat menghabiskan lebih dari 24 jam di “area khusus non-penugasan” tanpa dihukum sama sekali. Apakah ini menjelajahi lingkungan Anda dan mengumpulkan item, melawan monster, atau sekadar bepergian ke area lain, gim ini tidak menghitung berlalunya waktu sampai Anda menyelesaikan atau gagal menyelesaikan tugas. Sayangnya, karena game menunggu pemicu plot khusus ini terjadi, pemain dapat mengeksploitasi semua yang ada di dalam game, menghapus item penambangan, dan kemudian melakukan steamrolling melalui bagian-bagian game tanpa masalah. Cacat ini juga terbawa ke bagian waktu luang, karena pekerjaan dapat sering diselesaikan dalam rentang waktu tertentu tanpa dikenakan sanksi (paling banter, Anda mungkin kehilangan kemampuan untuk mendapatkan resep untuk suatu barang,

Jika Anda memilih untuk tidak terlibat dalam suatu pekerjaan, Anda dapat melakukan misi terkait karakter, yang memungkinkan Anda untuk lebih mengenal anggota grup Anda. Ini adalah sidequests yang sedikit menarik di mana Anda mendapatkan gambaran singkat tentang siapa karakter ini. Tapi itu urusan yang agak singkat yang memberi Anda gambaran singkat tentang kepribadian atau latar belakang mereka, tanpa memelihara keterikatan yang signifikan dengan salah satu dari mereka. Ini bukan hal yang buruk, mengingat semua orang dalam game menerima pengembangan karakter dangkal semacam ini (kecuali Vayne, yang memiliki alur karakter yang lebih besar karena amnesia dan alkimia miliknya). Tapi Anda berharap bahkan “momen yang berarti” untuk karakter game lebih pedih. Setidaknya kemampuan untuk mengirim karakter-karakter ini dalam misi mencari item baru berguna.

Lihat, kedalaman sebenarnya dalam game berasal dari bagian sintesis item, yang merupakan fitur utama Mana Khemia. Semuanya, mulai dari kelopak bunga terkecil hingga senjata terbesar, dapat digabungkan dengan berbagai item lain untuk membuat senjata, item, atau perlengkapan baru. Ada dua cara untuk melakukannya: jika Anda memiliki resep untuk item baru, yang dapat Anda temukan di ruang bawah tanah atau di toko, atau jika Anda bereksperimen dengan mengganti satu item blok bangunan untuk resep tersebut dengan yang lain. Apa yang agak kreatif tentang sistem ini adalah sistem ini terkait langsung dengan pengembangan keterampilan karakter Anda.

Baca Juga:  Pengalaman Bermain Assassin's Creed Rebellion

Alih-alih hanya mengandalkan poin pengalaman atau sistem perkembangan standar lainnya dari RPG, siswa Anda hanya memperoleh keterampilan atau kesehatan baru jika Anda telah membuka kemampuan ini dalam apa yang dikenal sebagai buku tumbuh (mirip dengan kotak bola dari Final Fantasy 10), yang melacak semua item yang telah Anda sintesis dari waktu ke waktu. Setiap item yang dapat Anda buat terhubung satu sama lain di dalam buku, dari dasar hingga kompleks, dan Anda harus menghubungkannya bersama jika ingin mengakses sifat baru untuk setiap karakter. Ada satu kelemahan dari pengaturan ini. Anda akan menemukan tingkat pengembangan keterampilan tidak merata. Dalam beberapa hari pertama setiap “minggu” sekolah, Anda akan sering mendapatkan banyak bahan dan resep baru yang memungkinkan Anda membuka banyak item di buku tumbuh Anda. Hasilnya, karakter Anda akan melompati ”

