quikstopme

Ulasan Game The Elder Scrolls III: Morrowind

Anda selalu dapat menikmati sitkom. Anda menyalakannya, ada beberapa lelucon, beberapa tawa, dan setengah jam kemudian Anda mematikannya, sudah mulai melupakan apa yang baru saja Anda lihat.

Dibutuhkan lebih banyak upaya untuk menjadi serial drama yang serius dan berkualitas tinggi. Dibutuhkan beberapa episode hanya untuk mengikuti ritme pertunjukan, untuk memahami nuansa dan karakternya. Kemudian Anda harus bekerja keras dan berkomitmen untuk menonton setiap episode, musim demi musim, untuk membiarkan alur cerita tumbuh dan karakter berubah dan berkembang. Tetapi pada akhirnya hadiahnya jauh lebih dari apa yang bisa diberikan oleh lagu tertawa selama dua puluh menit.

Tebak ke mana saya akan pergi dengan ini? Ya, Morrowind seperti hal kedua itu. Semakin banyak Anda dimasukkan ke dalam game ini, semakin banyak yang akan Anda dapatkan darinya.

Tentu saja jika Anda ingin lebih spesifik, Morrowindadalah game roleplaying orang pertama berbasis karakter real-time yang berlatarkan dunia fantasi. Tapi deskripsi teknis yang kering itu – sekering debu yang berhembus melalui makam berhantu Dunmer – bahkan tidak mulai melakukan keadilan raksasa yang luas ini.

Ini adalah tour-de-force, bisa dibilang game Xbox terbaik sejak Halo itu sendiri, dan tentunya salah satu yang lebih menarik dan penting. Lebih dari empat ratus pencarian. Ribuan NPC. Ratusan ribu benda, benda ajaib, senjata, dan harta — semuanya dapat Anda ambil, jatuhkan, tinggalkan di mana pun Anda mau. Game ini sangat luas. Mungkin videogame terbesar yang pernah ada.

Apa perbedaan yang dibuat oleh hard drive.

Konon, Morrowindmelakukan pekerjaan luar biasa untuk membawa pemain ke dalam keluasannya sendiri dengan lembut dan bertahap. Saat dimulai, Anda terbangun di palka kapal penjara, tanpa tahu siapa Anda atau bagaimana Anda sampai di sana. Anda bahkan belum tahu cara menggerakkan karakter Anda, tetapi kontrol dasar diperkenalkan selangkah demi selangkah, bahkan saat karakter Anda sedang dibuat. Anda segera mulai berbicara dengan NPC yang mengajukan serangkaian pertanyaan singkat untuk mengetahui nama Anda, ras Anda, jenis kelamin Anda, dan tanda bintang Anda. Intinya, mereka membantu Anda membuat karakter yang disesuaikan — tidak ada alur cerita pra-skrip, pemaksaan di sini. Selama proses ini, Anda juga akan mengetahui kontrol untuk memindahkan, melihat, dan menggunakan sesuatu, dan secara bertahap merasakan realitas sosial yang kompleks dari dunia game.

Proses pembuatan karakter ini sefleksibel dan dapat disesuaikan seperti yang Anda inginkan juga. Anda dapat memilih dari dua puluh satu kelas tradisional, atau Anda dapat menjawab kuesioner yang akan memilihkan kelas untuk Anda. Tetapi cara terbaik untuk melakukannya adalah membuat kelas karakter Anda sendiri. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memilih semua keterampilan yang benar-benar Anda butuhkan. Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan memulai beberapa karakter dan melalui trial and error mencari tahu jenis karakter mana yang cocok dengan gaya permainan Anda. Ini mungkin ide yang bagus, ini akan meningkatkan kesenangan Anda dalam permainan.

Memiliki karakter yang berpengetahuan luas dan cakap itu penting, karena sebagian besar petualangan Anda, Anda akan benar-benar sendirian. Ini bukan RPG berbasis partai. Benar, ada satu kali pria barbar ini memutuskan untuk mengikuti saya berkeliling, tetapi tidak lama kemudian saya pergi ke sebuah gua, terjun ke dasar kolam yang dalam (ada peti di bawah sana, Anda tahu), hanya untuk menemukan itu saat muncul ke permukaan. si bodoh terjun mengejarku dan tenggelam. Itu adalah pengalaman yang aneh, tetapi ini adalah anekdot kecil yang enak yang menyempurnakan alur cerita pribadi Anda – dan merupakan hal yang umumnya tidak dapat terjadi dengan alur cerita pra-skrip dari RPG konsol tradisional. Disayangkan.

Secara pribadi, hasil terbaik saya adalah dengan karakter yang merupakan pejuang yang baik sejak awal, dengan kekuatan tinggi dan peringkat fisik lainnya, dan hanya segelintir mantra yang harus dimiliki dan keterampilan lainnya — penyembuhan, lockpicking, dan setidaknya satu mantra serangan kecil untuk makhluk tingkat rendah yang tidak bisa terluka oleh pedang biasa. Kemudian ketika dia menghasilkan banyak uang, dia bisa membeli mantra tambahan seperti ‘Mark’ dan ‘Recall’ yang membantu mempercepat petualangannya.

Tapi itu hanya aku. Mungkin ada setengah lusin cara untuk memainkan permainan ini. Anda dapat memilih untuk menjadi pencuri, tidak pernah meninggalkan peradaban, menghabiskan seluruh waktu Anda untuk masuk dan keluar, memagari barang curian dan berpindah dari kota ke kota. Anda juga bisa fokus pada sisi magis permainan. Ada seluruh proses pembuatan alkimia dan item sihir yang dimasukkan ke dalam set aturan yang pada dasarnya diabaikan oleh karakter saya karena dia adalah prajurit pertama, pencuri kedua, dan penyihir jauh ketiga. Tetapi jika Anda ingin membuat mantra dan item sihir Anda sendiri, aturan gim ini cukup kuat untuk mengizinkannya. Dan begitu Anda mulai menggunakan sihir secara ekstensif, seperti yang bahkan akan dilakukan oleh prajurit dan pencuri di level yang lebih tinggi, Anda akan Mungkin cara yang paling menantang untuk memainkan Morrowind adalah sebagai karakter Baik yang ditentukan sendiri, seseorang yang tidak pernah menghunus pedangnya kecuali saat diserang, tidak pernah mencuri apa pun, dan menghindari mengambil misi dari organisasi yang meragukan seperti Persekutuan Pencuri dan rumah Dark Elf. Sebaliknya Anda bisa menjadi seperti Kain di Kung Fu , mengembara dunia, melakukan perbuatan baik, memperbaiki kesalahan, bahkan mengkhususkan diri dalam pertarungan tanpa senjata, bertarung tanpa baju besi atau senjata.

quikstopme

Dan bagi Anda yang menikmati Sisi Gelap, Anda bisa menjadi jahat seperti yang Anda inginkan, seorang drifter dunia fantasi yang pergi dari kota ke kota, membunuh dan mencuri dan tidak meninggalkan apa pun selain mayat dan kota hantu di belakang Anda. Bahkan mungkin untuk menderita vampir dalam game ini, membuat karakter Anda menjadi orang buangan yang putus asa yang harus bersembunyi di pinggir kota, mencari korban untuk memuaskan dahaganya yang tidak suci.

Tetapi ada akibat dari tindakan negatif Anda. Gim ini melacak pencurian dan pembunuhan, dan jika Anda tertangkap memagari barang curian, atau jika seseorang melihat Anda melakukan kejahatan, Anda akan ditangkap dan barang curian Anda akan disita. Sistem hukum Imperial terkenal korup dan tidak efisien, jadi biasanya Anda dapat membayar denda kecil dan melanjutkan perjalanan, tetapi bisa sangat menyakitkan kehilangan semua peralatan berkualitas tinggi Anda, terutama jika Anda belum menyelamatkan permainan Anda. dalam beberapa saat.

Sistem ini tidak sempurna, namun. Seringkali Anda akan ketahuan karena sesuatu yang tidak masuk akal. Misalnya, suatu kali karakter saya mencoba untuk tidur di salah satu tempat tidur di Persekutuan Mage (dia adalah anggota, saya pikir apa peduli mereka — dan tidur di tempat tidur adalah cara yang cepat dan mudah untuk menyembuhkan), tetapi tidur siangnya ditafsirkan sebagai kejahatan, dan saya ditangkap serta dikeluarkan dari Persekutuan. Dan tampaknya agak kasar jika barang-barang yang Anda curi di satu sisi pulau entah bagaimana dikenali dan disita oleh petugas di kota lain, yang mungkin Anda pikir tidak tahu dari mana barang-barang itu berasal. Tetap saja, dimasukkannya tingkat yang diinginkan dan reputasi yang berfluktuasi tergantung pada perbuatan Anda membantu memastikan bahwa ada konsekuensi atas tindakan Anda.