Berbicara tentang pertempuran, Mana Khemia menghilangkan pertempuran acak demi menampilkan monster di peta penjara bawah tanah. Pemain dapat menghindari monster atau mencoba menyerang makhluk-makhluk ini terlebih dahulu, dan tergantung pada seberapa kuat pesta Vayne kapan saja, Anda dapat melenyapkan monster-monster ini tanpa bertarung. Namun, begitu Anda memasuki pertempuran, setiap pertarungan adalah urusan berbasis giliran, seperti Atelier Iris 3, di mana Anda dapat memilih untuk menyerang dengan senjata, keterampilan, atau item. Jika rombongan Anda memilih satu monster dan menyerangnya cukup sering sebelum memiliki kesempatan untuk menyerang, Anda dapat melumpuhkannya dan membukanya untuk membebaskan pukulan kritis dari karakter mana pun. Lakukan cukup banyak serangan ini dan Anda dapat memasuki mode burst di mana setiap serangan menambah kombo yang kuat. Anda juga dapat melakukan gerakan finishing jika Anda telah menyebabkan kerusakan yang cukup dalam mode ledakan ini,

Sekarang, saya telah menyebutkan tentang bagaimana kurangnya penalti kelas dan keterampilan yang Anda peroleh membuat pertarungan tampak agak membosankan. Ada satu elemen lain yang membuat sebagian besar pertempuran terlalu mudah. Sekitar setengah permainan, Anda mendapatkan kemampuan untuk memperluas pesta tiga orang Anda dengan menambahkan anggota lain untuk mendukung peran. Apa yang memungkinkan Anda lakukan adalah menukar karakter secara instan, yang dapat digunakan untuk menyelamatkan petarung yang akan mati, atau membawa karakter yang dapat mengeksploitasi kelemahan. Tindakan ini secara instan memberi karakter baru serangan gratis, dan bahkan dapat dirantai bersama dalam kasus tertentu untuk membuat serangan khusus yang dikenal sebagai serangan variabel. Ini sering kali akan mengakhiri sebagian besar pertempuran dalam beberapa detik, dan semakin melemahkan intensitas pertarungan. Terlebih lagi, saat Anda maju dalam permainan, Anda Anda akan mendapatkan kemampuan untuk memulihkan poin kesehatan dan keterampilan karakter yang berada dalam peran pendukung. Ketika Anda menyadari bahwa bahkan karakter di ambang kematian dapat dipulihkan ke kesehatan penuh dalam hitungan putaran dalam posisi dukungan ini, hampir semua tantangan akan hilang.

KEMATIAN OLEH BONEKA BERUANG!

Mana Khemia sangat mirip dengan judul sebelumnya dalam seri Atelier Iris, dengan fokus utama pada karakter berbasis sprite dan gambar karakter latar depan yang terinspirasi anime selama urutan dialog. Ini bukan permainan yang tampak buruk dengan imajinasi apa pun, tetapi ini bukan pembangkit tenaga teknis – bahkan membedakan item rumput mana yang dapat dipotong dengan latar belakang kadang-kadang bisa agak sulit. Itulah mengapa sangat mengecewakan melihat adanya pelambatan yang signifikan setiap kali ada lebih dari tiga monster dan karakter Anda di layar selama eksplorasi penjara bawah tanah. Sementara pelambatannya mencemaskan, itu agak teratasi selama pertarungan yang sebenarnya, termasuk beberapa animasi pertarungan yang lucu untuk karakter dan monster yang berbeda. Anda’ Anda akan melihat semuanya mulai dari monster yang diserang dengan wajan dan ikan hingga kacang berduri dari pohon. Akting suara, di sisi lain, cukup bagus, dan Anda memiliki opsi untuk memilih antara trek suara bahasa Inggris dan Jepang untuk gim ini. Itu setidaknya bonus, karena musiknya sama sekali tidak berkesan. Tidak ada trek atau variasi yang cukup, dan setelah beberapa saat, Anda akan menonaktifkan layar jika tidak ada yang berbicara.

Kesimpulan

Mana Khemia adalah salah satu game yang memiliki beberapa ide bagus yang dirusak begitu saja oleh eksekusi yang lemah. Elemen buku sintesis dan tumbuh sangat dalam dan memberikan sejumlah replayability, dan kemampuan untuk memilih dan memilih kelas untuk karakter Anda untuk mendaftar adalah sentuhan kreatif pada formula RPG. Namun, kurangnya tantangan secara keseluruhan, mulai dari menyelesaikan tugas kelas hingga pertempuran dan bahkan perolehan keterampilan akan mengecewakan sebagian besar pemain. Ini bukan judul yang mengerikan, tapi jelas lebih lemah dari seri yang coba diambil alih.