Jarang Anda berbicara tentang pilihan moral dalam sebuah game. Biasanya Anda dianggap sebagai pahlawan, orang baik, dan tidak diragukan lagi apa yang akan Anda lakukan. Jarang ada game yang menampilkan Anda sebagai orang jahat, Thief: The Dark Project , misalnya, atau Grand Theft Auto 3 . Tapi memang jarang ada game yang tidak hanya memungkinkan Anda membuat pilihan ini, tetapi juga cukup fleksibel untuk mengakomodasi Anda sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar.

Tapi itu karena dunia Morrowind sendiri secara moral ambigu. Saat Anda mulai menyebar dan menjelajahi kota-kota dan jalan-jalan dunia, Anda akan mulai memahami sejarah dan warna lokal. Ini adalah sudut jauh Kekaisaran, dan orang-orang lokal (ras dark elf yang menyebut diri mereka Dunmer) tidak terlalu senang diperintah oleh Manusia dari negeri yang jauh. Kemudian lagi, elf ini sendiri bukanlah orang suci, karena beberapa masih mempraktikkan perbudakan dan terlibat dalam kultus yang aneh dan berbahaya. Saya akhirnya memainkan Lizard Man sebagai karakter utama saya, jadi ketika saya mengetahui bahwa Dunmer suka menjadikan orang-orang saya sebagai budak, saya sedikit jengkel, dan keraguan apa pun yang dimiliki Borot the Monitor sebelumnya tentang merampok dan mencuri dari jenis penduduk setempat. jatuh di pinggir jalan.

Namun ada lebih banyak permainan daripada simulator kejahatan abad pertengahan. Faktanya, sebagian besar pertarungan Anda akan dilakukan di luar kota, melawan monster dan bandit serta foil RPG tradisional lainnya. Karakter Anda dapat menghabiskan seluruh kariernya sebagai orang barbar yang tinggal di perbukitan, melawan monster, dan mengumpulkan tumbuhan (walaupun kurangnya pengukur rasa lapar berarti ini tidak menantang sama sekali). Monster yang berkeliaran cukup umum untuk menjadi tantangan tetapi tidak cukup sering untuk menjadi gangguan, keseimbangan yang sulit ditemukan di banyak permainan peran. Dan bahkan jika Anda tidak pernah pergi ke kota dan mendaftar untuk misi tertentu, Anda dapat terus naik level melalui eksplorasi acak, karena setelah beberapa saat Anda akan menemukan makam, gua, dan sarang bandit yang tersebar di tanah dan pertahanan. monster dan harta karun terbaik.

Baca Juga:  Pengalaman Bermain Best Sniper Legacy: Dino Hunt & Shooter 3D

Tapi pencarian itulah yang menjadi inti dari Morrowind. Dengan satu perhitungan, ada lebih dari empat ratus dari mereka, dan saya benar-benar ragu Anda akan memainkan semuanya hanya dengan satu karakter.

Mendapatkan pencarian dan belajar tentang alur cerita keseluruhan adalah masalah bergabung dengan guild. Anda dapat mengambil beberapa bagian melalui percakapan acak dengan NPC, tetapi sebagian besar tindakan terjadi di serikat dagang Anda (pencuri, penyihir, atau pejuang), atau di layanan mata-mata Kaisar, dan kemudian, sebagai bagian dari salah satu rumah peri gelap, jika Anda memilih untuk melayani di bawah mereka.

 

Quest ini juga tidak semuanya terhubung. Kadang-kadang Anda akan menemukan diri Anda bekerja dengan tujuan yang berlawanan. Misalnya, Persekutuan Prajurit mungkin meminta Anda untuk mengalahkan pencuri yang sangat menyebalkan, tetapi jika Anda juga anggota Persekutuan Pencuri, pencuri yang sama itu mungkin telah meminta Anda untuk mengambil beberapa permata curian untuknya. Pada titik tertentu, Anda harus memilih dan memilih┬┐atau mengabaikan kedua sisi, dan pindah ke kota berikutnya.

Jika lingkungan sosial dan budaya dari permainan dan jaringan klan, kultus, dan serikat Bizantiumnya kaya dan menarik, maka geografi fisik dunia itu sendiri sungguh menakjubkan. Tentu, resolusi layar sebenarnya dari versi Xbox tidak sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan di PC, tetapi itu tidak mengurangi pengalaman keseluruhan.di Xbox adalah gim yang tampak bagus, dengan sendirinya. Dan Anda semua dapat memiliki semua kekuatan rendering di dunia, tetapi jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya, jika game Anda terlihat seperti ruang bawah tanah teknologi abu-abu yang menyedihkan dari satu ujung ke ujung lainnya, maka Anda benar-benar belum melakukannya. punya banyak dunia sama sekali.

Jadi dalam pengertian itu, para desainer dan seniman di balik Morrowindharus dipuji karena menciptakan perpaduan yang kaya antara arsitektur asing dan pemandangan alam yang spektakuler. Tentu, kota pertama yang akan Anda lihat adalah desa abad pertengahan tradisional Anda, tetapi saat Anda menjelajahi pulau Vvardenfall lebih jauh, Anda akan menemukan diri Anda terus-menerus mengalir dan terpesona saat Anda berpindah dari daerah pantai yang berkabut dan dipenuhi jamur ke kota perdagangan gurun yang tertutup debu. , atau tiba-tiba tersesat dari benteng jamur yang luas ke gurun vulkanik yang tersedak abu, lengkap dengan angin menderu dan awan debu yang mengepul. Matahari terbit dan terbenam, bintang-bintang muncul di malam hari, badai petir muncul secara acak dan hujan turun. Iblis ada dalam perincian ketika datang ke pembangunan dunia, dan dengan Morrowind kita mungkin memiliki dunia 3D yang paling terwujud dan meyakinkan hingga saat ini.

Tetap saja itu bukan yang sempurna, tidak dengan cara apa pun. Saya berharap ada lebih banyak jenis monster dan binatang, lebih banyak jenis makhluk untuk dilawan dan lebih banyak binatang yang tidak berbahaya untuk diburu atau diabaikan. Kami bisa saja menggunakan beberapa kuda (atau apa pun yang setara dengan dark elf), dan akan sangat menyenangkan jika Silt Strider benar-benar membawa Anda melintasi lanskap daripada duduk di sana seperti tabung pengangkut, tetapi itu adalah keputusan sulit yang harus dibuat oleh para desainer.

NPC misalnya sangat tetap di tempatnya. Toko-toko tidak pernah tutup pada malam hari, dan banyak pemilik toko tidak pernah mengikuti Anda ke atas untuk mengetahui mengapa Anda mengobrak-abrik laci mereka. Setelah Anda mengetahui pola NPC, hampir tidak mungkin ketahuan mencuri. Percakapan dengan mereka juga bisa berulang, dan setelah beberapa saat Anda mulai menelusuri wajah yang sama berulang kali.

Jadi kadang-kadang, ruang lingkup tipis Morrowind bekerja melawannya. Anda akan mendapatkan pola dasar permainan di beberapa kota pertama — NPC, monster, reruntuhan, misi, naik level. Dan tidak ada yang dramatis yang benar-benar terjadi untuk mengubah pengaturan dasar itu. Dunia terkadang terasa sangat hidup, tetapi juga bisa terasa sangat statis dan dipentaskan.

Yang pasti, game ini juga memiliki masalah teknis yang harus dikurangi dari skor akhir. Misalnya, ada “penyimpangan NPC”, di mana NPC yang di-root ke lokasi tetap secara bertahap “melayang” beberapa piksel sekaligus, yang bukan masalah besar kecuali pada akhirnya mereka bisa hilang sama sekali dari dunia. Tidak bagus jika NPC itu menjalankan transporter Silt Strider lokal. Masalah lainnya adalah peta mini menjadi hitam, yang dapat diperbaiki dengan membersihkan cache Xbox.

Ini adalah dunia yang sangat besar dengan banyak objek, terkadang disatukan dengan sedikit sembarangan oleh desainer level. Dimungkinkan untuk melompat ke antara beberapa penghalang yang tidak dapat Anda panjat, atau membuat diri Anda terjebak di suatu tempat dalam permainan. Saya berhasil melakukan ini dua kali, dan saya pernah mendengar tentang NPC yang macet juga. Masalah lain yang saya temui lebih merupakan masalah desain. Untuk menyelesaikan misi tertentu, Anda harus mengembalikan item yang diberikan kepada orang tertentu. Namun jika Anda meninggalkan item dalam inventaris monster dan kemudian tidak kembali sebelum tubuh monster itu “menguap”, Anda mungkin tidak akan pernah melihat item itu lagi. Dengan cara yang sama, jika Anda menjual atau menjatuhkan barang yang dibutuhkan dan kemudian benar-benar kehilangan jejaknya, Anda dapat menggagalkan pohon pencarian itu sepenuhnya.

Apa yang saya perkirakan akan terjadi dengan bug seperti ini adalah kami akan mendapatkan tambalan, bersama dengan konten baru (item sihir tambahan, buku, dan misi) di masa mendatang. Ini dapat dikirimkan baik melalui layanan Xbox Live atau melalui disk tambahan, ala Dead or Alive 3 . Mudah-mudahan kedua opsi akan tersedia, karena membuat orang mendaftar ke beberapa layanan online hanya untuk mendapatkan tambalan akan menjadi pelanggaran kepercayaan konsumen yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mari berharap Microsoft dan Bethesda melakukan hal yang benar dengan itu. (Tentu saja semua ini tidak akan menjadi masalah jika mereka membangun dengan cara yang mudah bagi PC untuk mentransfer file ke Xbox, tapi apa pun itu.)

Tetap saja, cobalah untuk melihat gambaran besarnya tentang bug. Apakah game bisa dimainkan? Sangat. Apakah menyenangkan? Sial ya. Apakah dunia akan berakhir karena Anda tidak dapat menyelesaikan beberapa misi? Tidak. Atau lihat seperti ini. Saya memainkan game PC Daggerfall (Elder Scrolls II) ketika dirilis pada masa itu, dan hal itu seratus kali lebih buggier dan lebih tidak stabil dari ini. Game itu bisa macet beberapa kali dalam satu jam. Morrowind telah merusak Xbox saya sebanyak sekali, dan hanya setelah sepuluh jam bermain terus menerus.

Saat Anda memasukkan hard drive ke dalam persamaan game konsol, Anda mengambil yang baik dengan yang buruk. Bagusnya adalah Anda mendapatkan game yang lebih baik dan lebih fleksibel yang memungkinkan lebih banyak kreativitas dan kebebasan bagi developer dan gamer. Misalnya, saya dapat mengumpulkan ratusan buku yang tergeletak di sekitar kota Morrowind dan membuat “jejak kertas” kecil saya sendiri dari buku-buku yang mengarah dari satu kota ke kota berikutnya — dan kali berikutnya saya bermain, permainan akan mengingat dengan tepat di mana Saya meninggalkan setiap hal kecil. Coba lakukan itu di dunia konsol yang disimpan terutama di disk perak. Bagian buruk dari persamaan ini adalah ketika Anda membuang banyak data, Anda akan menemukan sedikit bug dan ketidakkonsistenan muncul. Pemilik PlayStation 2 di Jepang juga mempelajari hal yang sama tentang plus dan minus bermain game dengan hard driveTes Final Fantasy XI , yang menurut saya sangat mirip dengan hari-hari awal EverQuest beta, di mana Anda mengunduh tambalan besar secara teratur. Selamat datang di masa depan game konsol, mungkin.

Kesimpulan

Akhirnya, saya akui Morrowind bukan untuk semua orang. Ini adalah megapolis permainan yang besar dan luas yang membutuhkan waktu beberapa jam hanya untuk masuk dan seratus jam untuk menyelesaikannya. Dalam industri di mana sebagian besar game menyajikan jalur linier yang jelas yang memandu Anda dari satu masalah yang telah ditentukan sebelumnya (teka-teki melompat, monster, atau tes ketangkasan lainnya) ke masalah berikutnya, beberapa gamer akan menganggap keterbukaan Morrowind tidak biasa, bahkan membingungkan . membingungkan. Mereka akan duduk di sana, menunggu seseorang datang dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Tetapi orang lain akan menganggapnya membebaskan. Kebebasan itu memabukkan. Jika tujuan permainan adalah untuk memberikan pelarian mutlak, untuk membenamkan kita secara mendalam di dunia lain yang tidak pernah ada, dan kemudian memberi kita kemampuan untuk melewatinya dan melakukan apa yang kita inginkan .ingin melakukannya, maka Morrowind menyelesaikannya dengan cemerlang. Kunjungi terus quikstopme untuk mencari tau seputar tentang video game menarik lainnya.